Apa Pengertian Interface?

Apa Pengertian Interface

BIBLIOTIKA - Interface adalah hubungan antara dua komponen elektronik atau antar muka. Penghubung dan sarana interaksi antara hardware, software, dan pengguna. Antarmuka atau interaksi antara komputer dengan sesuatu yang lain, termasuk pengguna, piranti periferal, atau wahana komunikasi. Perintah, pesan, citra, atau elemen lain, yang memungkinkan terjadinya interaksi antara komputer dengan penggunanya. Interface juga bisa diartikan sebagai tampilan dari sebuah program.

Selain Interface, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Dual-Mode Mobile Phone

Handset ponsel yang memiliki dua socket kartu SIM atau RUIM, dan bisa digunakan secara sendiri-sendiri (satu kartu) atau secara bersamaan (dua kartu sekaligus).

Dumb Server

Suatu server, dimana klien-klien yang dilayaninya tidak memiliki program aplikasi sendiri, sehingga seluruh program aplikasi yang dibutuhkan dan aktivitas-aktivitas klien dilakukan oleh server tersebut.

Dumb Terminal

Komputer yang hanya dapat menampilkan apa yang dapat diterima, dan tidak dapat melakukan pemrosesan lain—sebuah terminal displai tanpa kemampuan processing. Terminal ini sepenuhnya bergantung pada komputer utama untuk pemrosesannya. Istilah dumb terminal juga digunakan untuk menyebut beberapa mainframe dan terminal minicomputer (3270, 5150, dan sebagainya), karena sejumlah kemampuan built-in screen displai yang dimilikinya.

Dummy Statement

Pernyataan yang tidak mengakibatkan komputer melakukan apapun, sekadar sebagai tempat untuk memasuki sebuah label yang dibutuhkan sebagai titik referensi.

Dump

Teknik pencarian masalah, yaitu dengan cara mencetak isi dari memori komputer. Hasilnya akan tampak seperti naskah yang acak-acakan dan sangat sulit diartikan. Dump juga merupakan istilah bagi kegiatan pengiriman sejumlah besar data dari satu alat ke alat lain.

DUN

Singkatan dari Dial-up Networking.

Duplex

Transmisi simultan dari sinyal pada lalu-lintas dua arah, atau jalur komunikasi yang mampu melakukan pengiriman data dua arah. Bisa pula disebut sistem komputer yang menggunakan dua CPU yang saling terhubung.

Duplexed System

Lingkungan komunikasi data, yaitu sistem yang memiliki dua alat yang berbeda dan tidak saling mempengaruhi. Setiap alat mampu melaksanakan fungsinya, dan ada kemungkinan salah satu alat akan dianggap sebagai cadangan.

Duplicate Content

Konten hasil duplikasi (biasanya berupa artikel atau teks) dalam sebuah situs atau blog. Search engine biasanya cenderung menjatuhkan pinalti untuk situs atau blog dengan konten-konten hasil duplikasi.

Duplicate Tab

Menduplikasi tab, mengijinkan pengguna untuk membuka halaman yang sama pada window yang baru, atau window yang sama.

DV

Singkatan dari Digital Video, yaitu format digital yang digunakan untuk perekaman digital audio dan video. Kamera DV memakai kaset tape, dan memiliki dua jenis—yang berukuran kaset mini DV dapat merekam selama 60 menit, sedang yang kaset standar DV bisa merekam selama 270 menit.

DVB-H

Singkatan dari Digital Video Broadcast for Handheld, yaitu suatu fungsi video streaming yang dikhususkan untuk perangkat elektronik kecil yang mudah dibawa-bawa (portabel).

DVI-I

Merupakan salah satu varian DVI yang dapat dilalui sinyal analog maupun digital. DVI sendiri merupakan konektor yang digunakan pada monitor LCD yang sangat efektif untuk mengurangi noise pada video ketika dilakukan konversi dari digital ke analog, dan kembali ke digital lagi.

DWDM

Singkatan dari Dense Wavelength Division Multiplexing, yaitu suatu aplikasi komunikasi sistem jarak jauh.

Dye

Pelapis CD yang digunakan untuk merekam data saat laser melakukan writing. Warna disc ditentukan oleh jenis dye yang digunakan, misalnya cyannie, metallized, azo, formazan, dan lain-lain.

Dynamic

Proses penelitian selama program dieksekusi.

Dynamic Adaptive Routing

Pengaturan lintasan komunikasi secara otomatis yang berdasar pada kondisi jaringan aktif saat itu.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.