Apa yang Disebut Gadget?

 Apa yang Disebut Gadget

BIBLIOTIKA - Gadget adalah sebutan untuk perangkat berteknologi canggih yang dirancang dengan tujuan dan fungsi khusus, sebagai alat tambahan yang digunakan pada alat utama. Teknologi gadget biasanya berbeda dengan teknologi yang ada pada benda atau barang elektronik normal lainnya.

Selain Gadget, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

BASE

Dasar dari sistem angka, merupakan jumlah angka yang dapat ditampilkan di dalam suatu sistem. Misalnya dasar dari sistem desimal adalah sepuluh, dasar dari sistem biner adalah dua, dasar dari sistem oktal adalah delapan, dasar dari sistem heksadesimal adalah enam belas, dan seterusnya.

Baseband

Sebuah metode transmisi dimana seorang anggota jaringan menggunakan seluruh kisaran frekuensi transmisi untuk mengirimkan sebuah komunikasi satu arah atau sinyal. Bisa pula diartikan sebagai semacam kanal yang menggunakan jalur komunikasi, yang hanya membawa satu sinyal dalam satu waktu. Misalnya penggunaan jalur telepon sebagai sarana pengirim data antar komputer yang letaknya saling berjauhan.

Bash

Singkatan dari Bourne Againt Shell, yaitu shell yang digunakan dalam Unix dan klone-nya, seperti Linux. Bash merupakan shell yang digunakan sebagai default shell oleh RedHat Linux.

Basic Access Method

Suatu metode pengaksesan dimana setiap pernyataan input ataupun output akan mengakibatkan mesin yang dituju dapat melaksanakan perintah yang dimaksud.

Basic Encoding Rules

Sejumlah aturan baku untuk melewati pengkodean unit data.

Basic Instruction

Perintah dalam program komputer yang diubah secara teratur oleh program untuk memperoleh instruksi yang akan dilaksanakan.

Basic Linkage

Alat bantu untuk menghubungkan rutin atau program dengan rutin lainnya, dan dapat dipergunakan secara terus-menerus dengan aturan yang sama.

Basic Mode

Pengiriman data yang memungkinkan model operasinya tidak menggunakan kontrol karakter ANSI.

Basic Software

Software yang dibuat oleh pabrik pembuat hardware untuk membantu pengolahan data dengan hardware yang bersangkutan.

BAT

Singkatan dari Batch file, yaitu sebuah file yang berisi beberapa baris perintah yang akan dijalankan pada saat memulai sistem operasi.

Batch

Sejumlah record atau data yang digabungkan dan diproses sedemikian rupa, hingga menjadi satu kesatuan.

Batch File

File yang terdiri atas serangkaian intruksi, merupakan file-file batch dengan akhiran .BAT, yang dapat dipanggil melalui DOS seperti halnya file berekstensi .EXE atau .COM.

Batch Processing

Proses pengolahan data dengan cara menumpuk pekerjaan, dan nantinya akan dikerjakan secara sekaligus. Batch processing merupakan cara terbaik dalam memanfaatkan waktu komputer. Namun untuk mengembangkan program komputer, cara batch sangat tidak efisien.

Batch Total

Jumlah keseluruhan dari suatu besaran dalam sebuah batch. Batch Total digunakan untuk menentukan ketepatan suatu operasi batch.

Battery

Media yang berfungsi untuk menyimpan daya.

Battery CMOS

Baterai yang berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika ia tidak atau belum mendapatkan daya dari power supply.

Baud

Satuan kecepatan sinyal digital, yaitu batasan yang digunakan untuk menunjukkan tingkat kecepatan transmisi data. Biasanya dihitung dalam bit per detik. Baud juga merupakan angka yang menunjukkan perubahan dari sinyal tertentu per detik, atau kecepatan maksimum dimana data bisa dikirimkan ke sebuah channel, misalnya saluran telepon.

Baud Rate

Jumlah bit (digit biner) yang dapat dikirim oleh sebuah komputer per detik. Baud rate juga bisa diartikan sebagai jumlah data yang dapat ditransfer melalui sebuah interface serial.

BBS

Singkatan dari Bulletin Board System, yaitu sebuah sistem komputer yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang atau komputer lain melalui pesan, pertukaran software dan file, dan distribusi data.

Selain terkenal di kalangan penggunanya, BBS juga dipergunakan di dunia pendidikan dan pemerintahan. Biasanya difungsikan untuk merekam data dan fungsi-fungsi atau program-program, untuk keperluan tanya-jawab dan akses informasi, serta menerima dan menyebarluaskan pengumuman-pengumuman perusahaan, dan sebagainya.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.