Apa Perbedaan RAM dan DRAM?

 Apa Perbedaan RAM dan DRAM?

BIBLIOTIKA - RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu suatu perangkat yang disediakan untuk tujuan menyimpan data dan program yang sedang diproses. Secara otomatis akan dihapus ketika listrik dimatikan. Karenanya, RAM adalah media penyimpanan data sementara pada komputer. RAM bisa diakses meskipun tanpa menggunakan byte sebelumnya. Prosesor Intel menggunakan RAM tipe RDRAM dan SDRAM.

Sedangkan DRAM adalah singkatan dari Dynamic RAM, yaitu memori PC yang dapat dibaca dan ditulisi. Untuk menyimpan data dalam memori, isinya perlu di-refresh secara periodik. Jenis memori ini banyak dipakai pada bagian memori utama yang digunakan untuk rutin proses.

Selain RAM dan DRAM, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Drag

Istilah yang menggambarkan kegiatan menggerakkan mouse sambil tetap menekan tombol mouse.

Drag-and-Drop

Suatu teknik memindahkan item-item tertentu (seperti misalnya icon dan file) di layar monitor dengan menggunakan mouse. Dengan drag-and-drop, pengguna dapat memindahkan item tersebut dengan mengklik dan menyeretnya ke tujuan, kemudian melepaskan seretan tersebut.

Dragmouse

Sama dengan drag, yaitu kegiatan menggerakkan mouse sambil tetap menekan tombol mouse.

Drift

Perubahan yang terjadi pada komponen sirkuit elektronik yang diakibatkan oleh perubahan cuaca atau usia komponen itu sendiri.

Drive 

Pintu, penggerak disk. Sebuah piranti elektronik yang berfungsi untuk memutar disk pada kecepatan tertentu. Dapat pula digolongkan sebagai komponen unit periferal. Drive ada yang bersifat tetap (fixed drive) seperti hard drive atau harddisk, dan ada pula yang dapat dipindah-pindahkan (removable drive), seperti CD-ROM drive, USB flash disk, dan lain-lain.

Drive Bay

Tempat yang disediakan untuk menyimpan harddisk, floppy disk atau perangkat tambahan lainnya pada casing komputer.

Drive Boot

Drive yang berisi sistem operasi yang bisa dibooting.

Drive Mobile

Media penyimpanan yang portabel, atau bisa dibawa kemana-mana.

Drive Motor

Kumparan motorik yang berfungsi untuk memutar logam yang ada di tengah-tengah lempeng magnetis di dalam floppy disk.

Driver

Software yang menjadikan sistem operasi bisa berkomunikasi dengan periferal atau alat lain, misalnya mouse driver untuk mengendalikan mouse. Istilah driver juga bisa digunakan untuk software yang menjalankan suatu hardware tertentu, atau program rutin yang menghubungkan komponen luar dengan sistem operasi.

Drooper

Sebuah program yang menginstal sebuah virus pada komputer. Tetapi, drooper ini bukanlah sejenis virus, melainkan dapat digolongkan sebagai program trojan horse.

Drop Cable

Kabel yang dipakai untuk menyambung Network Interface Card (NIC) dengan media transmisi.

Drop Down Box

Kotak pilihan masukan berbentuk seperti daftar.

Drop-down Menu

Menu yang terbuka ke bawah ketika di-klik, dan tetap terbuka tanpa aksi lebih lanjut.

Drop Outs

Kehilangan data yang disebabkan oleh permukaan disk yang berkurang.

Drop Shadow

Bayangan yang diletakkan tepat di belakang gambar untuk membuat kesan seolah-olah gambar tersebut terangkat dari atas kanvas. (Terdapat dalam Photoshop).

DRP

Singkatan dari Digital Routing Protocol, yaitu protokol yang terdapat dalam produk DECnet Phase IV. Protokol di lapis jaringan model OSI ini mampu membagi jaringan besar ke dalam beberapa bagian dengan menggunakan teknik routing berjenjang.

Drv

Sebuah file driver yang diperlukan untuk mengaktifkan perangkat keras tertentu, pada sistem operasi.

DS

Singkatan dari Dual Screen, yaitu perangkat game yang portabel produksi Nintendo. DS mempunyai desain calmshell yang mengusung bentuk horizontal. Salah satu fitur menariknya adalah touch screen dan koneksi wireless yang menggunakan standar 802.11b untuk koneksi antar perangkat Nintendo DS.

DSA

Singkatan dari Directory System Agent, yaitu software yang menawarkan layanan penyediaan direktori, sebagai direktori segala macam informasi dari suatu organisasi.