Apa Perbedaan Touchpad dan Touch Screen?

  Apa Perbedaan Touchpad dan Touch Screen?

BIBLIOTIKA - Touchpad adalah suatu alat input yang biasanya digunakan pada komputer laptop. Fungsinya adalah sebagai penggerak kursor pada monitor, melalui stimulasi gerakan jari yang menyentuh touchpad tersebut. Dengan fungsi ini pula, touchpad digunakan sebagai pengganti mouse.

Biasanya, touchpad memiliki ukuran yang berbeda-beda, tetapi umumnya tidak lebih dari 50 cm2. Perkembangan touchpad juga terus berlangsung, dan kini fungsinya tidak hanya sebagai penggerak kursor saja, tetapi juga memiliki fungsi untuk scroll ataupun zooming suatu dokumen tertentu.

Sedangkan Touch Screen adalah display yang mampu mendeteksi lokasi koordinat sentuhan. Hal ini memungkinkan touch screen sekaligus menjadi input device, menggantikan keyboard atau mouse. Selain pada komputer, touch screen juga digunakan pada beragam perangkat mobile, termasuk PDA dan smartphone. Beberapa varian lain yang mirip adalah memanfaatkan penggunaan stylus, untuk meningkatkan akurasi pendeteksian koordinat.

Selain Touchpad dan Touch Screen, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Game Online

Game komputer yang dapat dimainkan oleh beberapa pemain sekaligus melalui internet. Biasanya disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau dapat diakses langsung dengan mengunjungi halaman web dari perusahaan yang mengkhususkan diri dalam menyediakan berbagai tipe game.

Game Pad

Suatu sarana untuk bermain game elektronik, atau suatu peralatan tambahan untuk bermain game. Beberapa tipe game pad masih menggunakan pararel port sebagai interface yang menghubungkan game pad dengan PC. Untuk game pad modern, kabel USB sudah digunakan, karena kelebihannya dari segi kecepatan transfer datanya.

Game Paddle

Piranti input yang dipakai untuk menggerakkan kursor di layar monitor dengan menggunakan semacam pelat atau piringan, biasanya digunakan dalam video game.

Gameplay

Elemen kunci dalam sebuah game. Gameplay menggambarkan bagaimana seorang pemain harus bertindak, berinteraksi dengan elemen lain dalam game, atau melakukan gerakan untuk mencapai misi tertentu.

Game Port

Sebuah konektor I/O yang digunakan untuk menyambungkan sebuah joystick atau video game controller yang lain. Game port umumnya berupa socket s15-pin pada bagian belakang PC.

GAM/SP

Singkatan dari Graphics Access Method/System Product.

Gamut

Jumlah keseluruhan warna yang bisa ditampilkan di layar monitor.

Gantt Chart


Diagram batang yang digunakan untuk menampilkan rangkuman sebuah proyek dari waktu ke waktu.

Gap

Ruang antara dua record atau dua blok data dalam sebuah medium penyimpanan.

Gap Digit

Angka yang tidak berisi data atau perintah apapun.

Gap Scatter

Penyimpangan jarak yang dibutuhkan head baca/tulis di atas permukaan magnetik.

Garbage


Istilah untuk data yang salah, gangguan yang muncul di saluran komunikasi, perintah yang tidak tepat, input yang tidak sesuai, dan sebagainya.

Garbage Collection

Program penandaan pada sel-sel memori yang berisi hal-hal yang tidak penting untuk komputer. Pembersihan lokasi penyimpanan data (storage) dari file-file yang tidak aktif lagi. Proses ini secara otomatis dikerjakan pada komputer dengan penyimpanan dinamis.

Gate

Sirkuit digital yang membuat suatu keluaran hanya untuk kondisi masukan tertentu. Setiap fungsi logika seperti AND atau OR dapat ditampilkan dengan gate yang sesuai. Untuk fungsi logika yang lebih kompleks dapat dibuat dengan merangkai beberapa gate menjadi satu.

Gated

Disebut pula Gattdaemon, yaitu sebuah perangkat lunak yang dapat dimiliki secara gratis melalui internet, berfungsi sebagai program pendukung protokol-protokol routing multiple. Dapat juga dimanfaatkan untuk routing.

Gatekeeper

Piranti lunak (software) yang menjadi sentral pengontrol jalur komunikasi VoIP.

Gathering Data

Menggabungkan sejumlah data seperti pada data collection.