Apa sih ARPANET itu?

 Apa sih ARPANET itu

BIBLIOTIKA - ARPANET adalah singkatan Advanced Research Project Administration Network, yaitu salah satu nama badan jaringan dari Advanced Research Project Agency, yang merupakan tempat asal mulanya internet.

Dibangun pada akhir dasawarsa 60-an hingga awal dasawarsa 70-an oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai percobaan untuk membentuk sebuah jaringan berskala besar (WAN) yang menghubungkan komputer-komputer di berbagai lokasi dengan sistem yang berbeda-beda pula, namun dapat diakses sebagai sebuah kesatuan untuk dapat saling memanfaatkan resource masing-masing.

Selain ARPANET, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet yang perlu kita tahu.

Application Oriented Language

Bahasa pemrograman yang secara khusus dikembangkan untuk memiliki kemampuan mengubah masalah pemrosesan kompleks menjadi cara yang lebih simpel. Dengan menggunakan bahasa ini, programmer tidak perlu lagi menyusun kode untuk melakukan perhitungan-perhitungan yang sulit.

Application Package

Paket aplikasi lengkap, terdiri dari program tertentu yang dimasukkan di dalam memori komputer, berikut perangkat keras pendukung yang dibutuhkan (termasuk I/O device).

Application Program

Program komputer yang dibuat untuk mengerjakan atau menyelesaikan masalah-masalah khusus, misalnya program penggajian.

APT

Singkatan dari Automatic Programming Tool, yaitu bahasa komputer yang dipakai untuk mengendalikan peralatan secara numerik.

Arbiter

Suatu unit komputer yang bertugas menentukan prioritas beberapa alat input yang semuanya terhubung ke sebuah unit fungsi penyimpan atau fungsi lainnya.

Arcade

Suatu game sederhana di komputer, dan berbentuk dua dimensi.

Archie

Service network yang digunakan untuk menempatkan file yang dapat diakses secara umum melalui FTP anonymous.

Architecture

Rancangan dan penyusunan komponen di dalam komputer.

Archive

Dalam internet, Archive biasa diartikan sebagai beberapa file yang telah digabung menjadi satu file, atau situs FTP yang menyimpan file atau program dalam jumlah yang banyak. Dalam dunia web atau blog, Archive merupakan sekumpulan/arsip dari semua posting yang ada dalam sebuah web atau blog. Biasanya dikelompokkan dalam bulan, tahun, dan sebagainya. Sedang dalam komputer, Archive dipakai untuk membuat salinan dari sebuah file backup dengan tujuan untuk melindungi salinan asli dari kemungkinan hilang atau kerusakan.

Area

Bagian dalam sebuah memori komputer yang ditentukan oleh hardware atau program untuk menangani data khusus.

Argument

Sebuah nilai yang dimasukkan pada suatu rutin atau perintah, sebagai pembatas jangkauan pelaksanaan perintah.

ARM

Singkatan dari Asynchronous Response Mode, yaitu salah satu model operasi stasiun sekunder yang didukung oleh BOP (Bit Oriented Protocol). Model ini memungkinkan stasiun sekunder memulai transmisi lebih dulu tanpa harus menunggu perintah dari stasiun primer.

Armored Virus

Suatu jenis virus yang berusaha mencegah analis untuk dapat meraih atau meneliti kodenya. Virus ini seringkali menggunakan metode yang berbeda untuk membuat rute kerjanya, misalnya dengan membongkar dan mengubah kode teknisnya menjadi lebih susah untuk dianalisis.

ARP

Singkatan dari Address Resolution Protocol, yaitu sebuah protokol TCP/IP yang digunakan untuk mendapatkan alamat dari sebuah node. Komputer klien akan mengirimkan sebuah ARP request ke dalam jaringan dengan IP Address dari node yang dicari. Selanjutnya, node tersebut akan merespon dengan mengirimkan alamatnya supaya paketnya dapat ditransmisi.

ARQ

Singkatan dari Automatic Repeat reQuest, yaitu suatu fasilitas dalam jaringan yang secara otomatis akan meminta kembali pengiriman ulang apabila diketahui ada suatu kesalahan dalam proses transmisi.

Array

Dalam bahasa pemrograman, Array adalah sebuah kumpulan yang terdiri dari data-data objek dengan atribut yang identik. Setiap variabel yang dapat diindeks disebut sebagai satu elemen array. Array disebut juga dengan istilah vektor (vector) atau list.

Article

Sebuah pembicaraan atau topik yang terdapat di Usenet Newsgroup.

Ascending

Urutan data dari yang terkecil hingga yang terbesar, misalnya dari A-Z, atau dari 0-9.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.