Apa yang Dimaksud Booting?

Apa yang Dimaksud Booting?

BIBLIOTIKA - Booting adalah istilah untuk me-restart komputer, sebuah perintah untuk mengulangi operasi sebuah komputer dari awal. Proses booting dapat dibedakan menjadi dua, yaitu cold boot dan warm boot. Cold boot adalah istilah untuk menghidupkan komputer dalam kondisi power tidak menyala, sedangkan warm boot adalah me-restart komputer dengan paksa, ketika status komputer masih menyala. Hal ini dilakukan dengan cara menekan langsung tombol restart atau menekan kunci Ctrl+Alt+Del.

Biasanya, warm boot digunakan ketika komputer mengalami hang atau gangguan pada sistem operasi yang menyebabkan sistem tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, dan warm boot dimaksudkan untuk mengembalikan kondisinya. (Sekadar catatan, sangat disarankan untuk tidak sering melakukan warm boot, karena dapat menyebabkan kerusakan permanen pada harddisk komputer).

Selain booting, berikut ini beberapa istilah lain seputar komputer dan internet yang perlu kita tahu.

Alt Key

Nama tombol pada keyboard yang terletak di sebelah kanan dan kiri tombol spasi. Tombol ini berfungsi apabila ditekan bersamaan dengan tombol lain. Dalam Windows, tombol ini bersama dengan huruf tertentu dapat digunakan untuk membuka dan memilih perintah pada menu secara cepat.

ALU

Singkatan dari Arithmetic Logic Unit, yaitu sirkuit CPU berkecepatan tinggi yang bertugas menghitung dan membandingkan. Angka-angka dikirimkan dari memori ke ALU untuk dikalkulasi dan kemudian dikirim balik ke memori. Demikian juga data-data alfanumerik dikirimkan ke ALU untuk diperbandingkan. Beberapa chip memiliki beberapa ALU untuk kepentingan penghitungan yang bersamaan atau simultan.

AM

Singkatan dari Amplitudo Modulation, yaitu jenis modulasi yang menggunakan amplitudo sinyal analog untuk membedakan keadaan sinyal digital.

AM2

Jenis socket prosesor yang dirancang AMD untuk komputer desktop dengan jumlah 940 pin, tetapi tidak sama dengan socket yang dipakai pada prosesor AMD Opteron. AM2 dirilis pertama kali pada bulan Mei 2006 sebagai pengganti socket 939 dan 754. Socket ini didesain untuk mengakomodasi keluarga prosesor AMD terbaru yang telah mendukung memory DDR2.

AMI BIOS

Sebuah PC BIOS produksi American Megatrends, Inc. AMI BIOS telah banyak digunakan pada PC desktop.

AMOLED

Singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode, yaitu teknologi terbaru dari jenis layar OLED.

Amorpheus

Sifat yang tidak dapat memantulkan cahaya atau menyerap cahaya. Misalnya sebuah rewriteable optical disk yang dikatakan memiliki spot amorpheus state, maka artinya sinar laser tidak dapat dipantulkan melalui lensa tersebut.

Ampere

Arus listrik, yaitu banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Muatan listrik dapat mengalir melalui kabel atau penghantar listrik lainnya.

Amplifier


Piranti yang menyalurkan power sekaligus memperkuat sinyal ke speaker.

Amplitudo

Tinggi rendahnya tegangan dari sebuah sinyal analog.

AMPS

Singkatan dari Advanced Mobile Phone System, yaitu suatu sistem komunikasi wireless analog.

AMR

Singkatan dari Audio Modem Riser, yaitu sebuah kartu plug-in untuk motherboard buatan Intel yang memuat sirkuit audio dan/atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang dibutuhkan untuk operasi modem dan/atau audio.

Analog

Salah satu bentuk penyaluran sinyal-sinyal frekuensi tertentu. Bisa dalam bentuk listrik, gelombang, atau yang lainnya. Sinyal analog tidak memiliki perbedaan yang jelas, antara nilai variabel satu dengan variabel lainnya (continous). Hal ini berbeda dengan sinyal digital yang lebih jelas atau diskrit.

Analog Computer

Jenis komputer yang mengolah data yang besaran-besarannya dinyatakan dengan variabel fisik dari sinyal analog.

Analog Sinyal

Gelombang elektromagnetik yang berkesinambungan, dan memiliki kemampuan untuk dipancarkan melalui bermacam-macam media serta memiliki jangkauan yang jauh lebih besar daripada sinyal digital.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.