Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS?

Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS

BIBLIOTIKA - HTTP adalah singkatan HyperText Transfer Protocol, yaitu salah satu protokol atau aturan yang digunakan untuk bertukar informasi di dunia world wide web. Protokol ini digunakan juga untuk mentransfer teks, gambar, grafik, suara, video, dan file multimedia lainnya di web. Semua URL halaman web diawali dengan “http”, meskipun penggunaannya bersifat bebas-pilih.

Sedangkan HTTPS adalah singkatan Secure Hypertext Transfer Protocol, yaitu tambahan keamanan dari HTTP. Program ini melindungi encrypts dan decrypts permintaan dari halaman web. Setiap kali seseorang membayar barang yang dibeli dengan kartu kredit di internet, HTTPS akan melindungi rincian data kartu kredit miliknya.

Selain HTTP dan HTTPS, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

HTTPD

Singkatan dari HTTP Daemon, yaitu server yang menjalankan world wide web (WWW), atau server yang mengirim data untuk ditampilkan oleh browser.

Data Module

Sebuah unit yang terdiri dari disk, ujung perekam (head), dan tangkai penghubung yang terdapat dalam sebuah kaset tertutup.

Data Packet

Paket data. Dalam network TCP/IP (internet), data yang dikirim ke komputer lain dipecah-pecah menjadi paket-paket yang kecil.

Data pre-Fetch

Suatu fitur yang memungkinkan prosesor komputer untuk melihat ke depan, dan mengambil data dari memori sebelum data tersebut dibutuhkan oleh prosesor. Hal ini akan menghasilkan performa yang lebih tinggi pada banyak aplikasi.

Data Prefetch Logic

Suatu fungsi yang bertujuan untuk meningkatkan performa prosesor dan aplikasi. Caranya adalah dengan menyimpan data-data yang dibutuhkan oleh aplikasi, dan akan di-load oleh komputer ke dalam Advanced Transfer Cache.

Data Processing


Sebuah batas yang diterapkan pada perbandingan kecilnya waktu pengerjaan proses penghitungan dan pengolahan data dalam jumlah besar, dari operasi-operasi masukan/keluaran.

Data Rate

Ukuran kecepatan bit data dalam proses transmisi, dihitung dalam bit per detik.

Data Redudancy

Salinan unsur data pada penyusunan file, tetapi isi salinan unsur-unsur data tersebut tidak perlu sama persis.

Data Set

Istilah untuk sekelompok record data yang sama, dan saling terhubung dalam memori komputer.

Data Structure

Cara penyusunan suatu data di dalam memori, dan menghubungkannya dengan komputer. Pemilihan struktur data yang tepat akan menyederhanakan kerja komputer. Beberapa struktur data yang sering dijumpai adalah files, list, stack dan request.

Data Type

Tipe data yang akan digunakan dalam suatu pemrograman.

Data Value

Data aktual atau informasi yang disimpan pada setiap data element.

DAW

Singkatan dari Direct Access Windows, yaitu software utility untuk sistem operasi Windows.

dB

Singkatan dari decibel, yaitu angka yang menunjukkan gain dari penguatan daya output suatu amplifier terhadap daya input. Desibel bisa diartikan pula sebagai ukuran tingkat kebisingan suara.

DBase

Software buatan Ashton Tate. Dengan DBase, pengguna dapat membangun, mengakses, mengolah, dan membuat laporan dari file-file buatannya sendiri.

DBLSPACE

Teknik memperluas ruangan harddisk yang mulai dikenalkan pada MS-DOS versi 6, dan versi-versi di atasnya.

DBMS

Singkatan dari DataBase Management System, yaitu program yang memungkinkan item-item dalam suatu database disusun, diolah dan diperbarui.

DCA

Singkatan dari Document Content Architecture, yaitu protokol dari IBM untuk pengkodean dokumen sebelum dilakukan pengiriman antar sistem.

DCCU

Singkatan dari Data Communication Controller Unit, yaitu suatu unit yang mengendalikan hubungan antar peralatan komunikasi data. Biasanya merupakan bagian terpadu dalam suatu sistem komunikasi data.

DCE (Data Circuit Terminating Equipment)

Peralatan yang melakukan konversi dan pengkodean sinyal, dan menghubungkan DTE pada sebuah jaringan.

DCE (Distributed Computing Environment)

Teknologi buatan Open Software Foundation yang ditujukan untuk mendukung penyebaran penggunaan komputer.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.