Tips Seputar Usia Kosmetik

  Tips Seputar Usia Kosmetik

BIBLIOTIKA - Meski tidak semua kosmetik dibubuhi tanda peringatan kadaluwarsa, tetapi produk kosmetik juga memiliki batas waktu penggunaan. Apabila sudah sangat lama, atau telah mengalami perubahan bentuk, warna, dan aroma, Anda harus hati-hati.

Berikut ini tanda-tanda kalau produk kosmetik sudah waktunya untuk dibuang, meski hal ini tetap tergantung pada kualitas kosmetiknya.

Foundation dan concealer

Foundation (alas bedak) dan concealer (penutup noda) langsung meresap ke dalam kulit ketika digunakan. Sebaiknya kedua produk tersebut diganti secara teratur setiap enam bulan sekali, atau apabila sudah mulai menggumpal dan baunya berubah.

Pensil alis, eye liner, dan eye shadow

Apabila sudah berusia satu tahun, sebaiknya pensil alis, eye liner dan eye shadow dibuang saja. Bahkan apabila bentuknya cair, sebaiknya diganti setiap enam bulan sekali.

Maskara

Meski mungkin Anda tidak sering menggunakannya, tetapi sebaiknya penebal bulu mata ini diganti setiap tiga bulan sekali. Begitu pula jika menggumpal, sebaiknya tidak lagi dipakai, karena gumpalan yang menempel pada bulu mata akan merusak penampilan.

Agar maskara lebih awet, hindari terlalu sering mengocok maskara dengan gagang sikatnya, karena hal itu justru akan memasukkan udara ke dalam produk, sehingga maskara akan cepat kering.

Lipstik

Sebaiknya lipstik yang telah berusia lebih dari 2 tahun tidak usah dipakai lagi. Begitu pula kalau Anda melihat titik-titik air pada batang lipstik Anda, maka sebaiknya langsung dibuang saja. Selain itu, lipstik yang bentuk dan warnanya telah berubah juga sebaiknya tidak lagi digunakan.

Bedak tabur

Kalau bedak tabur Anda sudah menggumpal, atau menjadi gumpalan, itu berarti tanda Anda harus segera membeli bedak tabur yang baru.

Blush on

Blush on atau perona pipi sebaiknya diganti setahun sekali. Namun, meski begitu, blush on juga sudah perlu diganti meski waktunya belum satu tahun, jika sudah menggumpal, atau warna dan baunya sudah berubah.

Cat kuku

Pada umumnya, cat kuku bisa bertahan sampai 12 bulan, meski ini juga tergantung pada kualitas produk dan seberapa sering Anda menggunakannya. Yang jelas, cat kuku yang sudah menggumpal tidak layak lagi digunakan.

Selain itu, menyimpan cat kuku di dalam kulkas tidak akan memperpanjang usia dan kualitasnya.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.