Apa Arti Singkatan CDMA?

 Apa Arti Singkatan CDMA?

BIBLIOTIKA - CDMA adalah singkatan Code Division Multiple Access, yaitu suatu sistem komunikasi wireless yang dipakai oleh para mobile operator. Sistem ini menggunakan teknologi spread-spectrum yang memberikan akses pemakaian pada banyak pengguna dalam frekuensi dan waktu yang sama, dan hal ini dapat dilakukan dengan pemberian kode unik untuk setiap komunikasi.

Selain CDMA, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

CDMA 2000 1x

Suatu sistem komunikasi wireless 3G dengan spesifikasi IMT-2000 (International Telecommunication Union-2000). Dalam spesifikasi ini kecepatan transfer data minimum yang diharuskan adalah 144 Kbps.

CDMA 2000 1x EV-DO

Evolution Data Only, yaitu suatu protokol yang memungkinkan kecepatan transfer data hingga 2.4 Mbps.

CDMA 2000 1x EV-DV


Evolution Data and Voice, yaitu suatu protokol yang memungkinkan kecepatan transfer data hingga 3.09 Mbps.

CDMA One

Suatu sistem komunikasi wireless 2G dengan spesifikasi IS-95.

CDT

Singkatan dari Connectionless Data Transfer, yaitu sebuah protokol yang digunakan untuk mengadakan pertukaran data secara spontan, dan tidak mendahulukan salah satu pengaturan manapun.

CD Title

Compact Disk yang berisi program-program komputer.

Celeron

Merek dagang untuk prosesor buatan Intel. Keluarga dari prosesor Pentium II yang ditujukan untuk pengguna low-end. Prosesor Intel Celeron generasi berikutnya menyesuaikan dengan teknologi Pentium III yang juga menggunakan dudukan socket 370. Diluncurkan mulai tahun 1998 dengan kecepatan paling rendah 266 MHz.

Cell

Istilah dalam program pengolah kata dan pemrograman untuk menggambarkan pertemuan antara baris dan kolom. Istilah cell juga digunakan untuk menyebut satuan standar penyimpanan dalam memori.

Cell Pointer

Dalam Microsoft Excell berarti tanda di atas layar monitor yang menunjukkan karakter selanjutnya diletakkan.

Cellular

Bahasa Inggris untuk istilah  seluler, yaitu sistem komunikasi jarak jauh tanpa kabel. Seluler merupakan bentuk komunikasi modern yang ditujukan untuk menggantikan telepon rumah yang masih menggunakan kabel.

CELP

Singkatan dari Code Excited Linear Predictive, yaitu metode pengompresan suara hingga mencapai rasio tertinggi, dengan tujuan untuk menghasilkan kualitas audio yang baik.

Centralized Operation

Metode pengiriman data yang semua pengiriman pesannya harus melalui stasiun pusat. Umumnya berhubungan dengan sistem multidrop.

Centronics Interface

Standar nyata bagi pengiriman data pararel, digunakan untuk menetapkan printer yang dibuat oleh Centronics Corp.

CERN

Laboratorium Fisika Partikel Eropa, pengembang World Wide Web.

CERT

Singkatan dari Computer Emergency Response Team, yaitu sebuah tim yang biasa mengurusi keperluan pendidikan dan training, penelitian, juga isu-isu sistem keamanan menyangkut internet. CERT juga mengkoordinasi sebuah situs FTP anonymous (tanpa nama) di cert.org.

Certificate

Sebuah dokumen elektronik yang digunakan untuk memeriksa data identitas dari pengguna, perusahaan, atau komputer. Data yang diperlukan browser untuk mengacak daya yang akan dikirim melalui SSL.

CF

Singkatan dari Compact Flash, yaitu tipe perangkat penyimpanan data (memory card) yang digunakan banyak perangkat digital elektronik, berbentuk kotak kecil yang ditancapkan ke periferal (kamera digital atau PC handheld) untuk menyimpan data.

Sebagai perangkat penyimpanan digital, Compact Flash menggunakan flash memory sebagai teknologi penyimpanannya. Diciptakan pertama kali oleh SanDisk Corporation pada tahun 1994, dan sekarang banyak diaplikasikan oleh berbagai perangkat digital.

CGA
Singkatan dari Colour Graphics Adaptor, yaitu salah satu tipe monitor standar IBM untuk kualitas monitor resolusi rendah, yang dalam mode grafik hanya dapat menampilkan 4 warna.

CGI (Colour Graphic Interface)

Suatu program komputer yang menjembatani program aplikasi dengan halaman web.