Apa Arti Singkatan MP3?

 Apa Arti Singkatan MP3?

BIBLIOTIKA - MP3 adalah singkatan Motion Picture Experts Group Audio Layer3, atau MPEG-1 Audio Layer 3, yaitu salah satu format berkas pengkodean suara yang memiliki kompresi yang baik, meskipun bersifat lossy, sehingga ukuran berkasnya menjadi lebih kecil. Berkas ini dikembangkan oleh seorang insinyur Jerman, Karlheinz Brandenburg.

MP3 memakai pengkodean Pulse Code Modulation (PCM), dan MP3 mengurangi jumlah bit data dengan menggunakan model psycho-acoustic (menghilangkan suara yang tidak terdengar manusia). MP3 merupakan format file audio dan musik yang sangat populer dan dapat didengarkan dengan menggunakan PC maupun MP3 player.

Selain MP3, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

FAST

Singkatan dari Federation Againts Software Theft, yaitu suatu organisasi di Inggris yang dibentuk dengan tujuan untuk mengkampanyekan perlindungan atas hak-hak pembuat software.

Fast Access Storage

Unit penyimpanan data dalam komputer yang memiliki kemampuan melakukan pengaksesan data dengan kecepatan tinggi.

Fast Ethernet

Sebutan untuk menerangkan standar CSMA/CD ethernet dengan kecepatan 100 Mbps. Ethernet jenis ini juga disebut dengan istilah 100BaseT.

Fast Select

Fasilitas yang digunakan dalam proses pengaliran paket data dengan teknik diagram.

FAT

Singkatan dari File Allocation Table, yaitu sistem yang dipakai Windows untuk menata file dalam harddisk. Windows 95 menggunakan FAT16. Windows 98 dan Me menggunakan FAT32, antara lain agar bisa menangani nama file yang lebih dari delapan karakter.

Fatal Bug

Kesalahan berat yang terjadi pada saat program dijalankan. Hal tersebut menyebabkan komputer harus di-boot ulang dan menyebabkan hilangnya data yang sedang dikerjakan.

Fatal Error

Kesalahan sangat berat pada program yang sedang dijalankan sehingga mengakibatkan program tersebut berhenti.

Favicon

Singkatan dari Favourite Icon, yaitu sebuah ikon yang dijadikan sebagai semacam logo sebuah situs atau blog, dan akan muncul pada bagian browser atau bagian bookmark. Favicon dimaksudkan untuk memudahkan dalam mengidentifikasi sebuah situs atau blog.

FaviconizeTab

Membuat tampilan icon untuk tab, atau sebaliknya.

Favorites

Suatu cara untuk menyimpan alamat sebuah file atau webpage untuk tujuan referensi lebih lanjut. Fitur ini ada di browser Microsoft Internet Explorer.

FBGA

Singkatan dari Fine-pitch Ball Grid Array, yaitu sebuah paket skala chip pilihan, untuk AMD flash devices.

FCC

Singkatan dari Federal Communication Comission, yaitu komisi bentukan pemerintah Amerika Serikat yang memiliki tugas melaksanakan pengendalian serta pengelolaan sistem komunikasi Amerika Serikat.

FCS

Singkatan dari Frame Check Sequence, yaitu teknik pengecekan kesalahan dalam transmisi data dengan cara mengirimkan sandi berupa field 16 bit sebelum flag penutup. Sandi ini akan dipakai penerima untuk memeriksa data dari kesalahan. Apabila antara isi field dengan hasil perhitungan yang dilakukan penerima tidak sama, maka dipastikan telah terjadi kesalahan dalam proses transmisi.

FDC

Singkatan dari Floppy Disk Connector, atau konektor (penghubung) disket.

FDD

Singkatan dari Floppy Disk Drive, yaitu tempat untuk memasukkan disket.

FDDI

Singkatan dari Fiber Distributed Data Interface, yaitu sebuah standar utama dari teknologi jaringan yang berdasar pada fiber optic. Standar ini diperkenalkan oleh American National Standards Institute (ANSI). FDDI menspesialisasi data sejumlah 100-million bit per second data rate.

FDI

Singkatan dari Flash Data Integratorm, yaitu paket software yang ditawarkan dengan cara mengkompetisikan pada suplayer flash untuk mencoba mengemulasi kesimpulan AMD untuk membaca atau menulis komponen-komponennya. Software ini membagi task-task proses switching foreground atau background menjadi operasi Pseudo Simultaneous dari komponen-komponen flash.

FDX

Singkatan dari Full Duplex, yaitu suatu kemampuan untuk berkomunikasi dan saling bertukar data dua arah secara bersamaan. Umumnya dilakukan pada saluran pribadi atau saluran sewa.