Apa Sebenarnya yang Disebut Cache?

  Apa Sebenarnya yang Disebut Cache?

BIBLIOTIKA - Cache berasal dari kata cash, dipergunakan untuk meningkatkan kecepatan transfer data, baik secara sementara maupun permanen. Cache juga bisa dianggap sebagai tempat penyimpanan sementara duplikasi data yang sering diakses, untuk mempercepat pengambilan data yang sama daripada harus mengambil data dari tempat aslinya. RAM, CPU, atau harddisk, dapat menjadi lokasi cache. Semakin besar cache yang disediakan komponen-komponen tersebut, semakin baik pula kinerja sebuah komputer.

Selain Cache, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Cache Folder

Disebut juga dengan istilah Temporary Internet Files Folder, yaitu tempat penyimpanan sementara file-file dari webpages website tertentu yang telah di-download dari internet oleh program web browser, untuk selanjutnya ditampilkan ke user. Hal ini untuk mempercepat web browser menampilkan web pages dari website tersebut.

Cache Memory

Memori berkecepatan tinggi yang mampu bekerjasama dengan CPU, bertindak sebagai buffer antara CPU dan memori utama, dan berfungsi untuk menyimpan intruksi dan data dari memori utama sebelum diteruskan ke CPU.

Cable

Jenis koneksi broadband yang populer, yang memakai saluran televisi kabel yang sudah ada untuk berhubungan ke internet. Hal ini membutuhkan modem khusus dan tidak mengganggu siaran televisi.

Cable Modem

Sebuah modem yang dipakai untuk menghubungkan komputer dengan sebuah layanan televisi kabel dan sambungan internet. Cable modem dapat meningkatkan bandwidth secara drastis antara komputer pengguna dengan ISP. Cable modem terhubung pada komputer melalui ethernet, yang menyediakan servis online setiap saat.

Cabling System

Suatu sistem pembagian kabel bagi seluruh unit dalam jaringan, yang akan menghubungkan secara fisik semua stasiun dengan jaringan data LAN.

CAD

Singkatan dari Computer Aided Design, yaitu software yang ditujukan untuk membuat desain produk dan gambar teknik.

CAI

Singkatan dari Computer Assisted Instruction, yaitu software yang ditujukan untuk membantu pemahaman siswa tentang suatu objek tertentu. Aplikasinya berupa dialog antara siswa dengan komputer. Secara bertahap komputer akan memberi pertanyaan. Kemudian, berdasarkan jawaban yang dimasukkan siswa, komputer akan memberi informasi apakah siswa tersebut melakukan kesalahan atau tidak.

Calculator Mode

Terminal yang memiliki kemampuan penghitungan seperti kalkulator. Pengguna memasukkan sebuah ekspresi, dan komputer akan mengevaluasi serta memberikan jawaban sesegera mungkin.

Call

Perintah untuk mengerjakan sebuah prosedur atau subrutin di manapun perintah ini diletakkan, mengambil beberapa kondisi masukan yang dibutuhkan dan memberikan hasil, kemudian kembali ke program pemanggil.

Call In

Perintah untuk memindah kontrol dari program utama ke subrutin secara sementara, untuk tujuan tertentu.

Call Instruction

Perintah dalam program utama untuk memanggil subrutin.

Call Minder

Suatu layanan dari perusahaan telepon yang dapat merekam pesan suara Anda jika telepon Anda sedang sibuk, atau jika Anda tidak sempat menerima telepon karena berbagai sebab.

Callout

Salah satu kemampuan dalam pengolah kata Microsoft Word untuk menambahkan tempat teks sebagai penjelasan gambar.

CAM

Singkatan dari Computer Aided Manufacture, yaitu sistem komputer yang difungsikan untuk mengatur dan mengawasi jalannya proses operasi suatu mesin.

Campaign


Urutan atau level dari suatu pertempuran atau kumpulan misi dalam sebuah game yang memiliki hubungan satu sama lain, dan membentuk satu kesamaan cerita dalam game tersebut. Campaign juga dapat berarti terkumpulnya beberapa kelompok yang memiliki skenario yang berbeda, dengan tujuan yang sama.

Biasanya, campaign berbentuk linear, yaitu misi yang satu dengan lainnya saling terhubung hanya pada satu sisi, atau jika dirangkaikan maka akan terbentuk seri yang tidak terputus antar masing-masing misi.

Cancel

Digunakan untuk membatalkan perintah atau menggagalkan kegiatan yang sedang dikerjakan.