Apa Perbedaan EGA dan VGA?

Apa Perbedaan EGA dan VGA

BIBLIOTIKA - EGA adalah singkatan Enhanced Graphics Adaptor, yaitu salah satu standar resolusi monitor. EGA mampu menampilkan 16 warna dalam model grafik, satu tingkat di atas monitor CGA. Monitor dengan card EGA mampu menampilkan 16 warna pada bentuk teks (80 x 25 karakter atau 40 x 25 karakter), 16 warna pada bentuk resolusi rendah dan 4 warna pada resolusi tinggi, dan tampilan grafik 640 x 350 titik.

Perkembangan dari jenis EGA di antaranya adalah ATI Technologies Inc. dengan card bernama EGA WONDER, yang dapat menampilkan 132 x 25 karakter. Monitor jenis EGA masih memakai konektor monitor yang sama dengan monitor jenis CGA dan Monochrome.

Sedangkan VGA adalah singkatan Video Graphics Array, yaitu suatu resolusi image atau video yang berukuran 640 x 480 piksel.

Selain EGA dan VGA, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

VGA Card

Komponen komputer yang difungsikan untuk mengolah grafik, untuk ditampilkan ke dalam layar monitor.

CREN

Singkatan dari Corporation of Research & Educational Networking, yaitu suatu jaringan kerja hasil penggabungan dari BITNET dan CSNET.

CRON Script

Disebut pula CRON Job, yaitu daftar dari satu atau lebih perintah dalam sistem pengoperasian komputer atau application server yang diproses dalam waktu tertentu.

Cross-Post

Memposting pesan yang sama pada newsgroup yang berbeda, dan umumnya dikirim tanpa membubuhkan subjek.

Cross Reference

Notasi atau daftar dalam file yang menunjukkan bahwa sebuah data telah tersimpan di suatu tempat.

Crosstalk

Gangguan dalam proses pengiriman data atau informasi antar stasiun, berupa masuknya sinyal yang tidak diinginkan dari jalur yang terletak berhimpitan. Crosstalk sering terjadi pada pengiriman jarak jauh atau sinyal berfrekuensi tinggi.

CRT

Singkatan dari Cathode Ray Tube, yaitu suatu teknologi yang dipakai untuk membuat sistem tampilan monitor komputer menggunakan tabung sinar katoda. Tabung sinar katoda berfungsi sebagai tempat ditembakkannya elektron, sehingga memunculkan citra yang bisa kita lihat di layar monitor. CRT merupakan jenis monitor yang menggunakan tabung besar sebagai display, yang biasanya kita temukan pada pesawat televisi konvensional.

CRTP

Singkatan dari Concurent Real Time Processing, yaitu kemampuan komputer untuk melaksanakan beberapa tugas dari beberapa program, dengan waktu yang bersamaan. Masing-masing proses secara khusus akan dihubungkan dengan time frame.

CSD

Singkatan dari Circuit Switched Data, yaitu suatu protokol transfer data yang memiliki kecepatan 8 Kbps.

CSI

Singkatan dari Crime Scene Investigation, yaitu sebuah game ber-genre petualangan yang dikembangkan oleh Ubisoft. Dalam game tersebut pemain berperan sebagai penyidik kriminal yang dilengkapi berbagai alat forensik untuk mengungkap suatu kejahatan.

CSMA

Singkatan dari Carrier Sense Multiple Access, yaitu protokol yang biasa digunakan dalam ethernet pada proses pentransferan data atau informasi.

CSMA/CA

Singkatan dari Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance, yaitu media kendali akses dengan kemampuan membuat setiap sistem akan memantau carrier selama proses transmisi. Ketika proses pentransmisian data atau informasi selesai, masing-masing sistem akan berhenti untuk sementara waktu. Apabila tidak terdapat sistem lain yang memulai transmisi, maka sistem yang telah lewat waktu tunggunya dapat memulai pengiriman kembali.

CSMA/CD

Singkatan dari Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection, yaitu media kendali akses dengan kemampuan melakukan transmisi ulang apabila terjadi tumbukan.

CSN

Singkatan dari Circuit Switched Network, yaitu model komunikasi yang jalur tujuan untuk pengiriman paket-paket data/informasinya sudah dibangun di antara dua host.

CSNET

Singkatan dari Computer Science Network, yaitu sebuah jaringan layanan e-mail yang ditujukan untuk para pengguna yang ingin mendalami ilmu komputer. CSNET membentuk CREN bersama BITNET.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.