Apa yang Disebut E-Commerce?

 Apa yang Disebut E-Commerce?

BIBLIOTIKA - E-Commerce adalah singkatan dari Electronic Commerce, yaitu aktivitas pertukaran (jual-beli) yang berlangsung melalui media elektronik—dalam hal ini internet. Pada mulanya, istilah e-commerce muncul pada tahun 1970-an untuk menjelaskan fasilitas transaksi komersial secara elektronik, khususnya yang menggunakan electronik data interchange dan electronic funds transfer.

Penyedia layanan e-commerce biasanya disebut e-business. Jika dibuat secara lebih spesifik, e-commerce memiliki implikasi bahwa barang, servis, dan aktivitas belanja, dapat dilakukan dan tersedia secara online. Sedangkan e-business adalah perwujudan perusahaan di internet, dan di dalam e-business tercakup e-commerce.

Selain E-Commerce, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Computer Science

Nama lain dari ilmu komputer. Titik berat dari ilmu ini adalah memanfaatkan komputer untuk memecahkan masalah yang ada di dunia nyata.

Computer Server

Komputer yang menjadi pihak penyedia sumber-sumber yang dibutuhkan oleh computer client. Sumber-sumber ini misalnya printer, scanner, media penyimpanan (harddisk), atau koneksi ke internet. Computer server biasanya menggunakan sistem operasi yang memang dibuat khusus untuknya, seperti Windows Server, Linux, Unix, Netware, dan semacamnya.

Computing System

Unit pemrosesan utama yang terdiri dari alat penyimpan utama (main memory), saluran masukan dan keluaran, unit kontrol, peralatan penyimpan akses langsung (RAM), dan peralatan masukan dan keluaran (I/O device).

Concatenation

Operasi dua komputer yang mengambil dua string dan menggabungkannya, dan membuat sebuah string panjang di sekelilingnya.

Concentrator

Alat untuk mengumpulkan data dari beberapa jalur lokal, dan mengirimkannya melalui jalur data tunggal berkecepatan tinggi.

Concrete Interface

Penjelasan spesifik antarmuka yang dipakai, misalnya spesifikasi suatu Application Programming Interface (API), spesifikasi kabel, atau konektor.

Concurent

Kemampuan mengerjakan lebih dari satu tugas dalam waktu yang bersamaan.

Conditional Branch

Perintah dalam program yang mengakibatkan beberapa alamat akan digunakan sebagai dasar untuk mendapatkan perintah selanjutnya.

Conditional Breakpoint


Titik henti proses komputer yang sengaja diciptakan dengan cara melakukan setting sebuah sakelar.

Conditional Statement

Suatu kondisi yang menyebabkan komputer mengecek suatu nilai dan menggunakan hasilnya sebagai dasar untuk memilih di antara beberapa alternatif kegiatan. Disebut juga IF statement.

Config.SYS

File text yang berisi perintah-perintah yang mengkonfigurasi sistem hardware dan melakukan load pada driver device. File ini secara otomatis dieksekusi oleh sistem operasi komputer, ketika kita melakukan start-up pada komputer.

Configuration

Metode penyusunan sistem atau bagian dari sistem, berdasarkan sejumlah kemungkinan.

Configuration Management

Lapisan dalam pengelolaan jaringan model OSI, bertugas untuk melakukan pemeriksaan status jaringan dan menghubungkan pengelolaan aplikasi jaringan, serta akses dari pengguna yang bersangkutan.

Configure

Fitur yang memberi beberapa informasi kepada pengguna komputer, misalnya informasi atas memori yang masih tersedia, atau informasi urutan alat input dan output yang terhubung dalam sistem.

Congestion

Kelebihan kapasitas dari sebuah path data communication, atau sebuah telecommunication service. Kondisi ini terjadi akibat pemanggilan suatu layanan yang melebihi kapasitas yang dapat diterima oleh sebuah jalur komunikasi data.

Connectionless

Suatu jenis komunikasi antar unit dalam jaringan, yang transmisinya dilakukan tanpa pembentukan hubungan pendahuluan.

Connection Oriented

Bentuk hubungan antar unit dalam jaringan yang komunikasinya dilakukan secara bertahap (tahap pembentukan hubungan, tahap pengiriman data, dan tahap pelepasan hubungan).

Connectivity

Kemampuan komputer untuk berkomunikasi maupun terhubung dengan berbagai rancang bangun yang berbeda dalam satu jaringan tertentu.

Constant

Suatu keadaan yang menunjuk pada semua angka atau nilai yang tidak dapat diubah.

Contention

Keadaan yang diakibatkan pemakaian satu saluran komunikasi oleh lebih dari satu stasiun pada saat yang bersamaan.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.