Apa Arti Singkatan URL?

 Apa Arti Singkatan URL?

BIBLIOTIKA - URL adalah singkatan Uniform Resource Locator, yaitu sebuah alamat yang menunjukkan rute ke file pada web atau pada fasilitas internet yang lain. URL diketikkan pada browser untuk mengakses suatu situs web.

Selain URL, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

ROFL/ROTFL

Singkatan dari Rolling on the Floor Laughing (tertawa terbahak-bahak). Biasa digunakan dalam komunikasi melalui internet.

RON

Singkatan dari Run of Network, yaitu iklan-iklan yang dijalankan pada beberapa atau semua ruang iklan yang melalui jaringan situs-situs.

Root

Istilah ini diadaptasi dari sistem UNIX, dimana seorang pengguna bisa memiliki hak pengendalian terbatas pada sebuah sistem. Hacker menggunakan istilah ini untuk menggambarkan kemampuan mereka dalam melancarkan serangan dan menguasai sistem korbannya.

Root Directory

Direktori dasar untuk memulai semua direktori yang ada di harddisk atau disket.

Root File

File-file utama yang turut berperan untuk menjalankan suatu program. Di dalam hirarki sistem file, root file merupakan file pertama yang menjadi starting point atau dasar dari file-file berikutnya.

ROS

Singkatan dari Run of Site, yaitu iklan-iklan yang dijalankan pada beberapa atau seluruh ruang iklan yang melalui sebuah situs.

Rotational Speed

Suatu kecepatan putar dari spindle, biasanya istilah ini digunakan pada komponen dengan mekanisme motor yang berputar, seperti misalnya pada fan, harddisk, dan opticl drive. Kecepatan putar ini biasanya dinyatakan dalam satuan RPM (rotation per minute), yaitu jumlah putaran dalam satu menit.

Rounded Rectangle

Bentuk lay out yang tidak menyudut.

Routine

Satu set intruksi komputer yang bisa dipanggil oleh program lain, dan frekuensi penggunaannya oleh program lain tersebut cukup tinggi. Intruksi ini dapat menyebabkan sebuah komputer menampilkan fungsi atau tugas tertentu.

RPM

Singkatan dari Rotation Per Minute, yaitu jumlah putaran per menit yang terjadi di dalam harddisk komputer. Ukuran yang digunakan untuk menyatakan kecepatan rotasi dari sebuah disk drive.

RS 232

Standar internasional untuk spesifikasi port serial (COM port). RS-232 mampu mentransfer data maksimum secepat 115200 bps. Standar ini menyangkut komunikasi data antara komputer induk (Data Terminal Equipment atau DTE) dengan alat-alat pelengkap komputer (Data Circuit Terminating atau DCT).
  
RSS (Really Simple Syndication)

Suatu format yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari sebuah situs, dan halaman situs yang di-update, secara berkala. Sebuah dokumen RSS (disebut feed) berisi ringkasan ataupun keseluruhan konten dari sebuah situs. Keuntungan menggunakan RSS adalah memungkinkan pengunjung sebuah situs untuk tetap berhubungan dengan situs-situs favorit tanpa harus mengunjunginya secara langsung atau online.

RSS (Rich Site Summary)

Format file XML yang biasa digunakan untuk meringkas isi sebuah website berita atau blog. RSS ini bisa dibilang mirip dengan headline pada surat kabar. RSS digunakan untuk menyediakan informasi singkat dari konten sebuah website atau blog, beserta link yang merujuk kepada konten seutuhnya. RSS mengijinkan pengguna untuk berlangganan kepada web/blog yang menyediakan umpan (feed) RSS. Pada saat ini, RSS terbagi menjadi tiga, yaitu Really Simple Syndication (RSS 2.0), Rich Site Summary (RSS 0.91, RSS 1.0), dan RDF Site Summary (RSS 0.9 dan 1.0).

RTF

Singkatan dari Rich Text Format, yaitu format file umum yang digunakan untuk mentransfer file di antara program pengolah kata yang berbeda. RTF juga merupakan standar yang dibuat oleh Microsoft untuk menspesifikasi format suatu dokumen. File RTF sebenarnya adalah file ASCII dengan perintah khusus untuk mengindikasikan informasi format, seperti font dan margin.

RTOS

Singkatan dari Real-Time Operating System, yaitu sebuah software sistem operasi yang didesain untuk digunakan dalam sistem komputer realtime.