Apa Arti Singkatan PDA?

Apa Arti Singkatan PDA?

BIBLIOTIKA - PDA adalah singkatan Personal Digital Assistant, yaitu suatu perangkat kecil dan portabel yang menggabungkan kemampuan komputer, telepon, dan fitur-fitur jaringan. Bentuknya lebih mirip komputer genggam, meski fungsi pada PDA sangat terbatas, tidak seperti komputer/notebook.

Selain PDA, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Malfunction

Kegagalan operasi yang terjadi pada CPU atau piranti periferal.

Maltron Keyboard

Desain atau letak keyboard yang lebih mudah dipelajari dan memungkinkan pengetikan lebih cepat daripada keyboard tradisional (QWERTY keyboard).

Man Command

Perintah dalam UNIX yang memungkinkan untuk mendapatkan informasi tentang perintah-perintah dalam sistem operasi UNIX (man merupakan singkatan manual), dan command merupakan parameter perintah yang ingin diketahui.

Manual Book

Buku manual, yaitu buku petunjuk yang dilampirkan dalam suatu perkakas. Manual book atau buku manual selalu disertakan dalam setiap penjualan komputer atau laptop/notebook.

Manual Input

Data yang dimasukkan ke dalam komputer secara manual oleh pengguna.

MAP

Singkatan dari Manufacturing Automatic Protocol, yaitu protokol komunikasi yang diperkenalkan oleh perusahaan General Motors pada tahun 1982 untuk menyediakan standar umum dalam interkoneksi antara komputer dan alat-alat permesinan.

Mapped Conversation

Konversasi dimana data dikirim dalam buffer dengan panjang sembarang. Program- program tidak harus berkaitan dengan data yang dikirim.

MAPPER

Singkatan dari Maintaining, Preparing and Processing Executive Reports, yaitu bahasa pemrograman generasi keempat yang digunakan pada komputer mainframe Unisys.

Mapping

Pemberian sebuah huruf dari suatu drive ke suatu folder di jaringan, sehingga drive itu muncul di jendela My Computer.

Mark

Tanda atau simbol yang digunakan untuk menunjukkan suatu peristiwa.

Marquee

Area segi empat yang dibatasi dengan garis putus-putus, digunakan untuk memilih objek atau bagian dari sebuah citra dalam program gambar.

Math Coprocessor

Prosesor yang secara khusus digunakan untuk menghitung fungsi matematika seperti sin, cos, integral, dan lain-lain.

Maschine Cycle

Waktu yang diperlukan oleh komputer untuk melaksanakan sejumlah operasi tertentu.

Mask


Plat berpola yang digunakan untuk melindungi bagian-bagian keping silikon pada saat pembuatan sirkuit terpadu (IC).

Massage

Memproses data.

MASTER

Singkatan dari Microwave Amplification by the Stimulated Emission or Radiation, sebuah piranti yang mampu mengamplifikasi atau menimbulkan pancaran frekuensi radio.

Master File

Serangkaian data yang berisi informasi yang relatif permanen, dan digunakan sebagai sumber referensi. Master file biasanya diperbarui secara berkala.

MAU

Singkatan dari Medium Attachment Unit, yaitu sebuah transceiver yang menyediakan interface elektrik dan mekanik ke media sebenarnya. Pada ethernet adapter, MAU terhubung dengan port AUI.

Mbit/s

Singkatan dari megabit per second, yaitu satuan kecepatan transfer data. Satu megabit sama dengan satu juta bit.

MBR

Singkatan dari Master Boot Record, yaitu sebuah program kecil yang tereksekusi ketika sebuah komputer dilakukan booting. MBR umumnya menempati sektor pertama pada harddisk, dan program ini mengawali proses booting dengan mencari tabel partisi untuk menentukan partisi mana yang akan digunakan dalam proses booting. MBR memuat program master boot record dan informasi bagaimana sebuah harddisk dipartisi.

MCA

Singkatan dari Micro Channel Architecture, yaitu bus yang dikembangkan oleh IBM pada tahun 1987. Digunakan pada beberapa model komputer PS/2.

MCIF

Singkatan dari Miniature Card Implementers Forum, yaitu suatu organisasi awal yang mempromosikan penggunaan Miniature Card sebagai media penyimpanan flash dengan yang berukuran kecil. Pada masa sekarang, MCIF sudah terintegrasi penuh dengan komite standar PCMCIA.

M-Commerce

Merupakan singkatan dari mobile commerce, yaitu transaksi bisnis yang dilakukan lewat mobile phone, seperti teknologi WAP.