Apa Arti Singkatan WWW?

Apa Arti Singkatan WWW?

BIBLIOTIKA - WWW adalah singkatan Word Wide Web, kadang pula disingkat dengan sebutan web, yaitu layanan internet yang menggunakan konsep hypertext antar dokumen yang berkaitan, dan di dalamnya terdapat jutaan halaman web (web page) yang dapat diakses dengan menggunakan perangkat lunak yang disebut browser.

Protokol untuk mengakses WWW adalah HTTP (hypertext transfer protokol). World Wide Web dikembangkan pada akhir 1980-an oleh Tim Berners-Lee pada European Centre for Nuclear Research (CERN). Kini, web dapat menyimpan jutaan dokumen, ribuan situs, dan ratusan indeks.

Selain WWW, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Four-Colour Process

Pencetakan warna dengan menggunakan empat warna utama, yaitu kuning, magenta, cyan, dan hitam. Warna-warna tersebut dipisahkan oleh pemindai elektronik ataupun secara fotografis dengan menggunakan filter warna.

Fourth Generation Computer

Komputer generasi keempat, dibuat antara tahun 1980-1990, dengan menggunakan teknologi Large Scale Integration (LSI) dan Very Large Scale Integration (VLSI). Komputer kemudian mulai diproduksi sebagai komputer pribadi dengan memakai sistem operasi MS-DOS dan UNIX. Di era ini pula muncul sistem operasi jaringan dan sistem operasi terdistribusi.

Foxbase

Aplikasi pengolah file yang berjalan di sistem operasi DOS. FoxBase memiliki serangkaian aturan dan metode yang hampir mirip dengan program dBase, namun memiliki feature lebih banyak.

FoxPro

Singkatan dari Foxbase Professional, yaitu pengolah file database yang berjalan di sistem operasi DOS hasil pengembangan dari program Foxbase.

FPLA

Singkatan dari Field Programmable Logic Array, yaitu array logika yang terkait dengan gate logika yang dapat diprogram kembali sebagai satu kesatuan.

FPU

Dikenal pula sebagai numeric coprocessor, yaitu sirkuit khusus dalam mikroprosesor yang bekerja menangani angka, dengan lebih cepat dibandingkan dengan mikroprosesor biasa yang lazim digunakan pada kebanyakan komputer. Kelebihannya itu disebabkan oleh satu set intruksi yang dimilikinya, yang memfokuskan diri pada operasi matematis. FPU sudah mulai banyak digunakan dalam PC, terutama untuk menangani pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan grafis.

FQDN

Singkatan dari Fully Qualified Domain Name, yaitu format lengkap dari sebuah alamat sistem.

Fragment

Suatu bagian dari paket. Saat router mengirimkan sebuah paket Internet Protocol (IP) ke suatu jaringan yang memiliki ukuran paket maksimum yang lebih kecil dari ukuran paket itu sendiri, maka paket tersebut menjadi fragment-fragment. Fragment-fragment tersebut kemudian akan disusun kembali pada lapisan IP pada host tujuan.

Fragmentation

Proses membagi paket data dalam bagian-bagian kecil sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan saluran komunikasi yang akan dilalui paket data tersebut.

FreeBSD

Sistem operasi LINUX turunan dari AT&T UNIX melalui cabang Barkley Software Distribution (BSD) ke sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD.

FreeDOS

Sebuah usaha untuk membuat sistem operasi (operating system) DOS yang kompatibel dengan aplikasi dan driver MS-DOS, meskipun tidak memiliki semua kemampuan MS-DOS.

Free Format

Kebebasan untuk menyusun sendiri format peletakan di atas kertas.

Freehand

Nama software aplikasi publishing. Freehand dapat menyimpan dokumen dalam format gambar, sehingga banyak orang menggunakannya untuk proses pembuatan publikasi yang berhubungan dengan gambar.

Freenet

Jaringan di internet di bawah National Public Telecomputing Network (NPTN) yang menyediakan layanan jaringan, misalnya e-mail, penyediaan informasi, dan layanan komunikasi secara interaktif. Layanan-layanan tersebut dapat dinikmati pengguna internet secara gratis.

Freeware

Software yang disediakan secara bebas atau gratis untuk para pengguna internet. Bisa diperoleh dengan cara men-download.

Frequency

Banyaknya gelombang sinyal analog yang muncul dalam satu detik. Frequency juga bisa diartikan sebagai listrik AC (Alternate Current), atau arus bolak-balik. Biasanya membentuk gelombang sinusoidal dengan frekuensi tertentu.

Frequency Scanning

Banyaknya sinyal elektron yang menyapu satu garis dan kemudian kembali memeriksa garis selanjutnya. Frekuensi scanning biasa diukur dalam satuan KHz.