Apa sih Heatpipe itu?

Apa sih Heatpipe itu?

BIBLIOTIKA - Heatpipe adalah suatu desain komponen pendingin yang berbentuk pipa berbahan logam. Heatpipe berfungsi menghantarkan panas dari ujung yang satu ke ujung lainnya. Heatpipe memungkinkan perpindahan panas melalui sebuah tube atau pipa yang tertutup rapat, biasanya dalam hal ini pipa tersebut juga dilengkapi dengan cairan yang lebih mengoptimalkan tingkat pendinginan.

Heatpipe merupakan mekanisme penghantar panas yang terbilang efisien penggunaannya pada komputer. Terlebih lagi dikarenakan mekanisme ini memungkinkan menekan tinggi kebisingan dari putaran fan. Solusi heatpipe mulai banyak ditemukan, baik untuk prosesor CPU ataupun VGA.

Selain Heatpipe, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Hi-Fi

Singkatan dari High Fidelity, yaitu perangkat tata suara dengan teknologi tinggi yang menghasilkan kualitas suara yang bagus.

High Color

Suatu tampilan sistem yang memakai data warna 16 bit untuk tiap pikselnya. Pada warna 16 bit, tiap piksel memiliki 16 bits, dan bisa merepresentasikan 65 ribu (65.536) jenis warna. Warna 16 bit sering disebut sebagai warna tinggi atau ribuan warna.

High Density

Istilah untuk menyebut peningkatan kapasitas penyimpanan dari bit dan/atau track per inci persegi.

High Efficiency

Efesiensi pada PSU, yaitu suatu rasio perbandingan antara daya yang masuk (input power), dibandingkan dengan daya yang dihasilkan (output power). Semakin tinggi rasio efisiensi, maka semakin sedikit panas yang dilepaskan oleh PSU. Sedikit banyaknya akan mempengaruhi beban listrik, yang akan berpengaruh pada tagihan listrik setiap bulannya.

High Level Frequency

Suatu frekuensi berlevel tinggi pada audio, dan biasanya berkisar antara 3 KHz dan 16 KHz atau lebih, identik dengan sebutan treble.

Highlight

Bagian yang paling terang dari suatu gambar/image.

Hint Question

Pertanyaan tersembunyi. Biasanya berfungsi sebagai sarana untuk membuka kunci atau pengingat. Misalnya, jika seorang pengguna layanan e-mail lupa pada password-nya, maka layanan e-mail tersebut akan memberikan hint question atau pertanyaan tersembunyi, yang pertanyaan dan jawabannya hanya diketahui oleh pengguna bersangkutan.

Hit

Jumlah kunjungan oleh para netter yang terdapat pada sebuah halaman website.  Hit juga bisa diartikan sebagai permintaan untuk sebuah file, seperti HTML, image, audio, atau file lainnya, dari web server.

Hit Counter

Program kecil di sebuah situs yang digunakan untuk menampilkan jumlah kunjungan ke halaman suatu website dalam bentuk angka. Setiap kali halaman tersebut dikunjungi, maka angkanya akan bertambah secara otomatis.

Hitnotice

Aktivitas me-refresh browser berulang-ulang untuk melihat hit-counter atau mengecek apakah ada komentar yang baru atau tidak.

Hitpoint

Merupakan jumlah abstrak dari perusakan yang akan dilakukan terhadap sebuah objek atau pemain dalam game. Istilah ini banyak terdapat pada game peperangan.

Hkey_Current_User

Bagian dari registry yang berisi setting spesifik mengenai user yang sedang login. HKCU juga merupakan cerminan dari subkey HKEY_USER.

Hkey_Local_Machine

Bagian dari registry yang berisi setting umum untuk semua user.

HLLAPI

Singkatan dari High Level Language Application Program Interface, yaitu sebuah program interface IBM yang memungkinkan sebuah aplikasi PC untuk berkomunikasi dengan sebuah aplikasi mainframe.

Hold Button

Tombol atau switch yang berfungsi untuk mematikan fungsi tombol lainnya. Hold button mencegah MP3 player aktif tanpa diinginkan, saat sedang disimpan dalam tas atau kantong. Fungsi hold button tak jauh beda dengan fungsi keypad lock pada handphone.

Hologram

Foto tiga dimensi yang dibuat dengan holografi.

Homepage

Tampilan awal dari suatu website yang memuat informasi atau gambaran singkat tentang apa isi dari website tersebut. Homepage biasanya berisi beberapa link ke bagian penting lain dari suatu situs web. Istilah homepage juga dipakai untuk menjelaskan halaman web pribadi/perorangan sebagai “rumah” mereka di internet.