Adakah Makhluk yang Dapat Berkembang Biak Tanpa Seks?

 Adakah Makhluk yang Dapat Berkembang Biak Tanpa Seks?

BIBLIOTIKA - Umumnya, makhluk hidup di dunia melakukan regenerasi atau beranak-pinak melalui seks. Namun, ada satu makhluk hidup aseksual (tanpa seks) yang bisa terus beranak-pinak selama 30 juta tahun. Makhluk aneh itu bernama Bdelloid rotifera. Keberadaan makhluk itu telah memecahkan misteri lama di bidang biologi.

Bdelloid rotifera ditemukan pertama kali oleh John Harris pada 1696. Makhluk metazoa (hewan yang tersusun atas banyak sel) itu sebagian besar hidup di air tawar, sebagian lain di laut, beberapa lain hidup di lumpur, atau hamparan lumut yang basah. Ukurannya antara 40 sampai 2.500 mikron, namun rata-rata berukuran 200 mikron (1 mikron = 0,001 mm). Beberapa jenis merupakan endoparasit (parasit dalam tubuh hewan) pada insang crustacea, telur siput, cacing tanah, dan dalam beberapa jenis ganggang.

Jika diperbesar melalui mikroskop, Bdelloid rotifera biasanya transparan, beberapa berwarna cerah seperti merah atau cokelat, disebabkan warna saluran pencernaan. Hewan primitif yang mirip lintah itu mampu bertahan hidup selama 30 juta tahun tanpa hubungan seksual. Berdasarkan penelitian, hewan invertebrata (tanpa tulang belakang) itu mampu bertahan hidup sangat lama dengan proses kloning.

Menurut sejarah biologi, hewan aseksual punah relatif cepat. Hanya ada kurang dari 1 persen hewan di dunia yang aseksual, tapi semuanya punah dengan cepat dalam evolusi, kecuali Bdelloid rotifera. Yang mengejutkan, selain mampu bertahan hidup tanpa seks selama 30 hingga 50 juta tahun, Bdelloid rotifera bahkan tumbuh dan berkembang menjadi 460 spesies yang berbeda dengan cara kloning.

Di masa lalu, ilmuwan memperkirakan parasit dan mikroba memusnahkan organisme aseksual, sementara seks mengizinkan pertukaran gen organisme dan berkembang dari waktu ke waktu hingga akhirnya resisten (tahan) terhadap mikroba. Keberadaan Bdelloid rotifera telah “mengacak-acak” tesis itu, sehingga Paul Sherman, ilmuwan dari Cornell University yang meneliti makhluk tersebut, menyatakan, “Evolusi organisme memainkan ‘permainan petak umpet’ tanpa akhir.”

Berdasarkan penelitian pula, salah satu faktor yang memungkinkan Bdelloid rotifera panjang umur tanpa seks adalah karena makhluk ini sangat “fleksibel”. Ia dapat hidup di tempat yang kering, terbang terbawa angin, menetap di tempat yang jauh, lalu siap terbangun bila bersentuhan dengan air. Selain itu, Bdelloid rotifera lebih toleran terhadap pengeringan tinggi, dan mampu terbang di udara lebih lama dibanding parasit jamur yang menyerangnya.

Fakta:

Rata-rata wanita memikirkan seks sebanyak 10 kali dalam sehari.

Rata-rata pria memikirkan seks sebanyak 19 kali dalam sehari.

Secara rata-rata, orang akan melakukan 3.000 kali hubungan seks selama hidupnya.

Rata-rata orang melakukan hubungan seks selama 600 jam, dalam jangka usia 20 sampai 70 tahun.