Apa Perbedaan Disable dan Disconnect?

Apa Perbedaan Disable dan Disconnect?

BIBLIOTIKA - Disable adalah perintah untuk membuat sebuah peralatan/item yang dimaksud menjadi tidak berfungsi, atau mematikan suatu fitur tertentu agar tidak dapat berfungsi. Suatu desactiver yang berfungsi untuk menonaktifkan sebuah fitur.

Sedangkan Disconnect adalah istilah untuk menyatakan pemutusan hubungan dengan saluran komunikasi atau keadaan tidak terhubung dengan jaringan manapun. Disconnect dapat terjadi atas permintaan client, atau gangguan pada jaringan. 

Selain Disable dan Disconnect, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet yang perlu kita tahu.

AutoCorrect

Kemampuan program pengolah kata (word processor) untuk mengoreksi kata yang salah ketik dengan kata yang benar, namun sebelumnya kata yang benar tersebut harus dimasukkan terlebih dulu ke dalam daftar yang tersedia.

Auto Dial

Kemampuan sistem komputer untuk dapat langsung memutar nomor telepon tujuan, dan modem akan segera bekerja bila telah tersambung.

Autoexec.bat

Merupakan singkatan dari Automatic Execution, yaitu sebuah file batch yang dibuat untuk menjalankan tugas-tugas tertentu yang diinginkan pengguna secara otomatis pada saat komputer dihidupkan.

Autofocus

Suatu alat yang bisa mengatur kamera agar secara otomatis mengatur fokus pada sesuatu yang tampak di tengah jendela pembidik, sehingga fotografer tidak perlu mengatur lensa secara manual.

Auto Indexing

Penentuan kata kunci yang dilakukan oleh komputer secara otomatis, sebagai indeks masukan sebuah dokumen.

Auto Login

Sebuah fasilitas dalam lingkungan jaringan yang mengatur usaha login seorang pengguna (user).

Automatic Programming

Pemrograman secara otomatis untuk mempersiapkan perintah-perintah bahasa mesin dalam penggunaan komputer.

Automatic Stop

Penghentian jalannya program komputer secara otomatis oleh alat pendeteksi, karena ditemukannya kesalahan pada proses operasi program tersebut.

Automattic

Perusahaan yang didirikan oleh Matt Mullenweg yang mengembangkan Wordpress.org (software blog), Wordpress (hosting), dan juga proyek-proyek lainnya.

Autonomous System

Rangkaian sejumlah host dan router di bawah pengawasan seorang authoriti tunggal.

Autoplotter

Sebuah mesin yang secara otomatis akan menggambar grafik berdasarkan data yang dimasukkan.

Autoresponder

Software yang akan mengirim pesan e-mail secara otomatis pada jadwal yang telah diatur. Pesan e-mail tersebut akan terkirim secara otomatis pada saat pelanggan memasukan informasi e-mail mereka melalui form yang terdapat pada situs.

Autoshapes

Kemampuan program pengolah kata untuk membuat teks secara tiga dimensi, kotak tiga dimensi, kotak teks, dan lain-lain.

Autotexec.BAT

Text file dari perintah yang dieksekusi secara otomatis ketika sebuah komputer dinyalakan atau dalam kondisi start up. Perintah di dalam file tersebut mengatur path dan prompt serta men-start sejumlah program lain.

Autotext

Kemampuan program pengolah kata untuk memasukkan sebuah kata ke dalam tombol keyboard, sehingga sebuah kalimat yang panjang dapat ditulis hanya dengan menekan tombol yang berperan sebagai shortcut kata/kalimat tersebut.

Auxilary Line-in

Salah satu input line dari speaker atau perangkat audio yang dapat digunakan oleh perangkat output audio, misalnya komputer, player, televisi, dan lain sebagainya.

Auxilliary Memory

Memori tambahan di samping memori utama, misalnya flash disk.

Available on Disk

Menyatakan banyaknya area di dalam disk yang masih kosong, dan siap untuk ditempati data.

Avatar

Representasi dari seseorang di dunia maya (virtual). Ikon (icon) dalam bentuk grafis yang mewakili orang atau sesuatu dalam dunia web, game, atau aplikasi. Bentuk avatar bermacam-macam, dan umumnya bisa berubah bentuk sesuai dengan keinginan penggunanya.

Average Seek Time

Waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan head baca/tulis dari silinder yang satu ke silinder yang lain di dalam harddisk.

AVI

Singkatan dari Audio Video Interleave, yaitu format komputer multimedia yang diperkenalkan oleh Microsoft pada November 1992 sebagai bagian dari teknologi Video for Windows, dan merupakan salah satu standar format yang digunakan oleh Microsoft untuk file video yang bisa dibaca oleh komputer yang berjalan di atas sistem operasi Windows.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.