Apa Perbedaan FTP, FTP Client, dan FTP Server?

 Apa Perbedaan FTP, FTP Client, dan FTP Server

BIBLIOTIKA - FTP adalah singkatan File Transfer Protocol, yaitu suatu protokol atau aturan yang digunakan secara luas di internet untuk mentransfer file dari satu komputer ke komputer yang lainnya. Sebagian sistem FTP mensyaratkan untuk diakses hanya oleh mereka yang memiliki hak untuk itu dengan menggunakan login tertentu. Sebagian lagi dapat diakses oleh publik secara bebas atau secara anonim. Situs semacam yang terakhir itu disebut Anonymous FTP.

FTP Client adalah program atau software yang digunakan untuk menjalankan FTP (File Transfer Protocol). FTP bisa dilakukan melalui browser, namun dengan client atau program ini FTP dapat semakin mudah dikelola.

Sedangkan FTP Server adalah komputer di internet yang menyimpan semua file yang akan ditransmisikan oleh FTP.

Selain FTP, FTP Client, dan FTP Server, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

DAS (Direct Access Storage)

Alat penyimpan yang memungkinkan pengaksesan langsung ke data yang dibutuhkan.

DAS (Dual Attachment Station)

Stasiun dengan dua media penghubung antarmuka sehingga dapat dihubungkan dengan dua bagian jalur transmisi full duplex terpisah pada jaringan bertopologi ring.

DASD

Singkatan dari Direct Access Storage Devices, yaitu sebuah disk drive yang mengkondisikan piringan penyimpan data selalu dalam keadaan online.

Dashboard

Dalam blog, dashboard adalah sebuah tampilan yang berisi kontrol-kontrol, tool, setting, dan lain-lain, yang muncul pada saat pengguna login ke blog account.

Databits

Bit-bit yang memuat informasi-informasi penting, yang terdapat pada aliran bit yang dikirim oleh komputer ke piranti periferal komputer lain. Bit tersebut biasanya berfungsi untuk mengindikasikan apakah sebuah karakter atau fungsi sudah benar, dan apakah akan mulai diaktifkan atau dihentikan.

Data Bus

Jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran akan menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

Data Compression Devices

Peralatan yang berfungsi mengkompresi data hingga jumlah bitnya lebih sedikit dari sebelumnya. Pemadatan data bertujuan untuk memperbanyak dan mempercepat pemindahan data.

Data Dictionary

Daftar unsur-unsur data yang masing-masingnya dilengkapi dengan penjelasan.

Data Element

Unit terkecil dari suatu data.

Data Encryption Key

Kunci yang digunakan dalam proses penyandian data, yang sekaligus digunakan dalam pengujian penerimaan data.

Datagram

Sebuah paket informasi yang berisi data dan header yang berisi asal data, alamat tujuan, isi data, dan hubungannya dengan datagram lain yang dikirim. Semuanya ini dilakukan dengan memanfaatkan protokol TCP/IP. Informasi tersebut berguna untuk mengirimkan data dari pengirim ke tujuan.

Datagram Delivery Protocol

Protokol yang memberikan layanan pengiriman datagram secara connectionless pada lapis jaringan model OSI.

Data Hierarchy

Struktur atau susunan data yang terdiri dari set dan subset, dimana set data tingkatannya di atas subset data.

Data Independence

Metode mengubah pola data dari suatu isi data dan cara menyimpannya, sehingga perubahan yang terjadi tidak menyebabkan suatu program aplikasi ditulis kembali.

Data Link

Metode pengiriman data dari suatu tempat ke tempat lain. Bisa berupa saluran telepon, kabel coaxial, gelombang radio, gelombang mikro, bahkan sinar laser.

Data Link Layer

Lapisan kedua dari model OSI, yaitu lapisan yang bertugas mengatur hubungan antara pengirim dan penerima, dan memastikan pesan sampai ke tujuan dengan baik.

Data Link Protocol

Protokol yang bertugas melakukan pembentukan hubungan, melakukan perawatan, dan sebagainya, pada suatu hubungan antar simpul dalam jaringan.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.