Apa yang Disebut BASIC?

 Apa yang Disebut BASIC?

BIBLIOTIKA - BASIC adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan di Dartmouth College pada tahun 1964 untuk digunakan pada komputer mini. Penemunya, Thomas E. Kurtz dan John G. Kemeny, menyusun Basic sebagai bahasa pemrograman sederhana yang diperuntukkan bagi mereka yang baru pertama kali mempelajari komputer.

Pada tahun 1980-an Bill Gates (sekarang pimpinan Microsoft) berhasil mengembangkan Basic untuk platform PC. Saat ini Basic telah berkembang menjadi bahasa Visual Basic untuk pemrograman berbasis Windows.

Selain BASIC, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet yang perlu kita tahu.

AVR

Singkatan dari Auto Voltage Regulator, yaitu suatu fungsi yang memungkinkan beberapa UPS untuk melindungi dari voltage sag, voltage spike, brownout, atau over voltage. Dengan kata lain, AVR berfungsi untuk menjaga tegangan listrik keluaran (voltage output) agar tetap stabil. Biasanya AVR terdapat pada UPS line interactive.

B&W

Singkatan dari Black and White, yaitu tampilan suatu objek dalam warna hitam dan putih saja. Dalam Lotus 123, perintah ini akan mengembalikan grafik berwarna menjadi grafik hitam putih.

B2B / BtoB

Singkatan dari Business-to-Business, yaitu perdagangan yang lebih diutamakan antara sesama pelaku bisnis daripada antara pelaku bisnis dan konsumen.

B2C / BtoC

Singkatan dari Business-to-Consumer, yaitu perdagangan antara para pelaku bisnis dan konsumen.

B2G / BtoG

Singkatan dari Business-to-Government, yaitu perdagangan antara para pelaku bisnis dan pemerintah.

Backbone

Jalur utama (frekuensi tinggi) komunikasi pada sistem jaringan komputer. Saluran utama penghubung antar network pada suatu daerah/area yang jaraknya saling berjauhan. Backbone juga merupakan sentral jaringan yang menghubungkan suatu jaringan dengan jaringan lainnya. Pada umumnya digunakan untuk jaringan regional semacam NEARnet, CERFnet, dan JVNCnet.

Backbone Network

Sistem sambungan utama dari jaringan terdistribusi dengan struktur hierarki. Dapat dipastikan bahwa semua sistem yang memiliki sambungan ke sebuah sistem lanjutan pada jaringan backbone juga memiliki sambungan ke jaringan lainnya.

Background

Latar belakang. Dalam Photoshop, background merupakan area yang berada paling jauh dari orang dalam melihat suatu objek. Dalam internet, background merupakan warna atau gambar yang disusun untuk menciptakan efek latar belakang pada suatu halaman web/situs.

Backing Storage

Alat penampung data dalam komputer yang kemampuan simpannya lebih besar daripada penyimpan data utama, namun memiliki kecepatan yang lebih rendah.

Backlink

Hiperlink yang muncul pada blog atau situs lain dan menaut (terhubung) pada halaman utama atau halaman lain dalam suatu blog atau situs. Backlink penting, karena Google dan mesin pencari yang lain mempergunakan jumlah dan kualitas backlink sebagai ukuran tingkat kepercayaan sebuah blog atau situs.

Backoff Delay

Lamanya waktu tunggu suatu medium control access di sebuah terminal dalam jaringan berbentuk CSMA/CD, sebelum melakukan pengiriman kembali sebuah frame setelah terjadinya suatu tumbukan.

Back Orifice

Program yang dikembangkan dan dikeluarkan oleh The Cult of the Dead Cow (CDC). Back Orifice merupakan tool remote administration, tetapi keberadaannya bisa disalahgunakan untuk hal-hal yang negatif. Apabila dimanfaatkan seorang hacker, Back Orifice bisa digunakan untuk mengambil alih kontrol sepenuhnya atas komputer korban. Selain itu, Back Orifice juga bisa digunakan untuk mencuri data dan e-mail dari komputer korban. Program ini merupakan extensible program yang bisa diubah dan dikembangkan setiap saat.

Backplane

Sebuah panel tempat papan sirkuit dalam sebuah peralatan plug dimasukkan—termasuk juga semua kabel yang saling menghubungkan sirkuit.

Backside Bus

Sebuah bus yang terdedikasi, yang menghubungkan mikroprosesor dengan chace Level 2 yang digunakan untuk mengeliminasi bottleneck. Backside bus tersebut tidak bisa digunakan oleh perangkat sistem lainnya.

Backslash

Tombol keyboard dengan simbol ( \ ). Tombol ini sering digunakan saat bekerja dengan direktori.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.