Apa Arti Singkatan CIF dan CIM?

  Apa Arti Singkatan CIF dan CIM?

BIBLIOTIKA - Di dunia komputer, CIF adalah singkatan Common Intermediate Format, yaitu ukuran gambar atau video yang berukuran 352 x 288 pixel. CIF juga merupakan standar format video yang digunakan dalam video conferencing. Format CIF ditentukan oleh resolusi dan standar resolusi horisontal dan vertikal original. CIF dikenal juga dengan nama Full CIF (FCIF).

Sedangkan CIM adalah singkatan Computer Integrated Manufacturing, yaitu konsep penggabungan sistem komputer untuk tujuan membantu pengawasan proses perakitan.

Selain CIF dan CIM, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Circuit Board

Sebuah papan sirkuit lengkap dengan komponen elektronik, yang diletakkan dan disolder pada tempatnya.

CISC

Singkatan dari Complex Instruction Set Computing, yaitu rangkaian instruksi built-in pada prosesor yang terdiri dari perintah-perintah yang kompleks. Instruksi-instruksi yang tersedia memudahkan para programmer untuk mengembangkan aplikasi untuk platform CISC. CISC merupakan kebalikan dari RISC, dan biasanya digunakan pada keluarga prosesor untuk PC (Intel, AMD, Cyrix).

CLDC

Singkatan dari Connected Limited Device Configuration, yaitu suatu spesifikasi dasar yang berupa library dan API untuk diimplementasikan dalam J2ME.

Clear

Proses untuk mengatur isi register flag atau lokasi memori ke posisi nol.

Click

Istilah untuk mewakili pemilihan objek atau menu dengan menekan salah satu tombol mouse.

Click-and-Mortar

Institusi dagang atau bisnis yang berbasis internet.

Client

Sebuah aplikasi atau sistem yang mengakses sebuah sistem layanan yang berada di sistem atau komputer lain (server) melalui jaringan komputer. Istilah ini pertama kali digunakan untuk perangkat tambahan yang pada waktu itu tidak dapat menjalankan programnya sendiri, tetapi dapat berinteraksi dengan komputer lain melalui jaringan.

Istilah Client juga digunakan untuk menyebut satu (individu) komputer yang dalam menjalankan tugasnya berinteraksi dengan komputer utama pada suatu jaringan.

Client Server


Suatu bentuk arsitektur dimana client adalah perangkat yang menerima dan menjalankan aplikasi (komputer), dan server adalah perangkat yang menyediakan serta bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya (server atau mainframe).

Clip Art

Koleksi gambar dan animasi yang bisa langsung dimasukkan ke aplikasi Office.

Clipboard

Alokasi tempat dalam memori yang disediakan sistem operasi Windows sebagai tempat penampungan sementara atas teks atau objek yang dikenai operasi penyalinan atau pemindahan (operasi copy dan cut).

Clipper

Bahasa pemrograman di bawah sistem operasi DOS, yang ditujukan khusus bagi pembuatan program untuk menangani file dan database.

CLNP

Singkatan dari Connectionless Network Protocol, yaitu protokol milik OSI yang menyediakan layanan jaringan Connectionless, dan dibuat mirip dengan protokol internet.

Clock

Sumber utama dari pulsa elektronik komputer. Suatu nilai kecepatan kerja sinyal-sinyal listrik di dalam jaringan komponen elektronik, atau juga pada sebuah chip dalam waktu tertentu. Nilai-nilai ini biasanya dinyatakan dalam satuan Hertz (Hz). Misalnya MHz.

Clock  juga bisa berarti jam/pewaktu, suatu rangkaian pembangkit frekuensi, sumber utama dari pulsa elektronik komputer. Clock digunakan untuk menyamakan operasi semua elemen komputer.

Clock Pulse

Pulsa elektronik yang dipancarkan secara terus-menerus untuk mensinkronkan kerja komponen di dalam komputer.

Clock Rate

Batas kecepatan pengiriman karakter dari satu komputer ke komputer lainnya.

Clock Set

Kecepatan sebuah prosesor yang merupakan perkalian dari sebuah nilai dengan FSB.

Close

Perintah untuk menutup sebuah file, sehingga tidak dapat dibaca oleh suatu program ataupun pengguna komputer.

Closed Architecture

Sebuah rancang bangun komputer yang hanya cocok dengan hardware dan software dari satu perusahaan komputer (vendor) saja.