Apa Perbedaan MB dan Mbps?

Apa Perbedaan MB dan Mbps?

BIBLIOTIKA - MB adalah singkatan dari Megabyte, yaitu ukuran untuk kapasitas RAM atau memori komputer. Satu megabyte sama dengan 1.048.576 bytes, atau 8.388.608 bits.

Sedangkan Mbps adalah singkatan dari megabits per second, yaitu ukuran yang digunakan untuk mengekspresikan transfer data di dalam jaringan. Suatu ukuran untuk mengetahui berapa cepat data bisa tersebar dalam sebuah transmisi yang digunakan, dalam hal ini adalah koneksi internet. Satu megabit sama dengan 1000 kilobit atau 1000.000 bit.

Selain MB dan Mbps, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Digitize

Alat untuk mengubah suatu sinyal atau sepotong informasi menjadi berbentuk digital.

Dimension

Jumlah tempat yang dibutuhkan oleh suatu array untuk mengidentifikasikan sebuah elemen.

DIMM

Singkatan dari Dual Inline Memory Module, yaitu sebuah modul memori (RAM) dalam bentuk papan sirkuit yang memiliki chip memori dan memungkinkan dual channel untuk digunakan pada sebuah interface. Bentuk yang paling lazim dari DIMM adalah SDRAM. DIMM adalah penerus teknologi dari SIMM (Single Inline Memory Module). Bentuk yang paling banyak digunakan SIMM adalah EDO (Extended Data Output) dan digunakan pada komputer Pentium yang lama.

Dimmend Command

Sebuah perintah yang tidak dapat digunakan untuk situasi yang sedang berlangsung. Dimend command biasanya ditampilkan dengan warna abu-abu.

DIP

Singkatan dari Dual Inline Package, yaitu salah satu format kemasan komponen DRAM. DIP bisa diinstal, baik pada socket, atau disolder secara permanen pada lubang di permukaan printed circuit board. DIP pada umumnya digunakan untuk memori yang diinstal secara langsung pada motherboard komputer.

DIP-Switch

Singkatan dari Dual In-line Package Switch, yaitu sekumpulan sakelar kecil yang dipasang pada motherboard. Gunanya adalah untuk mengubah setting tertentu, misalnya clock prosesor atau FSB.

DIR

Dalam sistem operasi DOS, DIR berarti perintah untuk menampilkan daftar semua file yang ada dalam disk aktif ke layar.

Direct3D

Salah satu fungsi API pada Microsoft DirectX. API digunakan untuk mengontrol renderring grafis 3D. Secara mudahnya, Direct3D adalah standar output port yang digunakan dari video card ke monitor dengan menggunakan koneksi 15 pin, dan standar ini ditujukan untuk karakteristik data grafis analog.

Direct Access

Kemampuan untuk mendapatkan data dari memori atau meemasukkan data ke memori dengan mudah. Hal ini dikarenakan proses pengaksesan tidak tergantung pada penempatan data sebelumnya, tetapi hanya berdasarkan pada lokasi data.

Direct Address

Sebuah alamat yang tidak menghendaki pengolahan apapun dari komputer.

Direct Interface

Suatu program aplikasi antarmuka yang memungkinkan suatu program langsung meminta layanan ke sub lapisan media pengendali akses.

Direct Lookup

Teknik pencarian item secara langsung. Namun sebelumnya setiap item dalam file harus memiliki sebuah kunci pengenal sebagai relasi langsung antara nilai sebuah kunci dengan posisi item tersebut dalam file. Untuk mencari sebuah item tertentu, program pencarian cukup melaksanakan perhitungan nilai dari kunci tersebut.

Directory

Sekumpulan alamat yang berisi data atau informasi spesifik. Lokasi tempat penyimpanan data atau file (direktory lainnya). Juga terkenal dengan sebutan Folder.

Directory Caching

Salah satu feature dari Novell NetWare yang bertujuan untuk meningkatkan performance. Dalam directory caching, salinan FAT dan directory entry table ditulis ke dalam memori server jaringan. Sebuah lokasi file kemudian dapat dibaca dari memori, yang lebih cepat daripada pembacaan lewat disk.

Directory Hashing

Merupakan metode pengindeksan lokasi file pada suatu disk, sehingga dapat mempercepat waktu yang diperlukan untuk mencari letak file pada disk tersebut.

Directory Services

Suatu layanan jaringan yang menampilkan berbagai informasi untuk mempermudah pengguna jaringan mencari sebuah layanan yang ditawarkan.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.