Apa Arti Singkatan OLED?

 Apa Arti Singkatan OLED?

BIBLIOTIKA - OLED adalah singkatan Organic Light Emitting Diode, yaitu jenis layar baru yang berbeda dari monitor CRT, LCD, TFT, ataupun layar plasma. Layar OLED bisa mengeluarkan cahaya sendiri tanpa memerlukan tambahan lampu (biasanya pada layar TFT notebook dan handphone ada sebuah inverter yang memberikan cahaya). Layar OLED terkenal dengan ketipisannya yang hanya 1 mm, atau bahkan bisa setipis lembar kertas biasa.

Selain OLED, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Gather Write

Operasi yang membentuk record tunggal dari pengumpulan sejumlah field di lokasi memori utama.

Gating Circuit

Sirkuit yang bekerja sebagai sakelar pilih yang memungkinkan konduksi terjadi dalam interval waktu tertentu, atau dalam besaran sinyal tertentu.

GB

Singkatan dari Giga Bytes, yaitu suatu ukuran unit untuk memori atau kapasitas penyimpanan disk. Satu gigabit sama dengan 10 pangkat 9 atau satu trilyun bit data (1 GB = 1024 MB). Gbps biasanya dipakai untuk menggambarkan rata-rata transfer data. Misalnya 1 gigabit per second atau Gbps.

G-base


Database berbasis LISP yang berorientasi objek.

GbE

Singkatan dari Gigabit Ethernet, yaitu sebuah versi dari ethernet yang mendukung data 1 gigabite per detik. Standar GbE yang pertama (802.3z) diratifikasi pertama kali pada tahun 1998.

GCC

Singkatan dari GNU C Compiler, yaitu sebuah compiler untuk C, C++, dan Objective C, yang dibuat oleh Richard Stallman.

GCR

Singkatan dari Group Coded Recording, yaitu metode perekaman data pada pita magnetik dengan kerapatan sangat tinggi.

GCS

Singkatan dari Group Control System untuk arsitektur ESA/370 atau ESA 390.

GDDR3

Singkatan dari Graphic Double Data Rate 3, yaitu DDR generasi ketiga yang menyediakan memory clock 500 MHz.

GDDR4

Singkatan dari Graphic Double Data Rate 4, yaitu teknologi baru memori generasi keempat. Masih berdasar pada teknologi GDDR3, hanya saja dilakukan pengembangan untuk mendapatkan peningkatan performa.

Geek

Istilah yang biasa digunakan untuk pengguna komputer yang tidak terampil.

GEM

Singkatan dari Graphics Environment Manager, yaitu sebuah aplikasi berbasis grafis yang dikembangkan oleh Digital Research.

GEM File Format

Format file objek yang dirancang untuk GEM.

Gemstone

Database yang berorientasi objek.

Gender Changer

Konektor yang memiliki dua male connector atau dua female connector, sehingga dapat mengubah konektor yang dihubungkannya dari female ke male, atau sebaliknya.

General Format Identifier

Bagian dari format umum paket data yang terdiri dari 4 bit (yaitu bit 5, 6, 7, dan 8) serta menunjukkan bentuk header paket. Bit 5 sampai 6 menunjukkan urutan penomoran yang digunakan, bit 7 berfungsi untuk mengantarkan tata cara konfirmasi dalam paket data, dan bit 8 bertugas membedakan paket data.

Generality

Tingkatan atas sebuah program komputer dalam menyelesaikan masalah pengguna yang beragam.

General Program

Program yang sengaja dibuat untuk menyelesaikan masalah tertentu ketika semua nilai dari parameter-parameternya telah tersedia.

General Purpose

Biasa disingkat GP, dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan tanpa memerlukan modifikasi yang berarti.

General Purpose Computer

Komputer yang dibuat untuk menangani beberapa jenis masalah. Karena itu umumnya pengolahan data harus dikendalikan manusia secara bertahap.

General Purpose Program

Program yang dibuat sebagai pelaksana operasi baku, misalnya menggabungkan file.

General Purpose Register

Register dalam CPU yang dimanfaatkan untuk berbagai macam kepentingan. Misalnya untuk indeks, alamat, perhitungan, dan operasi logika.

General Register

Dalam CMS, merupakan register yang melakukan operasi seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian biner. General Register juga bisa diartikan sebagai piranti penyimpanan yang menampung input dan output dari bermacam-macam fungsi sistem komputer.