Apa Arti Singkatan UPS?

 Apa Arti Singkatan UPS?

BIBLIOTIKA - UPS adalah singkatan Uninterruptible Power System, yaitu perangkat yang merupakan backup catu daya bagi jaringan komputer agar dapat terus bekerja saat sumber daya listrik dari PLN padam.

Selain UPS, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

UFB

Singkatan dari Ultra Fine and Bright, yaitu suatu teknologi layar LCD yang dibuat oleh Samsung. UFB adalah peningkatan kualitas CSTN tapi masih memiliki kualitas warna yang kurang dibanding TFT.

UFD

Singkatan dari USB Flash Disk, yaitu sebuah flash disk dengan interface USB. Sering pula disebut dengan istilah pendrive, USB drive, thumb drive, dan lain sebagainya. Bentuknya bermacam-macam seiring dengan banyaknya vendor yang memproduksinya.

UFS

File system yang digunakan oleh beberapa sistem UNIX, Solaris, dan SunOS (4.2). Linux hanya dapat membaca file system ini.

Ultra DMA


Biasa disingkat UDMA, yaitu protokol transfer data antara harddisk melalui bus komputer menuju RAM. UDMA/33 berarti memiliki kecepatan transfer data maksimum 33,3 Mb per detik. UDMA memiliki kompatibilitas dengan harddisk IDE/EIDE, dengan penggunakan kabel interface yang sama.

Ultra Low Volt

Suatu upaya untuk memaksimalkan perangkat portabel. Prosesor yang memberikan performa terbaik Intel dan umur baterai yang lebih panjang ke dalam notebook atau laptop kelas baru, yang memiliki bentuk sangat tipis dan ringan.

Ultraportable

Sangat ringan dan mudah dibawa. Biasanya digunakan untuk menyebut perangkat elektronik yang kecil dan ringan, semisal netbook, PDA, atau komputer kapsul.

UMPC

Singkatan dari Ultra-Mobile PC. Pada awalnya, UMPC mengacu pada proyek Origami, yang dipelopori oleh Microsoft, Intel, dan Samsung, untuk sebuah tablet PC berukuran kecil atau ringkas. Variasi berikutnya dari konsep UMPC adalah Mobile Internet Device (MID) yang dikembangkan oleh Intel. Namun, istilah UMPC semakin berkembang penggunaannya, mengacu pada sebuah mobile PC yang ringkas, yang biasanya memiliki ukuran layar tidak lebih dari 10 inci.

Underground

Sebutan untuk netter yang beroperasi secara sembunyi-sembunyi. Biasanya mereka melakukan hal-hal yang tidak disukai pengguna internet lainnya.

Undervoltage

Sering pula disebut dengan istilah Brownout, yaitu tegangan listrik (voltage) rendah dalam waktu lama. Biasanya dapat dirasakan dari lampu pijar yang meredup (lebih redup) dari biasa, kecepatan kipas yang melambat sendiri, sampai lampu neon yang tidak bisa langsung menyala. Penyebab gangguan ini biasanya karena perangkat motor yang sudah terlalu panas (overheating).

Unicode

Nama kode kesalahan program yang ada pada OS Microsoft Windows NT serta IIS.

Uninoculate

Memindahkan data inokulasi ke sebuah file, folder, atau drive.

Unique User

Pengunjung unik yang datang ke suatu website. Hal ini biasanya menjadi indikator yang paling baik untuk mengetahui trafik suatu situs.

Unique Visitor

Pengunjung situs dengan alamat IP yang khas, dan dalam kurun waktu tertentu.

UNIX


Sistem operasi yang digunakan baik pada PC maupun mainframe. Banyak komputer dan server yang terhubung dengan internet menggunakan UNIX. Dikembangkan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie sekitar tahun 1969, UNIX pada mulanya merupakan sistem yang dikembangkan dalam bahasa assembly. Sistem UNIX kemudian berkembang di lingkungan perguruan tinggi, dan mulailah muncul varian dari sistem ini. Varian yang utama adalah UNIX BSD dan UNIX System V.

Untuick

Membuang tanda centang (v) pada suatu kotak dialog.

Unzip

Kebalikan dari ZIP, yaitu mengembalikan file yang telah dikecilkan (dikompres) ke ukuran normalnya yang semula.

Upgrade

Upaya meningkatkan performa PC dengan penambahan atau perubahan komponen hardware maupun software. Istilah ini juga biasa digunakan untuk tindakan penggantian sebagian atau keseluruhan perangkat sistem dengan perangkat sejenis yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.