Apa Perbedaan MicroSD dan MiniSD?

Apa Perbedaan MicroSD dan MiniSD?

BIBLIOTIKA - MicroSD, disebut pula microSD card, adalah form terkecil dari SD Card, format flash memory super kecil yang dirancang berdasarkan format memory card ScanDisk Transflash. MicroSD biasanya digunakan pada telepon seluler, juga pada perangkat lain seperti GPS, MP3 player, juga drive memory flash yang berbasis USB. Diperkenalkan pada tahun 2004.

Seangkan MiniSD, atau biasa pula disebut MiniSD Card, adalah media penyimpanan yang memiliki ukuran kurang lebih 60 persen dari SD Card, dan mulai diperkenalkan pada tahun 2003.

Selain MicroSD dan MiniSD, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

EXIF

Singkatan dari Exchangeable Image Format, yaitu suatu standar yang diterbitkan oleh Japan Electronics and Information Technology Industries Association (JEITA) pada awal tahun 1998. Informasi EXIF tidak hanya berguna untuk melacak kamera pemotret satu foto saja. Berbagai aplikasi, bahkan sistem operasi, memanfaatkan metadata tersebut untuk menggolongkan foto-foto atau mempermudah pengelolaan berkas-berkas multimedia. Pada masa sekarang, EXIF banyak digunakan pada kamera digital.

Exit

Instruksi untuk keluar dari suatu program komputer.

Expanded Batch

Operasi batch yang diperluas sehingga mampu melakukan pemrosesan data yang lebih kompleks daripada operasi batch pada umumnya.

Expansion

Peningkatan kemampuan komputer dengan jalan menambahkan komponen hardware tertentu sehingga komputer sanggup melaksanakan suatu tugas yang tidak dapat dilaksanakan oleh sistem komputer dasar.

Expansion Card

Komponen tambahan yang terpasang pada komputer.

Expert System

Expert System berupa sebuah program yang menirukan kepakaran seseorang.

Exploit

Sebuah perangkat lunak yang menyerang kerapuhan keamanan (security vulnerability) yang spesifik, namun tidak selalu bertujuan untuk melancarkan aksi yang tidak diinginkan. Banyak peneliti keamanan komputer menggunakan exploit untuk mendemonstrasikan bahwa suatu sistem memiliki kerapuhan.

Secara mudahnya, exploit adalah keberadaan sebuah celah keamanan dalam software yang berjalan di sebuah komputer. Biasanya, melalui exploit inilah hacker menggunakannya sebagai peluang untuk melakukan serangan.

Export File

Mengubah format suatu file ke dalam bentuk tertentu agar dapat dibaca oleh software lain.

Expression

Terdiri dari operand-operand yang berasal dari sebuah konstanta atau variabel, dan diisikan ke dalam pernyataan program sumber untuk dievaluasi sehingga diperoleh nilai tertentu.

Extended LAN

Suatu jaringan lokal yang terdiri dari dua atau lebih jalur data LAN terpisah, baik yang menerapkan media pengendali akses (MAC) yang sejenis maupun yang berbeda.

Extended Memory

Memori tambahan di samping memori utama.

Extended Partition

Partisi kedua pada suatu harddisk yang kedudukannya sejajar dengan primary partition atau partisi utama dari harddisk.

Extended Precission Word

Word dengan ketelitian yang lebih detail dalam aritmatika floating point, berupa data 16 bit.

Extensible Language

Bahasa pemrograman yang dapat diperluas kemampuannya dengan menambahkan beberapa hal baru dan memodifikasi yang telah ada sebelumnya.

Extensible System

Sistem komputer yang dapat diperluas oleh pengguna dengan menerapkan bahasa dari subsistem buatannya sendiri sedemikian rupa, sehingga orang lain juga dapat menggunakannya.

Extension


Nama keterangan file, yaitu tiga huruf yang berada di akhir suatu nama file (setelah titik). Extension akan menunjukkan jenis file tersebut.

External Delay

Penundaan waktu pengoperasian komputer disebabkan oleh faktor-faktor dari luar sistem komputer, dalam hal ini adalah manusia, misalnya operator dan teknisi.

External Device Control

Kemampuan dari peralatan eksternal untuk melakukan interupsi selama mengerjakan suatu tugas.

External Error

Kesalahan fungsi komputer yang disebabkan oleh ketidakberesan alat-alat eksternal.

External Files

File yang tidak langsung diambil oleh browser, seperti beberapa format gambar, suara, video, dan file program lainnya.

External Interrupt

Interupsi yang berasal dari luar sistem komputer, misalnya dari operator ataupun dari peralatan eksternal.