Apa yang Disebut Blu-Ray?

Apa yang Disebut Blu-Ray

BIBLIOTIKA - Blu-Ray adalah salah satu format untuk media optical disc, yang kebanyakan digunakan untuk menyimpan high-definition video dan penyimpanan data. Dikembangkan oleh Blu-Ray Disc Association, suatu kelompok yang terdiri atas produsen consumer electronic hardware, dan industri film.

Ukuran fisiknya tidak berbeda dengan CD ataupun DVD. Dinamakan Blu-Ray, karena menggunakan laser blue-violet untuk proses baca dan tulisnya. Kapasitas Blu-Ray Disc dual layer dapat menyimpan data hingga 50 GB perkepingnya.

Selain Blu-Ray, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Beta Testing

Sebuah software yang dapat di-download dari internet, dimana sofware tersebut masih dalam tahap pengembangan dan mungkin masih terdapat bug (kesalahan dalam kode pemrograman) yang dapat berakibat program tersebut tidak dapat dijalankan atau difungsikan. Tidak disarankan untuk menggunakan software beta, kecuali kalau Anda sudah berpengalaman.

Beta Version

Istilah yang biasa digunakan oleh pengembang software untuk memberi status pada software buatannya. Beta version berarti software tersebut telah melalui uji pabrik (alpha version), tapi masih perlu diuji coba oleh tester atau orang luar. Beta version merupakan tahap terakhir bagi sebuah software sebelum dilepas kepada publik.

Bevel and Emboss

Dalam Photoshop, efek ini akan menambahkan kedalaman pada layar dengan menggunakan highlight dan bayangan untuk memberikan kesan 3D. Efek ini banyak digunakan pada teks dan logo.

BGP

Singkatan dari Border Gateway Protocol, yaitu sebuah protokol yang menyediakan informasi sasaran yang dapat dijangkau router untuk berkomunikasi antar autonomous system.

Bidirectional Bus

Sebuah bus yang dapat membawa sinyal dalam dua arah. Bus tersebut juga membawa sinyal khusus yang memberitahu peralatan terkait untuk terhubung ke jalur yang sedang dilewati data.

Bidirectional Printing

Sebutan bagi printer yang dapat mencetak dalam dua arah. Setelah mencetak sebaris dokumen dari kiri ke kanan, beberapa printer menghemat waktu dengan mencetak baris berikutnya dari arah yang sebaliknya, yaitu dari kanan ke kiri.

Big Endian

Teknik pengiriman atau penyimpanan data biner, dimana most significant bit-nya lebih dulu diterima.

Big Yellow

Sebuah web yang berisi sejumlah besar nama-nama perusahaan, lengkap dengan alamat dan nomor teleponnya. Hampir sama dengan yellow pages atau halaman kuning buku telepon.

Billing System

Sitem pencatatan besarnya jumlah pembayaran.

Binary

Sistem penomoran yang digunakan oleh komputer, hanya terdiri dari dua digit, yaitu 1 dan 0. Hal ini disebabkan karena sirkuit elektronik yang digunakan komputer hanya memiliki dua status—on dan off.

Binary Cell

Bagian dari storage komputer yang dapat menampung satu bit informasi dari dua kemungkinan nilai true/false.

Binary File

File biner atau binary file adalah non-ACSII, yaitu suatu non-text files dimana terdapat sejumlah kombinasi dari bit dapat terjadi hingga 8-bit karakter. File biner biasanya adalah file program yang dapat dijalankan atau file yang dipergunakan dalam aplikasi software. Secara mudahnya, file biner adalah apa saja yang berisi lebih dari sekadar huruf teks biasa.

Binary Search

Proses pencarian secara biner, digunakan ketika sebuah komputer harus mencari posisi sebuah simbol dalam daftar urut. Komputer akan mencari simbol dari tengah daftar sampai data terakhir, dan membandingkannya dengan simbol yang sedang dicari. Apabila simbol tersebut sudah ditemukan, pencarian pada setengah daftar sisanya akan dihentikan.

BIND

Singkatan dari Berkeley Internet Name Domain, yaitu aplikasi populer untuk internet yang menyediakan layanan DNS. BIND tersedia dalam tiga versi, yaitu 4x, 8x, dan 9x.

Bindery

Database jaringan yang berisi definisi untuk entitas pengguna, group, workgroup, dan lain-lain.

Binding Time

Waktu pada saat sebuah compiler mengganti sebuah nama simbolis, atau alamat simbolis, ke dalam bentuk bahasa mesin.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.