Apa Arti Singkatan UMTS?

Apa Arti Singkatan UMTS?

BIBLIOTIKA - UMTS adalah singkatan Universal Mobile Telecommunications System, yaitu suatu sistem komunikasi wireless generasi ketiga (3G). UMTS pada dasarnya ditujukan untuk menggantikan GSM yang masih berada dalam kategori generasi seluler kedua. Pada mulanya UMTS berkerja pada frekuensi sekitar 2100 Mhz.

Selain UMTS, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Network Neighborhood

Dalam sistem operasi Microsoft Windows, Network Neighborhood merupakan sebuah fitur Windows Explorer yang menyediakan kemudahan dalam menjelajahi komputer dan resource lainnya dalam jaringan. Jendela Network Neighborhood biasanya dapat diakses melalui icon yang terdapat di desktop Windows 95, Windows 98, dan Windows 98 Second Edition. Network Neighborhood digantikan oleh My Network Places di Windows 2000, Windows ME, dan Windows XP.

Network Service Provider

Service provider yang mencakup perusahaan telekomunikasi, data carriers, ISP, Wireless-communication Service Provider, dan operator cable, yang menawarkan sambungan berkecepatan tinggi

Network Software

Software yang dibutuhkan untuk mengatur berbagai sumber dan perangkat yang terhubung dalam network.

Newbie

Sebutan untuk orang yang pertama kali atau baru menggunakan suatu perangkat komputer dan/atau jaringan pendukungnya, seperti Windows atau UNIX. Istilah ini juga sering dipergunakan untuk menyebut pendatang baru di dunia maya internet.

News Server

Komputer yang bertugas menerima, menyimpan, dan menyediakan informasi untuk pengguna newsgroup dalam bentuk pesan.

NFS

Singkatan dari Network File System. Dibutuhkan bila ingin mengakses remote file system. Untuk sebuah server, dukungan ini merupakan suatu keharusan.

NFSv.4

Network File System versi 4, yaitu sebuah protokol yang digunakan untuk mengakses file melalui jaringan tanpa mempedulikan jenis komputer, OS, atau arsitekturnya.

Niche

Di dunia internet, niche merujuk pada sebuah topik atau subjek tertentu. Kebanyakan situs atau blog mencakup satu atau lebih satu niche. Contoh niche adalah gosip, berita terkini, humor, dan lain-lain. Beberapa niche dianggap lebih populer dibanding yang lain.

Nits

Satuan untuk pengukuran cahaya (pada brightness), yang pengukurannya disetarakan dengan jumlah intensitas cahaya lilin dalam luas satu meter persegi.

NNTP

Singkatan dari Network News Transfer Protocol, yaitu suatu protokol yang digunakan untuk mengakses atau mentransfer artikel yang diposkan di Usenet News. Program pembaca news (news reader) menggunakan protokol ini untuk mengakses news.

Node

Suatu alat atau perangkat keras yang terhubung ke network, misalnya PC, router, printer, dan lain-lain. Suatu komputer tunggal yang tersambung dalam sebuah network.

Nofollow

Disebut pula tag nofollow, yaitu sebuah tag yang disisipkan dalam kode link yang berfungsi untuk memerintahkan robot mesin pencari agar mereka tidak mengikuti link tersebut, dan karenanya tidak dianggap sebagai link yang sesungguhnya. Google dan mesin pencari yang lain merekomendasikan agar semua link berbayar menggunakan tag nofollow.

Noise

Menunjuk pada titik-titik berukuran lebih dari 1 piksel, yang biasanya muncul karena ada gangguan elektronik pada perangkat sensor atau sirkuit pada kamera digital dan scanner.

Non-linear Campaign

Kumpulan misi yang menjadi satu dan membentuk sebuah rangkaian cerita dalam suatu game. Biasanya misi-misi tersebut tidak memiliki hubungan yang jelas antara satu dengan yang lainnya.

Non-volatile

Tidak mudah menguap atau hilang. Secara sederhana dapat diartikan permanen.

Northbridge

Salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan prosesor ke memory system dan bus AGP serta PCI. Chip lainnya adalah Southbridge.

NOS

Singkatan dari Network Operating System, yaitu software yang berjalan pada file server dan mengontrol kerja sebuah jaringan. NOS memungkinkan pengguna komputer untuk berkomunikasi dan membagi file serta sumber daya lainnya dari beberapa pengguna lainnya. NOS menyediakan interface ke jaringan dan berkomunikasi dengan perangkat keras LAN (Local Area Network) atau NIC (Network Interface Card).