Tips Make up Sesuai Bentuk Tubuh

  Tips Make up Sesuai Bentuk Tubuh

BIBLIOTIKA - Ternyata, untuk menghasilkan make up yang sempurna, kita juga perlu menyesuaikan make up dengan bentuk tubuh kita. Karena make up untuk tubuh tinggi berbeda dengan make up untuk tubuh yang pendek. Begitu pula untuk tubuh yang gemuk atau proporsional.

Berikut ini tip make up yang disesuaikan dengan bentuk tubuh.

Tubuh tinggi

Wanita yang memiliki tubuh tinggi pada umumnya memiliki tulang wajah yang keras, dan bentuk mata yang kurang simetris.

Untuk memperoleh efek riasan yang sempurna, hindari melakukan teknik shading (menggambar bayangan pada wajah dengan bedak atau foundation), karena hal ini justru akan menambah kesan keras pada tulang wajah.

Gunakan pemulas pipi dengan sapuan lembut samar-samar. Untuk menyeimbangkan struktur mata, gunakan scotch (selotip mata), dan agar tidak terlihat membekas di kelopak mata, baurkan eye shadow warna pink atau highlight putih.

Tubuh pendek

Pada umumnya, wanita bertubuh pendek memiliki struktur wajah yang panjang dan cenderung tirus, serta garis senyum yang terlalu tegas di seputar mulut.

Wajah yang terkesan tirus disarankan tidak terlalu banyak memakai pemulas pipi atau blush on yang berlebihan, terlebih warna-warna terang. Pilihlah yang berkesan lembut, seperti barbie pink atau off white.

Selain itu, disaranan pula untuk tidak memakai alas bedak dan bedak yang terlalu tebal, karena justru akan menambah tegas aris senyum (smile line).

Tubuh gemuk

Wanita bertubuh gemuk biasanya memiliki struktur wajah yang kontras, dimana bentuk pipi yang bulat besar berpadu dengan kelopak mata yang kecil.

Dalam menggunakan make up, disarankan untuk menghindari alas bedak dan bedak yang terlalu terang dari kulit, karena ini akan memberi kesan Anda terlihat lebih besar. Karenanya, pilihlah yang senada dengan warna kulit. Untuk orang Asia, umumnya warna bedak nuansa beige, ivory, translucent, atau off white dapat dijadikan pilihan.

Selain itu, hindari pemakaian make up mata yang terlalu terang, seperti eye shadow warna terang menyala, serta alis yang terlalu tebal. Intinya, kunci tata rias untuk wanita bertubuh gemuk adalah yang terkesan lembut. Sebagai koreksi, gunakan teknik shading pada bawah dagu, pipi, serta dahi, untuk memberi kesan tirus atau lembut pada wajah, dengan bedak yang satu tingkat lebih tua dari warna kulit.

Tubuh proporsional

Seperti apakah tubuh yang proporsional itu? Menurut para pakar kecantikan, tubuh yang proporsional adalah bentuk tubuh yang ditunjang dengan tubuh dan kaki yang seimbang. Hanya saja, wanita bertubuh proporsional ini sering mengeluhkan bentuk pinggang dan wajah yang terlalu lebar atau besar.

Untuk make up mata, disarankan untuk menghindari alis dengan bentuk kotak, karena akan membuat wajah semakin terkesan lebar. Sebaiknya mengunakan bentuk alis yang dibuat agak melengkung dan tipis.

Gunakan teknik shading antara tulang pipi hingga ke bagian bawah dagu, untuk memberi kesan wajah yang tirus. Begitu juga dengan pemakaian pemulas pipi, bisa digunakan di bagian bawah tulang pipi, untuk memberi kesan wajah yang lonjong.

Tersedia paket buku digital BIBLIOTIKA. 
Untuk mendapatkan, klik di sini.