Apa Perbedaan Wireless dan Wireless LAN?

 Apa Perbedaan Wireless dan Wireless LAN?

BIBLIOTIKA - Wireless adalah media tanpa kabel untuk mengirimkan data yang menggunakan sinyal elektrik yang dihantarkan udara, dan bisa ditangkap melalui sebuah alat.

Sedangkan Wireless LAN adalah singkatan Wireless Local Area Network, kadang pula disebut WLAN, yaitu teknologi komunikasi data dengan tanpa menggunakan kabel untuk menghubungkan antara klien dan server.

Secara umum, teknologi Wireless LAN hampir sama dengan teknologi jaringan komputer yang menggunakan kabel (Wire LAN atau Local Area Network). Teknologi Wireless LAN memungkinkan pengguna memiliki fleksibilitas yang tinggi dan tidak tergantung pada suatu tempat atau lokasi. Teknologi Wireless LAN juga memungkinkan untuk membentuk jaringan komputer yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh jaringan komputer yang menggunakan kabel.

Selain Wireless dan Wireless LAN, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Frequency Shift Keying

Modulasi yang menampilkan dua nilai biner pada dua frekuensi yang berdampingan dengan carrier frequency.

Fritz

Suatu program catur yang dapat berbicara dan dapat dijalankan pada Windows 95, Windows 97, Windows 98, dan Windows 2000. Program ini juga menyimpan ribuan contoh permainan catur hasil pertandingan tingkat dunia seperti Garry Kasparov, Anatoly Karpov, dan lain-lain.

Front End

Komputer kecil yang berada di antara sekelompok terminal dan komputer utama. Fungsi utamanya adalah membantu mengurangi beban prosesor komputer utama dalam menangani komunikasi data. Tugasnya antara lain menangani masalah komunikasi di jaringan tersebut, melakukan pengecekan kesalahan, dan tugas-tugas kecil lainnya.

Front End Processor

Semua kegiatan pengolahan data yang menjadi tugas front end untuk membantu kerja prosesor komputer utama.

FrontPage

Software untuk pengembangan web (program pembantu untuk membuat dokumen HTML) dari Microsoft.

FSB

Singkatan dari Front Side Bus, yaitu interface bus utama yang menghubungkan mikroprosesor pada sistem device lain melalui chipset sistem Northbridge. Secara tipikal, FSB memungkinkan proses komunikasi antara memori utama (RAM), chipset sistem, device PCI, kartu AGP, dan periferal bus yang lain. Ia juga menghubungkan chace level 2, kecuali prosesornya memiliki bus backside. Pada mikroprosesor, FSB menghubungkan prosesor dengan memori utama. FSB digunakan untuk mengkomunikasikan motherboard dengan komponen lainnya.

FTAP

Singkatan dari File Transfer Access Method, yaitu metode pengalihan file yang dibuat oleh OSI, berisi fungsi-fungsi dasar pengelolaan.

FTL

Singkatan dari Flash Translation Layer, yaitu sebuah chip memori yang dapat ditulis ulang dan memuat isinya tanpa adanya catu daya. Sering pula disebut chip flash RAM atau flash ROM. Chip tersebut banyak digunakan untuk kamera digital dan media simpan pada aplikasi-aplikasi industri.

Flash chip tersebut menggantikan kedudukan chip ROM BIOS pada PC, sehingga memungkinkan BIOS untuk dapat di-update tanpa harus dipindahkan dari tempatnya. Flash chip pada umumnya memiliki kurun usia dari 100K sampai 300K write cycles. FTL merujuk pada standarisasi file sistem flash yang semuanya menggunakan format data storage yang identik, sehingga memungkinkan interoperabiliti yang sesungguhnya untuk flash media yang bisa dipindahkan, seperti Flash Miniatur Cards.

Full Duplex

Proses transmisi dan pengiriman yang bekerja secara simultan. Suatu kemampuan untuk mentrasmisi dan menerima pada saat yang bersamaan. Pada jaringan digital murni, diwakili oleh dua pasang kabel, sedangkan pada jaringan analog diwakili dengan dua gelombang yang berbeda frekuensi, satu untuk mengirim dan satunya lagi untuk menerima.

Full Screen Editing

Kemampuan penyuntingan naskah atau objek dengan mengarahkan kursor ke sembarang arah di atas layar monitor, dan hasil penyuntingan akan disimpan dalam file. Umumnya ditemui pada program aplikasi di bawah sistem operasi Windows.