Apa Perbedaan Firewall dan Firmware?

Apa Perbedaan Firewall dan Firmware

BIBLIOTIKA - Firewall adalah suatu piranti yang menentukan informasi yang dapat masuk dan keluar melaluinya. Firewall merupakan kombinasi dari hardware ataupun software untuk mencegah perusakan sistem keamanan (seperti pencurian data atau virus) pada sebuah LAN. Komputer pada sebuah LAN berkomunikasi dengan dunia luar (internet) melalui firewall.

Sedangkan Firmware adalah kategori dari chip memori yang menunjukkan komponen penyusunnya sebelum disambungkan dengan aliran listrik. Firmware juga bisa diartikan sebagai software yang dituliskan ke dalam ROM, tidak dapat diganti-ganti tanpa pengubahan secara fisik. Misalnya untuk komputer yang mengendalikan proses produksi.

Selain Firewall dan Firmware, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Firewire

Bus yang merupakan hasil pengembangan Apple dan Texas Instrument, yang termasuk ke dalam serial high speed. Bus ini memungkinkan hubungan pada 63 devices ke atas. Dikenal pula dengan sebutan IEEE 1394 standard, dengan spec yang memiliki transfer rate 100, 200, dan 400Mbits/detik. Fungsi-fungsi yang didukung oleh Firewire adalah Hotswapping. Firewire dipakai secara luas untuk menghubungkan peralatan video ke komputer.

DECNET

Software jaringan khusus untuk komputer digital yang mirip dengan OSI. DECNET memiliki kemampuan menjadi bagian dari jaringan yang memakai standar X.25 atau IBM SNA.

DECnet/OSI

Protokol DECnet yang kompatibel dengan phase V produksi Digital Network Architecture (DNA). Protocol ini mendukung sistem terbuka OSI.

Decoder

Bisa berupa software atau hardware yang dipergunakan untuk mengubah data audio maupun video dari bentuk format digital, menjadi bentuk aslinya.

Decoding

Metode pengubahan suatu format menjadi data digital. Decoding adalah lawan dari encoding.

Decompress

Mengembalikan file-file yang telah dimampatkan (compress) ke keadaan semula.

Decreament

Upaya untuk mengurangi nilai suatu variabel, satu demi satu.

Decryption

Mengubah kembali hasil enkripsi ke bentuk aslinya, sehingga informasi tersebut dapat dibaca.

Dedicated

Peralatan yang dibuat untuk menjalankan satu fungsi saja. Misalnya mikroprosesor.

Dedicated Hosting

Salah satu tipe dari layanan hosting yang memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk meletakkan file-file situsnya pada sebuah server yang khusus disewakan kepada pelanggan oleh penyelenggara jasa layanan.

Dengan cara ini, maka pengisi data akan mempunyai keleluasaan dalam mengembangkan muatan maupun aplikasi pada servernya, dan dijamin unjuk kerjanya akan tetap baik. Sebagai kelengkapan fasilitas bagi penggunaan dedicated hosting provider adalah diberikannya backup sumber listrik (catudaya), dan beberapa sambungan utama ke internet.

Dedicated Line

Sebuah jalur komunikasi yang disiapkan untuk satu kegunaan saja.

Dedicated Server

Peminjaman dan penggunaan secara eksklusif sebuah komputer yang termasuk web server, software terkait, dan koneksi ke internet, untuk disimpan dalam perusahaan web hosting.

Dedicated System

Sistem komputer yang sengaja dibuat untuk mengerjakan satu tugas saja. Contohnya adalah sistem komputer yang hanya untuk pengolahan angka.

Dedicated Terminal

Terminal komputer yang dirancang hanya dapat berinteraksi dengan satu sistem pengolahan data saja, melalui saluran penghubung yang telah ditetapkan.

Deep Linking

Sejenis hyperlink dari satu website atau result page, dari situs web yang berbeda. Banyak result page search engine yang menyediakan deep link ke sejumlah situs web, karena index pada search engine biasanya berisi halaman dari berbagai situs web tersebut.

Deep Sea Tycoon

Game yang dikembangkan oleh Anarchy Enterprises dan Unique Entertainment. Pada game ini, pemain diharuskan membangun pemerintahan di bawah laut dengan semua latar belakang yang berbau kelautan.

Deep Sleep

Disebut juga Deeper Sleep, yaitu sebuah model power manajemen dinamis. Teknologi ini membuat umur baterai lebih panjang. Deeper sleep mengurangi konsumsi energi oleh CPU. Misalnya apabila komputer menyala, tetapi tidak diaktifkan, maka setelah beberapa saat akan masuk ke dalam mode deep sleep. Teknologi ini sering digunakan pada laptop atau notebook.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.