Apa yang Disebut Shortcut?

  Apa yang Disebut Shortcut?

BIBLIOTIKA - Shortcut adalah fasilitas yang terdapat pada Windows yang merupakan tipe spesial dari sebuah file yang menunjuk pada file lain pada device. Pengguna komputer dapat meletakkan shortcut pada desktop untuk memudahkan akses pada file-file yang letaknya jauh di bawah struktur direktori. Double click pada shortcut sama fungsinya dengan double click pada file yang dimaksud.

Pengguna komputer juga dapat memberi nama dan gambar atau lambang untuk icon shortcut sesuai selera. Secara mudahnya, shortcut merupakan sebuah lintasan yang lebih pendek daripada lintasan normal atau formal, yang menuju pada suatu aplikasi atau metode operasi tertentu, dengan tujuan untuk menghemat waktu dari langkah pengoperasian yang biasa.

Selain Shortcut, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Home Phoneline Network

Sebuah ethernet yang kompatibel dengan home network. Dengan menggunakan Home Phoneline Network, maka komputer-komputer akan dihubungkan dengan menggunakan kabel telepon rumah biasa di samping menggunakan kabel UTP.

HomePNA

Singkatan dari Home Phoneline Network Alliance, yaitu sebuah asosiasi industri dari perusahaan-perusahaan terkemuka yang bekerjasama mengembangkan standar tunggal bagi jaringan telepon rumah yang kompatibel dengan teknologi ethernet.

Hooked Vector

Sebuah interrupt jebakan dalam sebuah komputer.

Host

Istilah yang digunakan untuk menunjuk sebuah komputer yang memungkinkan penggunanya terhubung ke internet. Sebuah komputer yang menjadi sumber informasi dan sumber perintah operasi.

Istilah ini juga digunakan untuk menyebut mainframe sentral yang menjadi host untuk terminalnya, server yang menjadi host klien-kliennya, dan PC dekstop yang menjadi host untuk periferalnya. Pada sistem jaringan, komputer pengguna juga dapat dikatakan sebagai host karena menjadi sumber informasi bagi jaringan.

Host Computer

Di dalam dunia network, istilah tersebut mengacu pada sebuah komputer yang menyediakan servis secara langsung kepada pengguna. Sebagai pembanding adalah sebuah server network yang menyediakan servis kepada penggunanya melalui host komputer intermediet.

Hosting Service Provider

Biasa disebut dengan Web-Hosting, adalah perusahaan yang menyediakan layanan dan penyimpanan web bagi perorangan atau perusahaan. Ada tiga tipe utama dalam layanan hosting, yaitu shared, dedicated, dan colocation.

Host Name

Nama komputer dalam internet, digunakan untuk menunjukkan skema penamaan URL.

HotJava

Browser internet interaktif buatan Sun Microsystems yang mampu mengantarkan real-time video dan audio.

Hot Key

Suatu istilah yang digunakan untuk kombinasi penekanan beberapa tombol keyboard secara bersamaan dengan tujuan untuk mengaktifkan program atau perintah tertentu. Hot key biasanya digunakan dan diatur untuk mempercepat suatu perintah, dibandingkan apabila menggunakan mouse. Hot key juga biasa disebut pula dengan istilah accelerator key atau shortcut key.

Hotlinking

Dikenal pula dengan sebutan tautan inline. Hotlinking merujuk pada praktek-praktek penggunaan objek tertentu (biasanya berupa gambar) dari satu situs ke dalam situs yang lain. Meski praktek ini pada mulanya merupakan bagian dari desain besar dunia web, tetapi belakangan orang cenderung mengaitkannya dengan praktek penyalahgunaan.

Hotspot

Sebutan untuk area atau tempat yang menyediakan akses Wi-fi. Di area hotspot, orang dapat mengakses internet dengan menggunakan laptop, smartphone, atau perangkat komunikasi bergerak lainnya yang sudah dilengkapi dengan antena Wi-Fi.

Hot Spot

Posisi penunjuk mouse yang menunjukkan tempat persis di layar monitor, dimana akan dilakukan sesatu dengan mouse tersebut.

HPT

Singkatan dari Hyper-Pipelined Technology, yaitu bagian dari mikro arsitektur Intel NetBurst Prosesor Intel Pentium 4. HPT menggandakan kedalaman pipeline dari prosesor Pentium III yang memiliki teknologi mikro arsitektur P6. Teknologi ini memungkinkan intruksi dapat diantri dan dieksekusi pada kecepatan maksimal, meningkatkan performa, frekuensi, dan scalability.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.