Apa Arti Singkatan ROM?

Apa Arti Singkatan ROM?

BIBLIOTIKA - ROM adalah singkatan Read Only Memory, yaitu sebuah chip memori yang menyimpan data dan intruksi secara permanen. Data yang disimpan ke dalam ROM dimasukkan pada saat ROM tersebut diproduksi, dan tidak bisa diubah-ubah lagi.

Selain ROM, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Trial

Masa percobaan sebuah piranti lunak (software) dengan batasan waktu atau jumlah pemakaian. Apabila melebihi batas tersebut, maka pengguna harus membayar.

Trick Banner

Sebuah iklan banner yang digunakan untuk mengecoh seseorang agar mengklik banner tersebut, di mana tampilannya tampak seperti sebuah link, tombol, atau suatu pesan operasi sistem yang error.

Troubleshooting

Pemecahan atas permasalahan yang sering terjadi.

True Color

Warna nyata yang memiliki 24 bits dan variasi 16,7 juta warna. Istilah true color digunakan untuk sistem Macintosh (untuk PC tidak sering dipakai) dalam menyebutkan properti citra dari tampilan.

Truform

Pada ATi Radeon, Truform merupakan teknik untuk menampilkan tingkat realitas objek gambar pada game-game 3D, baik game terbaru maupun game lama.

TTAP

Singkatan dari Two Tier Affiliate Program, yaitu program affiliate yang membayar komisi affiliate sebanyak 2 level.

Tumbnail

Sebuah gambar kecil yang terdapat dalam halaman web yang di-link (dihubungkan) ke ukuran gambar yang sebenarnya. Thumbnail adalah metode untuk mempercepat penampilan halaman web, karena gambar yang besar akan memperlama waktu loading.

Turbo Pascal

Suatu bahasa pemrograman untuk DOS.

Tutorial

Program petunjuk untuk menjalankan sebuah aplikasi.

TVDDA

Singkatan dari TwinView Dual-Display Architecture, yaitu teknologi multi display dari Nvidia. TwinView meningkatkan produktivitas dengan memungkinkan pengguna memiliki dua tampilan secara simultan tanpa membutuhkan kartu grafis kedua.

TV-out

Socket pada kartu grafis yang digunakan untuk melakukan koneksi socket serial-in pada televisi.

Twain

Singkatan dari Technology Without an Interesting Name, yaitu program luar yang memungkinkan aplikasi grafik (seperti program editing gambar atau program desktop publishing) mengaktifkan scanner atau melakukan capture image.

Tweeter

Salah satu driver di speaker yang menangkap sinyal treble.

TwinBank

Suatu aplikasi yang memungkinkan CPU, GPU dan MCP secara simultan mengakses bandwith sistem memori, dan memastikan akses yang berkelanjutan untuk semua aplikasi setiap saat.

TwinView

Teknologi multi display dari Nvidia. TwinView meningkatkan produktivitas dengan memungkinkan pengguna memiliki dua tampilan secara simultan tanpa membutuhkan kartu grafis kedua.

Twisted Pair

Media yang digunakan pada topologi star. Pada masa sekarang, media ini paling umum digunakan karena topologi star paling banyak dipakai.

Twitter

Website Social Networking dan Micro Blog yang memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk mengirimkan berita atau pemberitahuan berupa teks dengan panjang maksimal 140 karakter. Pesan atau pemberitahuan tersebut bisa dikirim melalui SMS, Instant Messenger, e-mail, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp.

TypePad

Tools blogging berbayar dari SixApart.

UDA

Singkatan dari Unified Driver Architecture. UDA memastikan kompatibilitas menyeluruh dengan driver software, dan memudahkan upgrade ke produk Nvidia terbaru karena semua produk buatan Nvidia bisa bekerja dengan software driver yang sama.

UDP (Uniform Packet Datagram)

Suatu jenis transmisi data melalui internet yang dikirim suatu host, tetapi tidak diperiksa apakah data tersebut diterima dengan baik atau tidak. Biasanya digunakan untuk aplikasi-aplikasi suara dan video melalui internet.

UDP (User Datagram Protocol)

Salah satu protokol yang ditujukan untuk keperluan transfer data yang merupakan bagian dari TCP/IP. UDP merujuk pada paket data yang tidak menyediakan keterangan mengenai alamat asalnya, pada saat paket data tersebut diterima.