Apa Arti Singkatan ACPI?

Arti Singkatan ACPI

BIBLIOTIKA - ACPI adalah singkatan Advanced Configuration Power Interface, yaitu sebuah teknologi yang memungkinkan sistem operasi mengontrol jumlah daya listrik yang digunakan oleh setiap perangkat yang dipasang pada komputer. Biasanya ACPI disediakan dengan tujuan agar perangkat tersebut dapat menghemat energi. ACPI dapat ditujukan untuk perangkat lunak ataupun perangkat keras.

Selain ACPI, berikut ini adalah beberapa singkatan dan istilah lain yang biasa muncul di dunia komputer/internet, yang mungkin juga perlu Anda tahu.

Active

Kondisi dari segala sesuatu yang berhubungan dengan setiap alat atau sistem yang sedang digunakan.

Active PFC

Karakteristik catuan daya arus bolak-balik (AC), memiliki dua macam perhitungan daya (power), yaitu active dan reactive. Reactive power pada PSU dapat dihasilkan dari beban yang nonlinier. Sewaktu-waktu PSU akan terbebani dengan high impulse, yang akan mempengaruhi tegangan masukan (main voltage). Dengan active PFC, high impulse reactive power akan dapat ditekan seminimal mungkin. Active PFC memungkinkan transformer PSU mengkonsumsi daya secara proporsional, sesuai dengan daya yang dibutuhkan.

Active Task Button

Tombol perintah yang terletak pada taskbar, yang akan muncul apabila sebuah perintah harus dieksekusi.

ActiveX

Lingkungan pemrograman yang dilakukan oleh Microsoft untuk tujuan menciptakan sistem yang aktif pada halaman web, yang juga mendukung Java, JavaScript, Visual Basic, dan bahasa-bahasa pemrograman lain yang semuannya terbatas dan hanya dapat digunakan pada Internet Explorer. ActiveX merupakan salah satu cara untuk membuat homepage menjadi dinamis. ActiveX berakar dari pemrograman di dalam Microsoft Windows, dan masih mengandung kode-kode pemrograman khusus Windows, oleh karena itu sulit untuk menjalankan kode ActiveX di platform selain Windows.

Adapter

Semacam card atau board, misalnya printer adapter.

Ad Blocker

Software dalam browser yang berfungsi mencegah tampilnya banner, pop-up dan iklan-iklan interaktif lainnya.

ADC

Singkatan dari Analog/Digital Converter, yaitu alat yang dipakai untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

Ad Copy

Secara mudahnya, Ad Copy adalah kata-kata dalam iklan yang muncul di internet. Bentuknya mirip dengan iklan baris yang ada di koran.

Add-In

Peralatan tambahan yang dipasangkan pada salah satu board yang tersedia. Komponen yang ditambahkan pada perangkat lunak untuk meningkatkan kapabilitas ataupun performa.

Address

Angka-angka yang menunjukkan lokasi di dalam memori sebagai tempat tersimpannya informasi.

Address Bus

Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.

Add URL

Disebut pula dengan istilah Add Site atau Add Page, yaitu menambahkan halaman website pada sebuah search engine atau direktori online.

ADE

Singkatan dari Advanced Dynamic Execution, yaitu bagian dari mikro arsitektur prosesor Pentium 4 Processor’s Intel NetBust yang meningkatkan akselerasi alur kerja algoritma prosesor. Hal ini memungkinkan prosesor tersebut menampilkan 126 intruksi sambil bekerja dan menangani 48 load serta melakukan 24 aktivitas penyimpanan dalam satu waktu.

Ad-Hoc

Suatu tipe komunikasi yang diterapkan dalam WiFi. Ad-Hoc berarti jaringan komunikasi tersebut tidak menggunakan server (pusat pengatur sistem komunikasi), contohnya adalah beberapa PDA yang berhubungan dengan menggunakan WiFi.

Ad Impression

Disebut juga Ad View, yaitu tampilan iklan yang dilihat oleh pengunjung internet pada webpage, newsletter, atau email. Di internet ada banyak perusahaan yang menjual iklan berdasarkan banyaknya tampilan, dimana mereka akan dibayar sejumlah berapa banyak iklan itu tampil dan dilihat pengunjung.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.