Apa Arti Singkatan NiMH?

Apa Arti Singkatan NiMH?

BIBLIOTIKA - NiMH adalah singkatan Nickel Metal Hydride, yaitu sebuah teknologi yang menggunakan nikel dan metal hybride, dikombinasikan dengan potasium hiroksida dan elektrolit. Teknologi ini meningkatkan kemampuan charge ulang dari sebuah baterai. Pada baterai yang menggunakan Nickel Metal Hydride, kemampuan charge ulangnya akan lebih besar sebanyak 50 persen dibandingkan baterai yang menggunakan nikel cadmium.

Selain NiMH, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Graphic Card

Sebuah card yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan komputer dalam menampilkan grafik di layar monitor.

Graphic Character

Karakter yang lebih sering dibentuk dalam format grafik daripada sebagai karakter kendali.

Graphic Display Program

Program komputer yang dirancang khusus untuk menampilkan informasi di layar monitor secara grafis.

Graphic Job Processing

Sistem operasi komputer yang mengijinkan pemasukan informasi tugas dilakukan melalui monitor jarak jauh.

Graphic Mode

Mode tampilan layar monitor dengan cara membagi monitor menjadi sejumlah titik yang dinamakan piksel (pixel). Semakin banyak jumlah titik dalam layar berarti gambar akan semakin halus dan tajam.

Graphic Panel

Alat penunjuk kemajuan suatu proses komputer yang sedang dikerjakan, ditampilkan secara grafis.

Graphic Tablet

Alat untuk memasukkan informasi secara grafis, yaitu dengan menggambar di atasnya menggunakan stylus. Koordinat posisi stylus nantinya dikirimkan secara periodik ke komputer sehingga data dapat ditampilkan sebagai citra (image) dan dapat disimpan atau dimanipulasi lebih lanjut.

Graphics

Meliputi gambar dan pencitraan lain yang dihasilkan komputer, berbentuk garis, lengkungan, kurva, dan sebagainya. Komputer dapat menghasilkan pencitraan dalam sejumlah piksel, dan printer dot matrix akan mencetak citra/gambar tersebut dalam sejumlah titik.

Graphic Solution

Teknik pemecahan masalah dengan menggunakan alat bantu komputer yang lebih menitikberatkan pada data grafik daripada dengan karakter.

Grayscale


Suatu istilah untuk menyebutkan suatu citra yang memiliki warna abu-abu, atau hitam dan putih. Greyscale menunjukkan jumlah warna (dari abu-abu, hingga hitam atau putih) yang ada dalam satu citra. Semakin besar angka Grayscale, citra yang terbentuk makin mendekati kenyataan.

Greeking

Perkiraan ukuran tampilan layar yang digunakan oleh keseluruhan karakter teks. Lazimnya digunakan oleh word processor dalam fungsi preview.

GRIC

Lembaga internasional yang terdiri dari ISP-ISP terkemuka di seluruh dunia, dan bertujuan untuk menyediakan akses roaming internet dengan jalan kerjasama antar ISP.

Grid

Titik-titik dalam form yang berfungsi sebagai pemandu programmer dalam mengatur posisi dan ukuran komponen saat proses perancangan antarmuka suatu aplikasi program menggunakan bahasa pemrograman berbasis piksel.

Gridlines

Dalam lingkungan sistem operasi Windows berarti fasilitas garis bantu.

Grokster

Aplikasi P2P yang dikembangkan oleh Grokster Ltd.

GROM

Singkatan dari Ground-up Read Only Memory, yaitu Memori Read Only (ROM) yang dibuat mulai dari bawah menuju ke atas.

Grosh’s Law

Hukum yang menjelaskan bahwa kemampuan pengolahan data suatu komputer sebanding dengan kuadrat biaya yang dikeluarkan.

Gross Index

Indeks pertama yang akan digunakan untuk membangun akses ke record.

Group

Field yang mempunyai beberapa hubungan penting ataupun sekelompok record dalam file yang mempunyai kunci.

Group Address

Alamat MAC yang bit awalnya bernilai ‘1’ sebagai tanda pengenal sebuah group tertentu dari sejumlah stasiun.

Groupbox

Sebuah komponen yang disediakan bahasa pemrograman visual untuk menempatkan kontrol-kontrol yang berhubungan ke dalam suatu form pada saat proses perancangan aplikasi program. Misalnya pengelompokan beberapa kontrol radio button atau checkbox.

Group Code

Memeriksa pengelompokan sandi untuk menguji apakah proses transmisi antar terminal tidak mengandung kesalahan.

Grouped Coded Record

Metode penulisan data dengan 8 track data dan 1 parity track. Parity track dipakai sebagai pendeteksi dan pengoreksi kesalahan bit.