Apa Perbedaan Harddisk dan Fdisk?

Apa Perbedaan Harddisk dan Fdisk?

BIBLIOTIKA - Harddisk adalah tempat menyimpan data dalam jumlah besar, suatu media penyimpanan data komputer. Piranti pelengkap penyimpanan data, baik yang dipasang secara permanen di dalam komputer maupun yang ditempatkan di wadah tersendiri. Harddisk biasanya dapat menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar (dalam hitungan giga byte).

Sedangkan Fdisk adalah aplikasi yang sering digunakan untuk membagi harddisk menjadi beberapa bagian. Sebelum harddisk dapat digunakan oleh suatu sistem operasi, maka suatu harddisk harus dibuat menjadi satu atau beberapa bagian logical disk yang juga dikenal dengan istilah partisi. Partisi tersebut akan diterangkan dalam tabel partisi yang ditemukan oleh Master Boot Record pada sector 0 dari harddisk yang digunakan. Aplikasi fdisk sendiri dapat ditemukan pada sistem operasi DOS, Windows dan Linux.

Selain Harddisk dan Fdisk, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

FDM

Singkatan dari Frequency Division Multiplexing, yaitu sistem pengiriman data menggunakan multiplexer dengan cara mencampur data berdasarkan frekuensi. Sandi yang diberikan pada data tidak berpengaruh sehingga FDM disebut code transparent.

FDMA

Singkatan dari Frequency Division Multiple Access, yaitu metode untuk membagi kemampuan saluran satelit menggunakan fixed assignment FDM.

Feather

Filter yang digunakan dalam aplikasi pengolah grafis untuk menghaluskan atau membuat buram tepian gambar. Selain menghaluskan, feather juga memberikan efek airbrush atau cat semprot. Warna akan terkonsentrasi di tengah kuas, dan akan bercampur saat menuju ke tepian.

Feed

Disebut juga feed web atau feed news, yaitu sebuah format data yang digunakan di dunia internet untuk memudahkan penggunanya memperoleh update artikel dari situs atau blog favoritnya. Terdapat dua jenis format utama feed, yaitu RSS Feed dan Atom Feed.

Feedback Loop

Teknik pengendalian sistem dengan cara memakai hasil keluaran sistem terkait dengan masukan sehingga bisa ditentukan adanya penyimpangan atau tidak.

FeedBurner

Sebuah perusahaan online milik Google yang menyediakan layanan RSS Feed. FeedBurner merupakan layanan gratis yang menyediakan RSS Feed dengan berbagai fitur menarik, dan memudahkan pemilik situs atau blog mengumpulkan data statistik RSS Feed situs atau blognya.

Feed Count

Biasanya merujuk pada widget dari FeedBurner yang berfungsi memberikan laporan jumlah pelanggan RSS pada suatu situs atau blog.

Female Connector

Sebuah plug atau socket yang memiliki receptacles. Lawannya adalah Male Connector, yaitu konektor yang memiliki pin.

Ferromagnetik

Material yang mudah termagnetisasi secara permanen apabila didekatkan dengan magnet.

Fetch

Sebuah program software yang dikembangkan oleh Dartmouth College untuk Macintosh. Program ini menyediakan akses ke FTP yang bersifat user friendly.

Fetch Bit

Bit kelima di dalam kunci media penyimpan. Bit ini berfungsi sebagai pelindung blok dari kerusakan parah akibat diakses oleh sembarang program.

FF

Singkatan dari Format Feed, yaitu karakter kendali atau tombol pada printer yang mengakibatkan printer memindah kertas ke bagian atas halaman selanjutnya.

FFA

Singkatan dari Free For All, yaitu suatu page link dimana semua orang dapat menambahkan link secara bebas.

FFM

Singkatan dari Fixed Field Method, yaitu cara menyimpan data, dimana data yang sejenis akan ditempatkan pada lokasi yang hampir sama.

FFS

Singkatan dari Flash File System, yaitu sebuah chip memori yang bisa menyimpan isinya tanpa memerlukan tenaga dari power supply. Sebuah file sistem flash yang terdapat pada bagian-bagian software yang memungkinkan flash untuk digunakan secara similar pada sebuah disk drive.

Biasa disebut dengan istilah flash RAM atau flash ROM chip. Banyak digunakan untuk kamera film digital dan sebagai storage untuk aplikasi industri. Flash chip secara umum memiliki life-spans 100K sampai 300K write cycles.