Apa Perbedaan ASCII dan ASCII Art?

Apa Perbedaan ASCII dan ASCII Art

BIBLIOTIKA - ASCII adalah singkatan dari American Standard Code for Information Interchange, yaitu sebuah standar yang terdiri dari angka-angka biner untuk mewakili karakter dan sistemnya. Kode ASCII berupa karakter 8 bit berbentuk angka 1 dan 0 yang mewakili karakter-karakter alpha numeric, dipergunakan untuk menampilkan teks di dalam komputer dan mentransmisi teks antar komputer dan perlengkapan periferal. Secara mudahnya, file ASCII adalah istilah lain dari file teks. Pesan pada e-mail, newsgroup ataupun dokumen HTML adalah contoh dari file ASCII.

Sedangkan ASCII Art adalah gambar yang dibuat dengan menggunakan huruf ASCII (yang ada pada tombol keyboard), seperti: @, /, \, $, dan lainnya. Gambar ASCII dapat dibentuk hanya dengan menggunakan fixed width font.

Selain ASCII dan ASCII Art, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet yang perlu kita tahu.

Ascending Sort

Teknik pengurutan dengan cara menyusun data atau informasi dari nilai terendah ke nilai tertinggi.

ASF

Singkatan dari Advanced System Format, yaitu salah satu jenis file audio-video. ASF menyimpan data multimedia yang tersinkronisasi, yang mendukung pengiriman data melalui jaringan dan protocol.

ASIC

Singkatan dari Application Specific Integrated Circuit, yaitu sirkuit terpadu dalam sistem komputer yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Ask an Expert

Sebutan untuk situs yang dikelola oleh seorang ahli atau pakar. Di situs “Ask an Expert” biasanya terdapat para ahli dalam berbagai bidang yang memberikan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang dikirim. Meskipun beberapa situs “Ask an Expert” bersifat gratis atau cuma-cuma, namun beberapa situs lainnya membebankan biaya untuk setiap pertanyaan yang dikirim melalui e-mail, atau biaya per menit untuk setiap nasihat atau jawaban yang diberikan.

ASP (Active Server Pages)

Bahasa program buatan Microsoft yang memadukan server-side scripting dan HTML, untuk membuat sebuah halaman web yang dinamis (dynamic pages).

ASP (Application Service Provider)


Suatu usaha yang menawarkan akses berupa penggunaan aplikasi perangkat lunak, kepada pengguna individu ataupun perkantoran melalui sarana internet. Pada dasarnya, ASP adalah suatu Independent Software Vendor (ISV) atau Internet Service Provider (ISP) yang memanfaatkan internet sebagai sarana penyampaian sehingga program aplikasinya bisa berfungsi.

ASR

Singkatan dari Automatic Send and Receive, yaitu kemampuan suatu peralatan untuk menerima dan mengirim data tanpa bantuan manusia.

Assembler

Suatu program yang berfungsi untuk mengkonversi program dengan bahasa Assembly ke dalam bahasa mesin.

Assembly

Proses penerjemahan program yang ditulis dengan bahasa pemrograman simbol ke dalam bahasa mesin.

Assembly Language

Bahasa pemrograman tingkat rendah yang lebih menyerupai bahasa mesin dalam bentuk yang mudah diingat.

Associate

Istilah lain dari affiliate.

Associative Memory

Teknik pemanggilan data. Dalam Associative Memory, data tidak diambil dari memori berdasarkan alamat, tetapi berdasarkan pola yang ada di dalam data tersebut.

Asynchronous

Suatu metode pengiriman data dengan cara dikirimkan satu per satu karakter tiap satuan waktu. Sinkronisasi akan dilakukan setiap kali karakter diterima, dengan bantuan bit awal dan bit akhir.

AT

Singkatan dari Advance Technology, yaitu jenis komputer yang dikeluarkan perusahaan IBM setelah model XT. Kecepatan AT lebih tinggi daripada XT.

ATA

Singkatan dari Advanced Technology Attachment, yaitu suatu interface standar untuk harddisk dan menggunakan kabel konektor 40-pin. ATA merupakan spesifikasi untuk IDE Drive yang menghubungkan antara motherboard dengan harddisk dan CD ROM. ATA juga menunjukkan kecepatan transfer data yang bisa dilakukan dari dan ke harddisk. ATA memiliki beberapa nama, di antaranya ATA-7, ATA/133, ATA/ATAPI-7, UDMA 6, Ultra-DMA/133, dan lain-lain.

ATAPI

Singkatan dari Advanced Technology Attachment Packet Interface, yaitu sistem kontrol untuk perangkat digital, seperti CD-ROM dan harddisk drive.

ATA-PI

Singkatan dari ATA Packet Interface, yaitu desain standar untuk device seperti CD-ROM dan tape drive yang disambungkan ke interface ATA (IDE) konvensional.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.