Apa yang Disebut Open Source?

Apa yang Disebut Open Source?

BIBLIOTIKA - Lengkapnya adalah open source software. Open source merupakan istilah yang digunakan untuk program dengan source code yang dapat digunakan atau dimodifikasi secara bebas, agar sesuai dengan kebutuhan pengguna atau developer tertentu. Software open source bersifat gratis, dan biasanya dibuat atas kerjasama atau kolaborasi dari setiap pengguna yang ingin mengembangkannya.

Secara mudah, Open Source adalah proyek pengembangan software komputer yang pendistribusiannya bersifat free, dan menyertakan kode program aslinya sehingga dapat dikembangkan orang atau pihak lain. Contoh program open source adalah sistem operasi Linux, web server Apache, dan Netscape Communicator.

Selain Open Source, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Function

Subrutin khusus yang disimpan dalam memori komputer. Pengguna dapat memanggil atau mengaktifkannya dengan menuliskan nama fungsi tersebut ke dalam pernyataan program. Fungsi-fungsi tertentu umumnya telah disediakan dalam bahasa pemrograman tersebut, misalnya fungsi akar kuadrat, log, dan nilai absolut.

Functional Generator

Pembangkit sinyal yang memungkinkan pengguna untuk memilih satu dari beberapa macam bentuk gelombang.

Functional Keys

Kunci tambahan di keyboard, yaitu tombol-tombol F1, F2, F3, F4 sampai F12. Dipakai untuk mewakili operasi-operasi yang membutuhkan penekanan banyak kunci jika dilakukan dengan cara biasa. Kebanyakan tombol fungsi dapat diprogram ulang dan mempunyai tugas yang berbeda-beda, tergantung pada program yang sedang berjalan.

Functional Switching Circuit

Sirkuit dengan kegunaan tertentu yang menggunakan fungsi logika dan blok dasar sistem pengalih sinyal, misalnya sirkuit AND dan OR.

Functional Unit

Bagian komputer yang dibutuhkan pada pembentukan proses dasar, misalnya pembuatan pulsa.

Function Prototyping

Dalam pemrograman, istilah ini mengacu pada pendefinisian fungsi-fungsi dari sebuah program dengan angka atau parameter lain.

FYI

Singkatan dari For Your Information. Singkatan ini biasa digunakan dalam aktivitas chatting atau dalam penulisan di blog. FYI merupakan bagian dari seri RFC (Request For Comment).

GaAS

Singkatan dari Gallium Arsenide, yaitu suatu teknologi yang dipakai untuk membuat sirkuit logika di beberapa tipe komputer.

Gaim


Program komunikasi realtime multiprotocol yang populer di Linux dan Windows. Beberapa protokol yang didukung Gaim antara lain AIM dan ICQ, MSN Messenger, Yahoo Messenger, IRC, Jabber, SILC, Lotus Sametime, dan lain-lain. Pengguna Gaim dapat login ke banyak account secara bersamaan, dan itu artinya ia dapat chatting dengan teman di MSN Messenger, di IRC Channel dan di Yahoo Messenger pada waktu yang sama.

Gain

Perbandingan antara banyak sinyal yang dikeluarkan dengan jumlah sinyal semula (yang dimasukkan). Gain juga bisa diartikan sebagai peningkatan kekuatan sinyal atau voltase oleh amplifier dalam transmisi sinyal dari satu titik ke titik yang lain. Besaran gain biasanya dinyatakan dalam desibel.

Gallery

Beberapa bentuk atau format penggunaan yang telah disediakan oleh software tertentu.

Gallium Arsenide

Bahan kristalin yang digunakan sebagai pengganti silikon untuk membuat chip. Bahan ini jauh lebih cepat dari silikon, tapi juga jauh lebih mahal.

GAMA

Singkatan dari Globally Administered MAC Addressing, yaitu teknik pengalamatan stasiun LAN. MAC memberi alamat dengan panjang 48 bit dan nilai alamat unik.

Game

Istilah untuk menyebutkan software permainan.

Game Client

Aplikasi game yang diinstal komputer client, yang terhubung dengan komputer server. Hampir semua game online besar menggunakan aplikasi ini. Ada pula game yang melalui web server.

Game Computer

Permainan interaktif yang membutuhkan komputer untuk memainkannya. Program komputer menerima masukan (input) dari si pemain melalui pengendali (control) dan menampilkan lingkungan buatan melalui layar monitor.