Apa yang Disebut Color Depth?

Apa yang Disebut Color Depth?

BIBLIOTIKA - Color depth merujuk pada jumlah warna yang ditampilkan di monitor oleh video card. Semakin banyak warna yang digunakan, maka semakin realistis tampilan yang dapat dilihat. Seperti gambar yang didapat dari foto, mengubah color depth komputer dapat meningkatkan kualitas gambar.

Tetapi apabila foto itu sendiri terbatas pada jumlah warna tertentu, maka cara ini juga tak berguna. Angka-angka yang menunjukkan color depth biasanya adalah 256 warna, 16 bit (65.000 warna), 24-bit, dan 32-bit (jutaan warna). 24-bit dan 32-bit sangat sulit untuk dibedakan, tetapi 16-bit dan 256 warna akan menampilkan perbedaan kualitas yang mencolok.

Selain Color Depth, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Colorful Tabs

Menampilkan warna yang berbeda dari setiap tab.

Color Picker

Tool pada Photoshop yang digunakan untuk memilih warna aktif untuk diterapkan di atas kanvas atau kertas kerja. Color Picker hanya dapat mengaktifkan dua warna, yaitu satu untuk foreground dan satunya lagi untuk background.

Colours

Menunjukkan seberapa banyak warna yang dapat ditampilkan oleh sebuah monitor. Pada masa sekarang kemampuan monitor dapat menghadirkan resolusi hingga 16,7 milyar warna.

Com

Singkatan dari Communications, atau sering disebut serial port, yaitu komponen yang menghubungkan CPU dengan printer, modem, dan alat lainnya. Com juga merupakan nama domain internet dengan level tertinggi. Biasa digunakan untuk mengidentifikasi servis yang bersifat komersial.

COM (Command file)


File command. Pada sistem operasi, contohnya adalah command.com, win.com, format.com, dan lain-lain. File-file ini adalah file-file utama dalam sistem operasi, dan umumnya berukuran 64K.

COM (Component Object Model)

Sebuah arsitektur piranti lunak (software) yang dikembangkan oleh Microsoft untuk membangun aplikasi berbasis komponen. Objek COM atau COM Object, adalah objek tersendiri dengan identitas yang unik, dan menyediakan antarmuka (interface) agar aplikasi lain bisa mengakses fitur mereka.

COM (Computer Output Microfilm)


Peralatan yang terdiri dari sebuah kamera yang mengambil gambar dari layar monitor dan merekam hasilnya dalam segulung teks mikrofilm.

COM+ (Component Object Model Plus)


Ekstensi untuk Microsoft Component Object Mode. COM+ membangun service COM yang terintegrasi, menjadikan para developer lebih mudah dalam membuat dan menggunakan komponen piranti lunak (software) dalam berbagai bahasa dan tool yang berbeda-beda. COM+ dirancang untuk memelihara dan memperluas fitur COM.

Combo Drive

Drive optik yang menggabungkan kemampuan DVD-ROM dan CD-RW dalam satu drive.

Command


Sebutan untuk kata-kata yang meminta komputer melaksanakan suatu tugas.

Command File

File yang berisi program atau sejumlah instruksi untuk pelaksanaan beberapa perintah DOS.

Command Level

Tingkat kemampuan seseorang untuk memberikan perintah dalam pengendalian sistem komputer.

Command-Line Switch

Pilihan-pilihan yang mengontrol pengoperasian sebuah program. Pengoperasian dapat dipakai ketika sebuah program dieksekusi dari sistem operasi prompt, atau melalui RUN command pada Windows.

Command Prompt

Ukuran karakter yang digunakan di command line interface untuk mengindikasikan ketersediaan perintah yang bisa diterima.

Commission

Komisi yang diberikan oleh merchant. Setiap merchant memberikan komisi yang berbeda-beda, ada persentase dari penjualan yang terjadi via website, dan lain-lain.

Communication Architecture

Rancang bangun suatu hardware atau software yang menerapkan fungsi-fungsi komunikasi.

Communication Channel

Media yang akan dilalui data/informasi pada proses transmisi dalam suatu sistem komunikasi.

Communication Line

Penghubung fisik antar terminal-terminal ke sebuah unit pengendali komunikasi, dan menghubungkan satu unit pengendali komunikasi dengan yang lainnya.

Communication Network

Sejumlah unit fungsional yang saling terhubung, dan memungkinkan unit-unit dalam jaringan saling berkomunikasi, tukar-menukar data, dan informasi.

Comparator 

Komponen elektronik yang bertugas membandingkan dua nilai, kemudian memberikan hasilnya—mana yang lebih besar dan mana yang lebih kecil.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.