Apa Arti Singkatan SMTP?

Apa Arti Singkatan SMTP?

BIBLIOTIKA - SMTP adalah singkatan Simple Mail Transfer Protocol, yaitu protokol yang ditujukan untuk memproses pesan teks, yang hanya berisi rangkaian karakter ASCII (A-Z, angka, dan tanda baca keyboard standar) serta alamat tujuan. SMTP juga merupakan protokol standar yang digunakan untuk mengirimkan e-mail ke sebuah server di jaringan internet. Untuk keperluan pengambilan e-mail, digunakan protokol POP.

Selain SMTP, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

RFC

Singkatan dari Request for Comments, yaitu salah satu dari seri dokumen infomasi dan standar internet bernomor yang diikuti secara luas oleh perangkat lunak untuk digunakan dalam jaringan, internet, dan beberapa sistem operasi jaringan, mulai dari Unix, Windows, dan Novell NetWare.

RFID

Singkatan dari Radio Frequency Identification, yaitu metode identifikasi otomatis dengan menyimpan dan mengelola data dalam sebuah chip yang disebut RFID tags.

RGB

Singkatan dari Red, Green, Blue. RGB merupakan model warna tambahan merah, hijau dan biru, yang ditambahkan bersama-sama untuk menghasilkan warna yang lebih luas. Variasi yang dihasilkan oleh RGB ini bisa mencapai kira-kira 16 juta warna. Tujuan utama model warna RGB adalah untuk ditampilkan pada sistem elektronik, seperti televisi dan komputer. Perangkat yang biasa menggunakan RGB adalah televisi dan video, kamera, scanner, dan kamera digital.

Rich Media Ad

Iklan di internet yang berisi elemen-elemen interaktif seperti video, suara, musik, lembar permintaan (request form), dan permainan.

Rich Text Format

Standar Microsoft untuk format teks dan grafik. Diadaptasi dari format DCA IBM, dan sesuai dengan karakter set Macintosh.

Ringback Tone

Nada dering yang terdengar saat menghubungi nomor seluler tertentu.

RIP

Singkatan dari Routing Information Protocol, yaitu protokol yang digunakan untuk menyebarkan informasi routing dalam jaringan lokal (terutama yang bermedia broadcast seperti ethernet).

Rip

Cara mengekstrak atau memecah-mecah data dari CD-ROM atau CD atau DVD audio/film, ke dalam file format audio/video yang dikenali dan dapat berjalan di komputer. Ripping lagu disebut sebagai langkah awal untuk mengubah format file CD audio atau format file audio tertentu ke format MP3.

Ripping

Proses melakukan ripp.

RISC

Singkatan dari Reduced Instruction Set Computing, yaitu rangkaian intruksi built-in pada prosesor yang terdiri dari perintah-perintah yang lebih ringkas dibandingkan dengan CISC. RISC memiliki keunggulan dalam hal kecepatannya, sehingga banyak digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang memerlukan kalkulasi secara intensif. Konsep RISC pertama kali dikembangkan oleh IBM pada era 1970-an. Komputer pertama yang menggunakan RISC adalah komputer mini IBM 807 yang diperkenalkan pada tahun 1980.

RJ-11 Connector

Konektor telepon standar yang dipasang pada jack, yang biasanya diletakkan di dinding untuk memperoleh sambungan telepon. Konektor ini dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dalam sebuah jaringan PCnet-Home.

RJ-45 Connector

Konektor standar yang dipakai untuk jaringan ethernet. RJ-45 connector memiliki delapan pin, yang kadang-kadang dinamakan position.

RMS

Singkatan dari Root Mean Square, yaitu rata-rata kekuatan output secara kontinyu yang bisa dihasilkan amplifier atau speaker. Suara yang baik paling tidak berkekuatan 20 Watt RMS.

Roaming

Kondisi menerima panggilan telepon di luar area lokalnya. Fungsi untuk berkomunikasi dengan seluler pada daerah di luar layanan tempat mobile operator milik pengguna.

ROAS

Singkatan dari Return on Advertising Spend, yaitu seberapa besar pendapatan yang dihasilkan dalam setiap bulannya melalui sebuah metode periklanan.

Robots.txt file

Robots.txt file mengijinkan kita untuk memerintahkan robot-robot search engine untuk tidak mengindeks halaman, direktori, dan files tertentu pada server.