Apa Arti Singkatan JPEG?

Apa Arti Singkatan JPEG?

BIBLIOTIKA - JPEG adalah singkatan Joint Photographic Experts Group, yaitu suatu format gambar yang populer karena mampu menyimpan gambar dengan resolusi tinggi dan dengan ukuran yang relatif lebih kecil. JPEG biasanya digunakan untuk gambar-gambar yang tidak jelas batas warnanya, seperti foto, lukisan, dan lain-lain.

Selain JPEG, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

EOT

Singkatan dari End of Transmission, yaitu karakter yang digunakan untuk menunjukkan bahwa transmisi telah selesai, dan memberi kesimpulan pada transmisi yang punya satu atau lebih catatan yang berhubungan.

EOT Recognition

Kemampuan komputer untuk mengenal akhir dari transmisi data walaupun buffer tidak dalam keadaan terisi.

EPC

Singkatan dari Earning Per Click, yaitu rata-rata pendapatan (dalam bisnis online) yang diperoleh dari setiap klik yang dihasilkan.

EPGA

Singkatan dari Enhanced Professional Graphics Adapter, yaitu salah satu standar resolusi monitor yang dikeluarkan EVEREX. EPGA mampu menampilkan 649 x 480 titik (dot) dengan 256 warna, dari 4096 kombinasi warna dasar (pallette).

EPGA atau disebut juga PEGA (Professional Enhanced Graphics Adapter), ataupun PGA (Professional Graphics Adapter), menampilkan layar teks 132 x 43 karakter pada multi frekuensi atau ultrasync, dan fleksibilitas yang dapat menggunakan monitor monochrome maupun enhanced monitor. Monitor ini menggunakan konektor 9 pin yang terdiri dari 2 baris.

EPP

Singkatan dari Enhanced Performance Profile, yaitu suatu teknologi profil memori komputer yang dikembangkan oleh nVIDIA. Teknologi ini pada utamanya didesain agar membuat proses overclocking menjadi lebih mudah.

EPROM

Singkatan dari Erasable Programmable ROM, yaitu sebuah chip yang bisa diprogram dan mampu menyimpan data. Satu-satunya cara untuk menghapus data pada EPROM adalah dengan menggunakan sinar ultraviolet.

EPS

Singkatan dari Encapsulated Post Script, yaitu suatu format file grafis yang memungkinkan pertukaran file grafis post script dalam berbagai program aplikasi.

EPSON


Nama pabrik pembuat printer dari Jepang, namun pemasaran printernya dikerjakan oleh Epson America Incorporation.

Equality Circuit

Sirkuit elektronik yang menerima dua masukan, dan kemudian membandingkan keduanya. Jika kedua masukan tersebut sama, maka sirkuit akan memancarkan sinyal keluaran bernilai ‘1’ dan sinyal keluaran bernilai ‘0’ jika keduanya tidak sama.

Equalization

Ganti rugi yang diberikan karena kehilangan sinyal pada frekuensi yang lebih tinggi dalam rangkaian transmisi.

Equalizer

Suatu alat yang ditujukan untuk memperbaiki kualitas frekuensi yang diterima suatu rangkaian transmisi. Alat ini biasanya dirangkaikan bersama transmisi yang lainnya. Fungsi equalizer adalah untuk mengatur atau juga memperbaiki gain dari output suara yang dihasilkan audio/video player. Kebanyakan alat-alat audio/video player juga menyediakan preset EQ dengan beberapa pilihan untuk memudahkan pengaturan hanya dengan melakukan load pada salah satunya.

Equipment Compatibility

Kemampuan suatu alat untuk mengolah data tanpa mengubah kode atau format data yang sudah terbentuk, meskipun data tersebut dipersiapkan oleh alat lain.

Equipment Failure

Kerusakan hardware komputer yang akan mengakibatkan terhentinya operasi yang sedang berlangsung.

Equipment Room

Ruangan yang disediakan dalam rancang bangun standar penanaman kabel EIA, untuk menyusun semua kabel yang akan dipakai.

Equivalence Gate

Rangkaian logika yang akan memancarkan sinyal keluaran bernilai ‘1’ jika kedua masukan bernilai sama, dan sinyal keluaran bernilai ‘0’ jika keduanya tidak sama.

Erasable Storage

Media penyimpanan yang mampu menempatkkan data baru di tempat lama.

Eraser Tool

Tool pada Photoshop yang berfungsi untuk menghapus pixel-pixel dalam sebuah image yang dilaluinya ketika pengguna menyeretnya di atas kanvas.

Erasibility of Storage

Kemampuan untuk menghapus data yang terdapat di suatu lokasi penyimpanan, dan menggantinya dengan data yang lain.

Erasing Head

Head yang dipakai untuk menghapus semua hal yang terdapat dalam media penyimpanan.