Apa yang Disebut Bandwidth?

Apa yang Disebut Bandwidth?

BIBLIOTIKA - Bandwidth adalah suatu kapasitas transmisi untuk memindahkan data di dalam jaringan elektronik, seperti bus komputer atau channel. Secara mudahnya, bandwidth adalah jumlah data maksimal yang dapat dipindahkan atau ditransfer di dalam satuan waktu tertentu. Bandwidth biasanya diekspresikan dalam satuan bit, byte, atau hertz. Apabila dituliskan dalam hertz, maka bilangannya menjadi lebih besar dibanding jika dituliskan dalam bit/second.

Selain Bandwidth, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet yang juga perlu kita tahu.

Backspace

Tombol keyboard dengan simbol (←) yang terletak di atas tombol Enter. Berfungsi untuk menghapus satu karakter sebelum kursor saat ini.

Backup

Salinan dari file program atau file data yang dibuat untuk memberi jaminan agar data yang ada tidak hilang atau terhapus, apabila terjadi sesuatu pada file aslinya.

Backward Supervision

Pengawasan sinyal dalam transmisi data yang dikirimkan dari sebuah terminal pembantu ke terminal induk.

BackWeb

Sebuah sistem delivery internet dari BackWeb Technologies Inc., San Jose, CA, yang menyediakan sebuah platform untuk menyebarkan informasi dari provider kepada para pengguna internet. Informasi tersebut dapat berupa berita, harga saham, dan presentasi multimedia untuk virus baru, atau software upgrade. Server BackWeb yang juga dapat digunakan oleh internet juga bisa menjadi host informasi multi chanel. Software untuk klien BackWeb bisa di-download secara gratis dari website mereka.

Bad Block Table

Sebuah daftar dalam harddisk yang berisi lokasi block yang rusak dalam disk, dan tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Sering pula disebut media detect line.

Bad Sector

Kerusakan pada disket atau harddisk yang menyebabkan media tersebut tidak dapat terbaca ataupun menyimpan data.

Baidu

Nama perusahaan dan suatu search engine, yang selain menyediakan layanan pencarian online, juga menyediakan layanan kelompok diskusi berdasarkan kata kunci (Baidu Post), layanan ensiklopedia (Baidu Bike), situs jejaring sosial (Baidu Space), dan lain-lain. Baidu berarti “ratusan kali”.

Balance Error

Kesalahan pada tegangan yang diakibatkan oleh hasil penjumlahan analog dalam komputer analog, dan berbanding lurus dengan kesalahannya.

Balanced Error

Batas toleransi antara kesalahan minimal dan kesalahan maksimal yang dapat diterima. Pada umumnya bernilai sama atau berlawanan tanda (positif dan negatif), dan kebanyakan bernilai nol.

Balanced Transmission

Metode transmisi dengan cara mengirimkan sinyal ke dalam bentuk arus listrik yang akan dikirim melalui sebuah konduktor. Sinyal tersebut kemudian akan dikembalikan melalui konduktor yang berbeda.

Bang Path

Sekumpulan nama alat-alat yang dipakai untuk mengarahkan e-mail dari pengguna ke pengguna lainnya.

Banner

Spanduk yang membentang. Dalam dunia internet, banner biasanya digunakan untuk menyebut iklan-iklan yang terpasang pada halaman web. Banner merupakan salah satu bagian dari halaman web yang berisi iklan, yang biasanya memiliki standar ukuran dalam bentuk piksel.

Banner Ad

Sebuah iklan bergambar, serupa dengan billboard, dan dipasang pada suatu situs di internet. Ukuran dan bentuknya bermacam-macam, bergantung pada ukuran piksel yang digunakannya.

BAO

Singkatan dari Binary Arithmetic Operation, yaitu operasi aritmatika yang menghitung bit-bit berbentuk biner.

Barcode

Kode bar, atau karakter numerik yang ditampilkan dalam bentuk balok-balok atau garis-garis dengan bermacam-macam ketebalan.

Barcode Scanner

Alat yang mampu membaca balok-balok atau garis-garis barcode ke dalam bentuk alfanumerik.

Barebone PC

Paket penjualan komponen PC yang menyediakan beberapa komponen utama, dengan kustomisasi komponen lain sesuai dengan kebutuhan pengguna. Biasanya, paket ini menyertakan PC case, motherboard, dan PSU. Beberapa produsen mengemasnya dalam bentuk form factor yang ringkas. Sedangkan komponen lain seperti pilihan CPU, RAM, media penyimpanan dan lainnya, disesuaikan dengan kebutuhan.

BASCOM

Singkatan dari Basic Compiler, yaitu suatu program yang menerjemahkan program BASIC berakhiran .bas menjadi file .exe yang dapat dieksekusi.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.