Apa Arti dan Pengertian PCMCIA?

Apa Arti dan Pengertian PCMCIA?

BIBLIOTIKA - PCMCIA adalah singkatan Personal Computer Memory Card International Association, yaitu sebuah organisasi yang beranggotakan lebih dari 500 perusahaan, yang telah mengembangkan sebuah standar untuk komponen yang berukuran kecil, kurang lebih sebesar kartu kredit, sehingga biasa pula disebut PC card. Mayoritas penggunaan PC card ini terdapat pada komputer notebook.

Selain PCMCIA, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Flickering

Suatu kondisi pada layar monitor (terutama pada monitor non-flat), dimana tampilan objek terlihat berkedip-kedip. Hal ini menunjukkan mutu atau kualitas monitor yang kurang baik, karena refresh rate monitor tersebut yang rendah.

Flight Path Computer

Komputer berikut jaringan komputer dan software yang digunakan sebagai alat pengendali jadwal penerbangan pesawat.

Flip-flop

Sirkuit elektronik yang hanya memiliki dua status tetap, yaitu on dan off. Pemindahan status dapat dilakukan dengan memberikan pulsa sebagai masukan. Satu flip-flop dapat menyimpan 1 bit informasi.

Floating Point Arithmetic

Sistem penempatan titik desimal dengan cara membagi word menjadi dua bagian. Satu bagian berisi angka pecahan, sebagian lainnya merupakan eksponen dari sepuluh. Posisi efektif dari titik desimal akan berubah ketika eksponennya diubah. Sistem ini digunakan untuk menyatakan hasil perhitungan yang sangat besar atau sangat kecil.

Floating Point Number

Bilangan yang titik desimalnya dapat berubah-ubah tergantung pada perubahan eksponennya.

Floating Point Routine

Rutin program yang akan digunakan untuk membentuk operasi aritmatika jika komputer tidak memiliki kemampuan tersebut.

Flooding

Suatu peristiwa atau keadaan yang “menenggelamkan” komputer dan jaringan dengan informasi dalam jumlah yang sangat besar, sehingga memperlambat kinerja server.

Floppy and IDE Conector

Konektor yang menghubungkan motherboard dengan piranti simpan permanen seperti floppy disk atau harddisk. Konektor IDE dalam sebuah motherboard biasanya terdiri dari dua buah. Satu adalah primary IDE, dan yang lain adalah secondary IDE. Konektor primary IDE menghubungkan motherboard dengan primary master drive dan piranti secondary master. Sementara konektor secondary IDE biasanya disambungkan ke piranti-piranti untuk akses slave seperti CDROM dan harddisk slave.

Floppy Disk

Biasa pula disebut disket. Piringan tipis yang dilapisi bahan magnetik (oksida besi) yang mampu menyimpan sejumlah data atau informasi. Pembacaan dan penulisan informasi dipusatkan pada track.

Floppy Drive

Atau biasa pula disebut diskdrive, adalah komponen komputer yang digunakan sebagai penggerak floppy atau disket sebagai media penyimpan data.

FLOPS

Singkatan dari Floating Point Operation per Second, yaitu ukuran kecepatan pengolahan data berupa angka dalam aplikasi ilmiah. Kapasitas komputer dalam mengolah angka dengan kecepatan tinggi telah dipertimbangkan dengan baik pada flops ini.

Flow Control

Fungsi yang dipakai untuk membatasi banyaknya data yang akan dikirim oleh entitas transmisi.

FM

Singkatan dari Frequency Modulation, yaitu teknik modulasi yang menggunakan perubahan frekuensi sinyal analog untuk membedakan kedua sinyal digital.

FM Range

Suatu range frekuensi gelombang FM yang mampu diterima oleh tuner radio. Di Indonesia, FM range yang digunakan adalah antara 87 MHz sampai 108 MHz.

Folder

Map atau amplop, digunakan sebagai sebutan bagi pengelompokan file di dalam komputer. Pada lingkungan Graphical User Interface (GUI) seperti Windows dan Macintosh, folder adalah suatu objek yang dapat berisi beberapa dokumen. Folder digunakan untuk menata informasi. Pada DOS dan UNIX, folder disebut direktori (directory).

Folding

Sebuah cara untuk mengubah data menjadi format tertentu yang berbeda dengan format sebelumnya.

Font

Suatu bentuk karakter atau huruf, sekumpulan jenis huruf yang digunakan dalam perangkat komputer.