Apa Perbedaan XML dan HTML?

Apa Perbedaan XML dan HTML?

BIBLIOTIKA - XML adalah singkatan Extensible Markup Language, yaitu suatu format halaman web yang lebih luas penggunaannya dibanding HTML. Sebuah standar terbuka untuk mendeskripsikan data dari W3C, dan biasa digunakan untuk mendefinisikan elemen data pada halaman web dan antar dokumen bisnis. XML biasanya menggunakan struktur tag yang mirip HTML. Hanya saja, XML mendefinisikan kandungan-kandungan elemen dan bukannya mengatur bagaimana elemen-elemen tersebut ditampilkan.

Sedangkan HTML adalah standar format untuk dokumen Hypertext yang digunakan dalam world wide web. HTML merujuk pada tampilan halaman, jenis, huruf, elemen grafis, juga link hypertext ke dokumen lain di internet.

HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang dibuat dan dikembangkan sejak akhir 80-an hingga awal 90-an, yang digunakan untuk membuat halaman web. Pada saat ini, HTML sudah dipatenkan dan dibuat standarisasinya oleh World Wide Web Consortium atau W3C. Sedangkan XHTML merupakan pengembangan dari HTML.

Selain XML dan HTML, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Pascal

Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth di Zurich pada akhir 1960-an hingga awal 1970-an. Pascal merupakan bahasa pemrograman yang terstruktur, sehingga sering digunakan sebagai sarana awal untuk mempelajari teknik pemrograman komputer.

Versi bahasa Pascal yang banyak dipakai adalah Turbo Pascal buatan Borland International, yang bekerja di lingkungan sistem operasi DOS. Kemudian, Pascal juga dikembangkan sebagai bahasa pemrograman visual di lingkungan sistem operasi Windows dengan nama Delphi.

Footer

Teks yang ditempatkan pada margin bawah di setiap halaman. Dalam dunia blog, footer menunjuk pada bagian paling bawah halaman blog.

Footnote

Catatan yang akan diletakkan di margin bawah pada halaman tertentu saja.

Foreground

Istilah untuk program yang memiliki prioritas tinggi dibandingkan dengan program lainnya dalam hal pelaksanaan perintah ataupun penggunaan hardware yang dibutuhkan. Dalam Photoshop, foreground merupakan area yang berada paling dekat dengan orang yang melihat suatu objek.

Form

Sebuah format dokumen yang berisi kolom-kolom kosong yang ditujukan untuk diisi oleh pengguna komputer dengan data mereka. Biasa dipergunakan dalam proses penyusunan database. Form juga bisa diartikan sebagai jendela yang merupakan wadah bagi berbagai komponen yang akan terpasang dalam suatu program aplikasi. Dalam pembuatan sebuah program, form dapat bertindak sebagai jendela program, kotak dialog, dan jendela peringatan.

Format

Pengaturan hasil keluaran komputer, meliputi penentuan jumlah baris per halaman, spasi antar baris, batas tulisan (margin), huruf yang dipakai, dan lain-lain. Pada DOS, format merupakan perintah untuk membentuk sector pada disket atau harddisk, sehingga dapat digunakan untuk menyimpan data.

Format Effector

Karakter kendali untuk mengatur letak informasi secara fisik pada layar monitor atau pencetakan di atas kertas.

Formula

Pernyataan yang menerangkan cara sebuah sel berhubungan dengan sel lain. Digunakan pada software aplikasi spreadsheet. Dalam aplikasi spreadsheet, formula selalu diawali dengan tanda sama dengan (=) dan melakukan kalkulasi untuk setiap sel.

For…Next

Pernyataan dalam bahasa pemrograman untuk melakukan pengulangan satu atau serangkaian intruksi. Digunakan apabila telah diketahui dengan jelas berapa kali harus melakukan perulangan.

Forth

Bahasa pemrograman yang dikembangkan untuk mikroprosesor dan berorientasi pada stack. Hampir semua operasi mengambil dan meletakkan hasilnya di stack. Forth mendukung perancangan program secara bottom-up.

FORTRAN

Singkatan dari Formula Translation, yaitu bahasa pemrograman yang dirancang untuk menyusun perhitungan-perhitungan pada aplikasi ilmiah dan teknik. Ekspresi dalam FORTRAN memiliki persamaan dengan aljabar.

Fotolitografi

Suatu teknik pembuatan IC atau mikroprosesor dengan menggunakan cahaya untuk menentukan bagian silikon mana yang akan dihilangkan.