Apa Pengertian Default dan Default Setting?

Apa Pengertian Default dan Default Setting

BIBLIOTIKA - Default adalah hasil penyetelan tetap untuk menjalankan sebuah program atau aplikasi, atau pengaturan sesuai dengan keadaan asli. Reaksi atau setting dan operasi tertentu yang secara otomatis dilakukan hardware atau software apabila pengguna tidak memberikan perintah tertentu yang spesifik.

Program aplikasi memiliki banyak default yang menentukan banyak hal, mulai dari karakter font, hingga bentuk saving file. Default juga mengimplikasikan bahwa suatu setting dapat diubah atau dimodifikasi.

Sedangkan Default Setting adalah suatu parameter tetap pada program komputer atau peralatan yang selalu digunakan bila tidak diubah oleh pengguna komputer.

Selain Default dan Default Setting, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Deference Process

Proses pengawasan status transmisi dan penentuan dimulainya waktu pengiriman.

Defrag

Atau defragment, adalah melakukan komposisi ulang atau mengatur isi harddisk sebuah komputer, untuk tujuan mengoptimalkan kinerja komputer tersebut. Aplikasi untuk mengatur kembali sebuah disk dengan jalan menempatkan file-file secara berurutan.

Ketidakberurutan file-file ini terjadi karena sistem operasi menyimpan data baru di sembarang tempat atau space yang kosong. File-file data menjadi menyebar tak beraturan, dan dapat menyebabkan kerja PC menjadi lambat. Defrag dilakukan untuk memulihkan kinerjanya.

Del

Tombol keyboard yang digunakan untuk menghapus karakter di sebelah kanan kursor atau beberapa baris teks yang telah diblok.

Delay Distortion

Pembelokan sinyal transmisi akibat propagation delay tidak berfungsi dengan semestinya.

Delimiter

Sebuah variabel yang menjadi pembatas sehingga suatu perintah menjadi lebih spesifik.

Delphi

Suatu bahasa pemrograman. Metode pengaksesan internet yang menawarkan hampir semua layanan, sehingga menjadi metode yang sering dipakai oleh pengguna internet. Delphi merupakan bahasa pemrograman di bawah Windows, yang diproduksi oleh Borland. Bahasa pemrograman ini merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman Pascal.

Deltree

Perintah untuk menghapus suatu direktori atau subdirektori dalam DOS.

Demodulation

Proses mengubah sinyal analog menjadi bentuk digital.

Density

Tingkat kepadatan penempatan data bit di dalam sebuah piringan data pada media penyimpanan atau storage, termasuk pada harddisk.

DES

Singkatan dari Data Encryption Standard, yaitu metode pengacakan data dalam kode-kode standar untuk dikirimkan melalui suatu jaringan besar.

Descenders

Sebutan untuk ekor di bagian bawah pada huruf-huruf seperti j, p, q, g, y yang turun ke bawah garis. Tidak semua printer atau monitor memiliki sistem ini.

Descending

Teknik pengurutan data dari yang terbesar sampai yang terkecil (z-a), (9-0).

Desktop

Secara umum digunakan untuk menyebut Personal Computer (PC) yang difungsikan untuk digunakan pada satu lokasi yang tetap (tidak berpindah-pindah), dikarenakan ukurannya yang relatif besar dan tidak praktis untuk dibawa-bawa. Desktop juga merupakan istilah untuk menyebut layar utama pada sistem operasi, tanpa jendela aplikasi yang terbuka.

Destructive Read

Proses pembacaan data dari memori yang mengakibatkan data di lokasi tersebut terhapus. Untuk menjaga informasi tetap di lokasi memori, maka harus dilakukan penulisan ulang setelah selesai dibaca. Contohnya core memory.

Developer

Istilah untuk menyebut seseorang atau sebuah perusahaan yang membuat software.

Device Control

Metode yang digunakan untuk mengendalikan peralatan tambahan di suatu sistem komputer.

Device Manager

Sebuah program yang dipergunakan untuk mengelola piranti dalam komputer.

Device Sharing

Suatu metode yang memanfaatkan peralatan pada suatu komputer oleh komputer lain.

DFD

Singkatan dari Data Flow Diagram, yaitu salah satu alat dalam perancangan sistem yang menggunakan simbol-simbol untuk menggambarkan aliran data melalui serangkaian proses yang saling berhubungan.

DFS

Singkatan dari Distribute File Service yaitu suatu teknik pendistribusian file buatan Open Software Foundation yang dapat digunakan dengan TCP/IP.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.