Apa Perbedaan Domain dan Domain Name?

Apa Perbedaan Domain dan Domain Name

BIBLIOTIKA - Domain adalah suatu tempat yang ada di internet yang menyimpan resource yang ingin diakses. Nama domain biasanya memiliki dua bagian, yaitu nama organisasi, dan nama sub domain. Di dalam Local Area Network (LAN), domain merupakan sub jaringan yang terdiri dari sebuah group client atau server di bawah kendali sebuah security database.

Suatu domain bisa menyimpan satu, ataupun berjuta-juta resource, bergantung dari pemilik domain. Domain juga bisa diartikan sebagai alamat di internet, yang juga merujuk ke sebuah negara di mana situs web tersebut digunakan.

Sedangkan Domain Name adalah bagian dari URL atau alamat situs yang menunjukkan kepemilikan, misalnya namaanda.com menunjukkan alamat itu dimiliki oleh namaanda.

Selain Domain dan Domain Name, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

DHCP

Singkatan dari Dynamic Host Configuration Protocol. DHCP berfungsi untuk memberikan IP address secara otomatis pada komputer yang menggunakan protokol TCP/IP. DHCP bekerja dengan relasi client-server, dimana DHCP server menyediakan suatu kelompok IP address yang dapat diberikan pada DHCP client. Dalam memberikan IP address ini, DHCP hanya meminjamkan IP address tersebut. Jadi pemberian IP address berlangsung secara dinamis. 

DHTML

Singkatan dari Dynamic HTML, yaitu tipe lanjutan dari HTML yang mengandung lebih banyak keistimewaan, seperti animasi.

DIA

Singkatan dari Document Interchange Architecture, yaitu protokol dari IBM untuk pengiriman dokumen antar sistem.

Diaphragm

Atau diafragma, yaitu individual berbentuk kerucut atau kubah yang ada di dalam speaker, yang berfungsi untuk mengompres atau menjernihkan udara, sehingga tercipta gelombang suara, seperti woofer, tweeter, dan sejenisnya.

Diagnostic Check

Program yang mengkondisikan komputer melalui pengecekan untuk meneliti apakah ada yang tidak berfungsi dengan semestinya.

Diagnostic Message

Pesan yang muncul ketika ditemukan kesalahan saat mencoba mengkompilasi program, sehingga kesalahan yang disebutkan dapat segera diperbaiki.

Diagnostic Routine

Rutin program yang bertugas menemukan kesalahan fungsi sistem, atau kesalahan penulisan kode.

Diagram Object

Salah satu alat dalam perancangan sistem yang digunakan untuk menjelaskan seputar nama objek, atribut, dan metode yang dipakai.

Dial

Proses terhubungnya komputer ke suatu stasiun atau sebuah alamat internet melalui saluran komunikasi.

Dial Line

Istilah lain untuk menyebutkan penghubung saluran (switch connection).

Dialogue Box

Biasa diartikan sebagai kotak dialog, yaitu jendela atau kotak kecil yang muncul di layar monitor setelah pengguna mengetik tombol tertentu. Dialogue Box berisi informasi atau pilihan isian, yang fungsinya sebagai peminta informasi atau penuntun dalam mengerjakan sesuatu dengan komputer.

Differential Encoding

Teknik pengkodean data pada sinyal digital, dan nilai biner ditentukan berdasarkan perubahan sinyal—bukan oleh tingkat sinyal.

Diffusion Dithering

Suatu metode dithering yang mendistribusikan piksel secara random atau acak, sebagai alternatif dari penggunaan suatu pola tertentu.

Digest

Metode yang digunakan server web untuk mengacak username dan password yang dikirim oleh browser.

Digg

Situs sosial bookmarking yang terkenal di dunia. Digg merupakan situs yang dihidupi oleh penggunanya, dimana anggota komunitas Digg memberikan vote terhadap sebuah artikel yang akan tampil di halaman depan situs tersebut.

Digital

Sinyal yang seperti pulsa, artinya antara bagian-bagian sinyal terlihat terputus-putus. Bagian yang di atas digambarkan sebagai 1 dan bagian yang di bawah digambarkan sebagai 0.

Digital Camera

Kamera digital merupakan perkembangan dari kamera analog. Sebuah kamera digital mengambil foto yang kemudian dapat dimasukkan (dipindahkan) ke dalam komputer. Sebagian besar kamera digital dibuat dengan menyertakan software image editing yang dapat digunakan untuk melihat dan mengedit foto yang telah diambil.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.