Apa yang Disebut Green Computing?

Apa yang Disebut Green Computing?

BIBLIOTIKA - Green Computing adalah praktek penggunaan sumber daya komputasi secara efektif. Tujuan utamanya sama dengan green technology ataupun istilah lain yang mengacu pada praktek teknologi ramah lingkungan, yaitu meminimalkan penggunaan material yang berbahaya bagi lingkungan, meningkatkan efisiensi penggunaan catuan listrik, dan memperhitungkan proses daur ulang ketika produk tersebut habis umur teknisnya.

Selain Green Computing, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Google Reader

RSS Reader yang populer di internet. Google Reader merupakan aplikasi berbasis web yang memungkinkan para penggunanya untuk berlangganan dan mengelola RSS Feed situs atau blog tertentu.

Gopher

Suatu sistem informasi berbasis menu dalam internet yang populer karena kemampuannya berhubungan dalam situs gopher yang lain dalam menu yang sama.

GOPS

Singkatan dari Giga Operations Per Second, yaitu satuan yang dipakai untuk mengukur performa intruksional dari sebuah chip atau sistem. Pada umumnya juga merujuk pada operasi DSP.

GOTO

Perintah dalam bahasa pemrograman untuk melompat ke intruksi yang disebutkan setelah pernyataan GOTO tersebut.

Gouraud Shading

Sebuah teknik grafik tiga dimensi (3-D) yang dikembangkan oleh Henri Gouraud pada awal tahun 1970. Teknik ini menampilkan kesan gelap-terang dari sebuah permukaan objek dengan memperhitungkan warna dan penyinaran dari tiap sudut segitiga.

Government OSI Profile

Biasa disingkat dengan istilah GOSIP, yaitu sub jaringan standar OSI yang ditetapkan oleh pemerintah Amerika Serikat, yang bertujuan untuk memaksimalkan pemakaian produk OSI.

GParted

GParted atau GNOME GNU Parted, adalah fronted dan official aplikasi partisi editor GNOME. Aplikasi ini dapat dipakai untuk membuat, menghapus, mengubah, memindahkan, atau mengecek suatu partisi.

Aplikasi ini sangat berguna untuk memudahkan proses pembuatan partisi apabila pengguna menginginkan instalasi beberapa sistem operasi, mengatur kembali penggunaan kapasitas harddisk, atau mengkopi data dari suatu partisi ke partisi yang lain. Aplikasi ini menggunakan libparted untuk mendeteksi dan memanipulasi harddisk yang ingin dilakukan perubahan.

GPATS

Singkatan dari General Purpose Automatic Test System, yaitu peralatan yang memiliki kemampuan untuk melakukan pengujian secara otomatis terhadap semua perangkat keras dalam sistem.

GPFG

Singkatan dari General Purpose Function Generator, yaitu suatu alat atau komponen program yang dapat diubah, digunakan untuk mengaktifkan suatu fungsi. Setiap perubahan akan mengaktifkan fungsi yang berbeda.

GPIB

Singkatan dari General Purpose Interface Bus, yaitu bus yang memenuhi standar industri IEEE-488 yang dapat digunakan untuk merk-merk lain.

GPOS

Singkatan dari General Purpose Operating System, yaitu sistem operasi yang dirancang untuk mengontrol penggunaan bermacam-macam sistem.

GPSI

Singkatan dari General Purpose Serial Interface, yaitu akses langsung dari atau ke MAC, apabila sebuah decoding atau encoding scheme eksternal dibutuhkan.

GPU

Suatu prosesor yang digunakan pada video card dalam pemrosesan gambar. GPU merupakan singkatan dari Graphic Processing Unit, atau biasa juga disebut Visual Processing Unit (VPU). Yaitu suatu chip yang didesain untuk komputer ataupun konsol game yang berfungsi khusus sebagai pemroses atau renderring data grafis. Selain data 2D, juga untuk data yang memiliki transformasi geometri atau 3D.

Graceful Degradation

Pemrograman untuk menghindari kegagalan sistem, yaitu dengan cara tetap mengijinkan perangkat keras beroperasi meski dalam keadaan yang tidak layak.

Gradient Tool

Tool pada Photoshop yang digunakan untuk membuat efek gradasi. Terdapat lima efek gradasi, yakni Linear Gradient, Radial Gradient, Angle Gradient, Reflected Gradient, dan Diamond Gradient.

Graph

Struktur graph dapat mengandung perulangan tertutup, rings dan percabangan ganda serta trees, mirip dengan daftar sequential biasa.

Graphical Design

Teknik untuk memperoleh data yang diolah dalam rangkaian semikonduktor dengan memakai grafik yang akan menggambarkan hubungan antara dua variabel.