Apa Perbedaan Attach dan Attachment?

Apa Perbedaan Attach dan Attachment?

BIBLIOTIKA - Attach adalah perintah untuk melacak dan memasukkan program ke dalam memori. Pada jaringan komputer, attach berarti perintah untuk memasuki server pada suatu jaringan.

Sedangkan attachment adalah fasilitas pada sebuah program e-mail, baik program komputer maupun webmail, yang dapat digunakan untuk mengirimkan file atau gambar yang diikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.

Selain Attach dan Attachment, berikut ini beberapa istilah lain yang juga kerap kita temui di dunia komputer/internet, yang juga perlu kita tahu.

Aperture Grill

Terdiri dari banyak kawat vertikal. Pada monitor, pixel pada layar fosfor diatur dalam bantuk garis vertikal. Ketika piston elektron melakukan scan pada satu baris, kawat ini mengisolasi pixel yang difokuskan oleh setiap cahaya.

Teknik aperture grill memiliki kelebihan apabila dibandingkan teknik shadow masking. Kelebihan yang pertama, penggunaan kawat memungkinkan lebih banyak energi yang dapat dilalui dari pistol elektron yang akan menghasilkan gambar yang lebih terang, dan kelebihan yang kedua adalah resolusi vertikal berpotensi akan lebih besar.

API

Singkatan dari Application Programming Interface, yaitu sebuah gabungan perintah dan urutan intruksi yang dapat digunakan pengembang software untuk mendesain game dan aplikasi. Dengan adanya standar API tersebut, maka pengembang tidak harus melakukan spesifikasi atas aplikasi yang dibuatnya berdasar arsitektur hardware tertentu. Intinya, API memiliki fungsi sebagai perantara yang menghubungkan antara pengembang atau programmer dengan hardware.

APJII

Singkatan dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

APL

Singkatan dari ADA Programming Language, yaitu bahasa pemrograman yang dibuat oleh para teoritikus, yang dirancang untuk diterapkan pada terminal jarak jauh.

Aplikasi

Program atau piranti lunak (software) yang dapat dijalankan atau difungsikan.

APM

Singkatan dari Affiliate Program Manager, yaitu orang yang bertanggung jawab menjalankan program affiliate. Tugas seorang affiliate program manager adalah menjaga hubungan dengan affiliate secara teratur, menjalankan program marketing dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut masalah program affiliate perusahaan mereka.

APNIC

Lembaga yang mengurus pengaturan domain di benua Asia.

APPC

Kemampuan sebuah protokol SNA untuk mengadakan komunikasi antara beberapa program dalam jaringan tersebut tanpa menyertakan sistem host pada umumnya.

Append

Perintah dalam aplikasi pengolahan file untuk menambahkan sebuah record baru pada suatu file atau menggabungkan file baru dengan file lama.

Apple Computer

Lengkapnya, Apple Computer Inc., biasa disingkat dengan sebutan Apple saja, yaitu perusahaan Silicon Valley yang berbasis di Cupertino, California, dan didirikan pada tahun 1976 oleh Steven Jobs dan Steve Wozniak. Apple bergerak dalam bidang komputer, dan membantu mengawali revolusi komputer pribadi pada tahun 1970-an dengan produknya, Apple II—hingga sampai pada produk Macintosh.

Apple Remote

Alat pengendali iPod dari jarak jauh yang penggunaannya harus disertai dengan Universal Dock.

Applet

Program kecil yang dibuat dari bahasa Java (bahasa program yang dibuat oleh Sun Microsystem), yang juga cukup kecil untuk di-download oleh browser. Applet juga merupakan miniatur aplikasi yang ditransfer melalui internet, terutama sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas web page. Seorang pengelola web page sering menempatkan applet di antara halaman HTML sebagai tipe program asing.

Application

Software yang dibuat oleh suatu perusahaan komputer untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu. Misalnya Ms-Word, Ms-Excel, dan lain-lain.

Application Interface

Sekumpulan software yang memungkinkan programmer untuk memasuki suatu sistem dan memakai layanan yang disediakan di dalam suatu jaringan.

Application Layers

Lapisan paling atas dari protokol model OSI (open system interconnections). Tugasnya mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan pertukaran data/informasi antara pemakai, software aplikasi, maupun peralatan dalam sebuah sistem.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.