Apa sih PC Card itu?

Apa sih PC Card itu?

BIBLIOTIKA - Pertama, PC adalah singkatan Personal Computer, atau komputer pribadi. Mencakup segala jenis sistem komputer yang umum digunakan dewasa ini untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Sedangkan PC Card adalah kartu ekspansi yang biasanya digunakan pada notebook, sehingga notebook tersebut memiliki fungsi-fungsi baru, seperti WLAN, bluetooth, sound, dan lain-lainnya. PC card terbagi dalam tiga jenis, yaitu Type I, Type II, dan Type III. Perbedaan bentuk di antara ketiganya hanya berada pada tingkat ketebalan masing-masing card.

Type I yang memiliki ketebalan 3,3 mm biasanya digunakan sebagai kartu memori. Type II dengan ketebalan 5 mm biasanya digunakan untuk alat-alat yang berfungsi sebagai I/O, misalnya untuk modem, LAN, dan sebagainya. Sedang untuk Type III yang memiliki ketebalan 10,5 mm biasanya digunakan untuk storage micro drive atau komponen yang memiliki dimensi ketebalan yang lebih besar.

Selain PC Card, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

EEPROM

Singkatan dari Electronically Erasable Programmable Read Only Memory, yaitu salah satu tipe chip ROM yang dapat dihapus dan diprogram kembali dengan memakai suatu alat khusus.

EFF

Singkatan dari Electronic Frontier Foundation, yaitu suatu lembaga yang bertujuan untuk menampung semua permasalahan di lingkungan pengguna komputer yang muncul sebagai dampak dari penyebaran informasi dan komunikasi (internet).

Effective Address

Alamat yang diperoleh dengan melakukan perhitungan sehingga ditemukan alamat dari lokasi memori yang dibutuhkan.

Effective Instruction

Intruksi komputer yang keluarannya berasal dari perubahan intruksi dasar selama program dimodifikasi.

Effectiveness Level 

Persentase keefektifan suatu alat pengolah data yang diperoleh dari perbandingan jumlah waktu operasional terhadap jumlah waktu total dalam satu periode.

EFPMU

Singkatan dari Enhanched Floating Point and Multimedia Unit, yaitu bagian dari mikro arsitektur Pentium 4 Processor’s Intel NetBurst. Perluasan transfer data menjadi 128 bit akan meningkatkan performa floating point dan aplikasi multimedia.

EFT

Singkatan dari Electronic Funds Transfer, yaitu suatu teknik pengiriman atau pertukaran data-data transaksi keuangan secara elektronik.

Egoless Programming

Kesepakatan di antara programmer untuk saling membaca dan memberi kritik terhadap program-program buatan programmer lain. Program-program tersebut dianggap sebagai buatan orang yang tak dikenal sehingga kritik yang dikemukakan tidak berdasarkan sentimen pribadi.

E-Government

Penerapan konsep dari perdagangan elektronik dalam operasional pemerintahan. Beberapa inisiatif telah mencakup posting informasi pemerintahan dan komunikasi pada situs web, menyediakan layanan online untuk client, dan kerjasama dengan mitra secara online.

EGP

Singkatan dari Exterior Gateway Protocol, yaitu protokol pada lapis jaringan model OSI yang digunakan gateway untuk saling berkomunikasi dalam autonomous system.

EIA

Singkatan dari Electronics Industry Association, yaitu sebuah perkumpulan pabrik elektronik di Amerika Serikat yang menentukan standar antarmuka (interface), misalnya RS 232-C dan RS-422A.

EIA Interface

Antarmuka standar EIA yang menghubungkan peralatan komunikasi dengan komputer.

EICAR

Singkatan dari European Institute of Computer Anti-Virus Research, yaitu suatu lembaga yang menciptakan serangkaian karakter yang dapat digunakan untuk mencoba kehandalan sebuah produk software antivirus.

EIDE

Singkatan dari Enhanced Integrated Drive Electronic, juga dikenal sebagai ATA (Advanced Technology Attachment), atau ATAPI (Advanced Technology Attachment Packet Interface). Merupakan suatu istilah pada zaman komputer IBM AT. Memiliki kecepatan tranfer data rate hingga 133 MB/s untuk standar ATA-133.

EISA

Singkatan dari Extended Industry Standard Architecture, yaitu perluasan rancang bangun komputer dengan standar industri.

EIST

Singkatan dari Enhanched Intel SpeedStep Technology. Dengan fitur ini, apabila pengguna menjalankan aplikasi yang membutuhkan sumber daya besar (semisal pengolah gambar, game tiga dimensi, dan semacamnya), maka prosesor akan bekerja maksimal dengan kecepatan penuh.

Namun, apabila aplikasi yang dijalankan tidak membutuhkan kecepatan prosesor yang tinggi, maka kecepatannya pun akan diturunkan sampai sekitar 20 persen. Karenanya, fitur ini akan membantu menghemat biaya listrik dari pemakaian komputer.