Apa yang Dimaksud P2P di Dunia Komputer?

Apa yang Dimaksud P2P di Dunia Komputer?

BIBLIOTIKA - P2P adalah singkatan Peer to Peer, yaitu suatu sistem hubungan antar komputer yang terkoneksi secara langsung melalui jaringan atau internet. Pertukaran file dapat dilakukan antar komputer yang terhubung secara langsung tanpa perantara server jaringan. Masing-masing komputer akan berperan sebagai server sekaligus client.

Persyaratan untuk Peer to Peer di internet adalah tersedianya sebuah koneksi software P2P. Setelah koneksi komputer terjadi, maka komputer akan dapat mengakses ribuan sistem komputer lain yang berada dalam jaringan. Masing-masing pengguna dapat saling mencari file pada komputer lainnya dengan cara masing-masingnya menyediakan folder sharing untuk diakses.

Selain P2P, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Fixed Position Addressing

Cara pengaksesan secara langsung ke field tertentu dalam file, tanpa perlu mencari field mulai dari data pertama.

Fixed Width Font

Huruf, angka, dan tanda baca, yang memiliki lebar yang sama antara satu dengan lainnya.

Flag

Bit memori tunggal yang digunakan CPU untuk menahan track pada kondisi tertentu. Kebanyakan komputer memiliki beberapa flag. Variabel dalam program juga digunakan sebagai flag.

Flag Flip-flop

Bit memori tunggal yang akan mengindikasikan adanya overflow atau carry yang berasal dari operasi sebelumnya atau yang sedang dikerjakan.

Flame

Pesan yang isinya kasar dan bermusuhan, yang dikirim lewat internet (biasanya melalui e-mail atau newsgroup). Flame bisa pula dikirim pengguna internet ke seseorang atau sebuah newsgroup sebagai ekspresi kekesalan karena adanya suatu pelanggaran di internet. Aktivitas semacam itu disebut flamming.

Flame Bait

Sebuah pesan yang dikirim ke forum diskusi atau group chat, yang biasanya bernada negatif dan provokatif, serta menghina.

Flamming

Pertengkaran atau perang kata-kata dalam e-mail atau mailing list di internet. Berasal dari kata ‘flame’, merupakan cara berkomunikasi yang ekspresif melalui e-mail. Biasa pula disebut dengan istilah online cursing, yang bisa diartikan sebagai perang kata-kata di dalam internet.

Flash

Salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe System. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor ataupun animasi gambar. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak tersebut mempunyai file extension .swf dan dapat dilihat atau diputar di web browser yang telah dipasangi Adobe Flash Player.

Flash Cards

Kartu penyimpanan citra yang ukuran dan tampilannya serupa dengan kartu kredit. Dipakai untuk menyimpan citra dari kamera digital.

Flashing

Proses update BIOS. Sebagaimana software lainnya, BIOS juga bisa di-update. Hanya saja, proses update BIOS tidak sama seperti software biasa, karena BIOS tersimpan di sebuah chip pada motherboard. Untuk dapat meng-update BIOS, diperlukan program khusus yang disebut flash utility. Karenanya, proses update BIOS pun disebut flashing.

Flash Memory

Memory chip yang tetap bisa menyimpan data meskipun power sudah dimatikan atau kamera telah dimatikan. Keuntungan kamera digital yang memakai flash memory adalah image tidak hilang meskipun energi baterai telah habis, karena flash memory tidak memerlukan power untuk bisa menyimpan citra yang telah direkam dalam kamera.

Flash Pix

Nama dagang file format untuk menyimpan citra multi-resolusi menjadi sederetan rangkaian independen.

Flat Panel

Layar komputer yang berbentuk kotak tipis, jauh lebih tipis daripada monitor komputer pada umumnya. Teknologi ini pada mulanya digunakan untuk komputer portable dan laptop, namun saat ini sudah mulai digunakan pada desktop.

Flat Rate

Biaya berlangganan internet, dimana biaya perbulannya tetap (tidak berubah), dan tidak dipengaruhi oleh waktu lamanya pemakaian koneksi. Biaya ini tidak termasuk biaya pulsa telepon atau jumlah data yang ditransfer.